Cara Memeriksa Model Motherboard pada PC Desktop dengan Mudah

motherboard model number

Barangkali sekarang ini Anda sedang berniat untuk memperbarui driver motherboard, atau ingin memeriksa kompabilitas antara mobo Anda dengan hardware lain yang ingin Anda beli. Atau mungkin Anda hanya penasaran tipe dan model motherboard yang Anda miliki?

Ada beberapa cara sederhana dan mudah dilakukan, terutama untuk pengguna yang ingin memeriksa nomor model motherboard yang sedang digunakan. Yang pertama adalah: Anda tidak perlu membongkar casing dan memeriksanya secara manual.

Mengapa model motherboard perlu diperiksa?

Ada beberapa macam situasi yang menuntut Anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap model motherboard yang dimiliki. Yang pertama mungkin Anda ingin membeli sebuah hardware terbaru, mengupgrade memori, atau mengganti VGA dengan yang baru. Atau mungkin Anda ingin mengganti prosessor sehingga perlu mengetahui apakah motherboard Anda mendukung penggunaan prosessor yang diinginkan. Kedua, Anda mungkin ingin memperbarui driver motherboard Anda. Dan yang ketiga, Anda ingin memeriksa model motherboard karena Anda ingin memperbarui semua hardware yang menempel padanya.

Sebetulnya mudah memeriksa model dan tipe motherboard bila Anda menyimpan semua kertas nota pembelian bersama dengan kardusnya. Nota dan kardus pembelian bisa menjadi referensi yang memudahkan pekerjaan. Namun pekerjaan semacam itu menjadi tidak mudah dilakukan bila kertas nota dan kardusnya hilang. Karena itu daripada membuka casing dan memeriksa nomor model motherboard, ada baiknya menggunakan tool yang disajikan Windows untuk memeriksanya dengan mudah.

Di bawah ini kami akan menyajikan beberapa tips yang akan membantu Anda mengenali model motherboard di dalam PC Anda tanpa perlu menggunakan obeng untuk membongkar casing.

  1. Menggunakan Speccy

Piriform menyediakan software gratis bernama Speccy, yang bakal membantu Anda mencari informasi mengenai nomor model motherboard yang dimiliki. Metode yang digunakan oleh software tersebut sangat sederhana, dan menjadi sebuah aplikasi yang bagus dan mudah dioperasikan.

Speccy specs
Tampilan sederhana Speccy

Speccy tidak hanya bakal menunjukkan nomor model motherboard Anda, melainkan juga berbagai macam informasi lain seperti settingan voltase atau chipset mobo yang tertanam di dalamnya. Segala macam informasi macam itu tersedia di kolom pada bagian kiri navigasi. Anda bisa mengaksesnya dengan cara mengklik pada Motherboard entry di bagian tersebut.

2. Menggunakan CMD.exe

Metode lain yang bisa digunakan adalah memanfaatkan command line pada Windows. Ini akan membantu Anda memeriksa statistik motherboard dan hardware, menggunakan WMIC (Windows Management Instrumentation Command-line). Ini adalah sebuah tool kuat dari Windows, yang hadir dalam bentuk antar muka command-line.

Dengan memanfaatkan WMIC, pengguna bisa memasukkan query baseboard untuk memeriksa status dan kemudian menambahkan query tambahan seperti produsen, model, name, partnumber, slotlayout, serial number, dan poweredon. Pendek kata, pengguna bisa mendapatkan informasi detail mengenai motherboard tersebut. Lalu, bagaimana cara untuk melakukannya.

Bukanlah Command Prompt pada Windows dengan cara membuka kotak dialog run (ketikkan WIN+R di kotak dialog tersebut untuk membuka command prompt). Anda juga bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur Search di start menu Windows. Cukup ketika cmd.exe, baik di kotak dialog maupun di fitur Search, dan CMD.exe akan terbuka kemudian. Anda tidak perlu menjalankannya sebagai administrator.

Setelah command prompt terbuka, yang harus Anda ketikkan adalah perintah berikut ini:

wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber 

periksa jeroanTergantung tipe dan model motherboard yang digunakan, perintah di atas akan membantu Windows memeriksa info hardware yang dipasang di dalam komputer Anda. Tool WMI bekerja dengan cara yang sederhana dan mudah diterapkan, tanpa perlu membuka case komputer atau menggunakan tool pihak ketiga.

promo-pemmz

Leave a Reply