5 Alat untuk Memeriksa Penyusup di Jaringan WiFi Pribadi

WiFI network

Kamu tentu sudah cukup akrab dengan yang namanya jaringan Wifi bukan? Pada prinsipnya, jaringan Wifi berisi gelombang radio yang dipancarkan dan bisa ditangkap melalui frekuensi tertentu untuk kemudian digunakan oleh pemakai laptop atau smartphone untuk berselancar di dunia maya. Teknologi WiFi sekarang telah menjadi bagian dari keseharian hidup para pengguna laptop maupun smartphone.

Secara natural, menyetting jaringan Network di rumah cukup mudah, di mana proteksi bisa diberikan menggunakan sistem standar seperti WPA2. Selain itu pengguna juga perlu memberikan password yang kuat, yang tentu saja sangat vital fungsinya. Akan tetapi hal ini tidak berarti bahwa orang-orang yang tidak dikenal bisa saja menggunkan jaringan WiFi tanpa sepengetahuan kamu. Orang itu bisa saja tetangga atau bahkan temanmu yang berada di sebelah rumah.

Nah, bagaimana caranya untuk mencegah orang asing mengakses jaringan WiFi di rumah? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan 5 alat atau software yang akan kami berikan daftarnya kepada kamu di artikel ini. Akan tetapi perlu diketahui bahwa meski kebanyakan router memiliki alat pengamanan seperti MAC address filtering, namun alat ini mungkin tidak dikonfigurasikan dengan baik. Atau dalam kasus yang paling buruk, seseorang telah merusak fungsinya.

Daftar aplikasi pengaman di bawah ini akan membantu kamu mengamankan jaringan WiFi yang dibangun di rumahmu.

  1. Who is On my WiFi
who is on my wifi screenshoot
Sumber gambar: lo4d.com

Software yang satu ini sedikit berbeda dengan lainnya, sebab tugas utamanya adalah untuk mengidentifikasi sejumlah komputer yang berada di jaringanmu dan memberikan peringatan ketika koneksi asing terdeteksi. Versi gratis dari Who is On my WiFi membantu memperingatkan pemilik jaringan, dengan cara menyortir dan menemukan perangkat yang terhubung di dalam jaringan WiFi buatanmu.

Sayangnya salah satu fungsi paling penting, yakni memblokir koneksi asing, hanya tersedia bila kamu membayar langganan bulanan ke penyedia Who is On my WiFi. Akan tetapi fungsi dasar seperti scanning dan finding devices sudah sangat cukup untuk mendeteksi penyusupan pada jaringan WiFi mu.

2. Angry IP Scanner

Angry IP scanner
Screenshoot Angry IP Scanner

Ini adalah software multi-platform yang bisa bekerja tidak hanya di lingkungan Windows, namun juga Linux dan Mac. Software ini dibangun dengan basis Java, yang berarti bahwa tool ini harus diinstal di dalam komputermu. Alat ini bekerja dengan cara sederhana, yakni melakukan ping pada setiap IP address dalam jangkauan tertentu, dan menunjukkan hasilnya bersamaan dengan sejumlah informasi yang diperlukan. Informasi tersebut tersedia di dalam jendela Fetchers.

3. Advanced IP Scanner

Software yang satu ini merupakan alat administrasi jaringan yang bisa melakukan banyak hal selain memeriksa koneksi jaringan Anda. Lalu ada juga opsi remote untuk Wake-on-LAN dan mematikannya. Selain itu, opsi remote juga membantu untuk terkoneksi lewat HTTP/FTP, dan juga opsi remote lain seperti koneksi via Radmin atau Remote Desktop.

4. Soft Perfect WiFi Guard

Soft Perfect Wifi Guard
Screebshoot Soft Perfect Wifi Guard

Aplikasi yang satu ini merupakan versi sederhana dari alat yang lebih sempurna seperti SoftPerfect Network Scanner. Yang disebut terakhir ini lebih cocok untuk digunakan mendeteksi koneksi asing yang mencurigakan. Cara kerjanya juga terbilang sederhana: WiFi Guard akan melakukan scan terhadap jaringan WiFi di rumah berserta perangkat yang terkoneksi dengannya, dan kemudian melakukan scan ulang setiap beberapa menit, dan kemudian memberitahukan kepada pengguna bila terdapat koneksi asing yang mencurigakan.

5. Wireless Network Watcher

Dikembangkan oleh Nir Software, ini adalah utilitas yang berjalan apa adanya. Artinya, ketika ada perangkat yang dicurigai sebagai penyusup, maka alat ini akan langsung memberitahukan kepada pengguna. Yang menarik adalah: software yang satu ini tidak membutuhkan pengguna untuk mensetting nomor IP Address tertentu di dalam jaringan, meski opsi ini tersedia bila pengguna mengaktifkannya dengan cara menggunakan Advanced Options dan kemudian menekan F9.

Di luar itu, Network Watcher bekerja dengan cara langsung, yakni melakukan scan pada adapter jaringan utama guna mencari perangkat yang terhubung dengannya.

promo-pemmz

Leave a Reply