Panduan Membeli Laptop yang Pas untuk Mahasiswa atau Pelajar

menyegarkan laptop lawas

Bila kamu adalah seorang mahasiswa atau pelajar, yang perlu diperhatikan ketika membeli sebuah laptop adalah memilih perangkat paling tepat untuk memenuhi kebutuhanmu (misalnya: mengerjakan tugas kuliah). Kami akan membantu Anda memilih laptop paling pas untuk itu. Mari kita mulai panduan ini dengan hal pertama: soal portabilitas.

  1. Pilihlah laptop dengan ukuran portable

Pada dasarnya yang paling penting adalah membeli laptop yang bisa dibawa ke dalam kelas. Dengan demikian, kamu tidak memerlukan laptop dari kelas workstation. Sebuah laptop dengan berat sekitar 1.8 kilogram dan memiliki bentang layar sebesar 11-14-inch sudah sangat cukup.

Laptop dengan layar berukuran 11-inch mungkin cukup, namun tidak tersedia ruang yang cukup untuk mengetik atau melihat konten di atas layar. Sementara itu layar 13-inch menjadi rekomendasi utama yang memberikan keseimbangan untuk penggunaan dan portabilitas. Hanya saja, mahasiswa atau pelajar jurusan seni atau teknik sebaiknya memilih laptop dengan ukuran layar 14-inch yang lebih besar.

  1. Bayar lebih untuk desain yang lebih baik

laptop untuk pelajarKamu kebetulan seorang pelajar yang bisa menghabiskan lebih banyak kapital untuk sebuah laptop. Dengan demikian, cobalah untuk membeli sebuah laptop yang bodinya terbuat dari carbon fiber, magnesium alloy, atau aluminum. Lebih jauh lagi, periksa terlebih dahulu apakah produsen laptop yang dimaksud memberikan klaim garansi terkait dengan ketahanan perangkat. Sebuah laptop yang memberikan perlindungan keyboard dari tumpahan cairan juga bisa dipilih, mengingat kamu pasti akan sering memakainya untuk mengerjakan tugas sembari membawa kopi atau teh di dekatnya.

  1. Perhatikan spesifikasi umum dari sebuah laptop

Di titik ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Spesifikasi layar

Kebanyakan laptop budget (murah) atau mainstream memiliki layar dengan resolusi sebesar 1366×768 piksel. Ini sebetulnya bukan pilihan terbaik, terutama bila kamu memakai laptop untuk keperluan menggarap paper atau riset. Kecuali kamu nyaman dengan layar 11-inch, usahakan untuk mencari laptop dengan resolusi layar Full-HD (1920×1080 piksel).

  • Spek CPU

Sistem laptop yang menawarkan performa solid tentu saja adalah produk yang membenamkan CPU Intel Core i5 atau i7. Bila ini yang dipilih, maka pastikan bahwa kamu memilih CPU dengan kode 6000 (misalnya: Core i5-6200U yang merupakan prosessor Intel generasi keenam). Namun bila budgetmu rendah, maka sebuah CPU Core i3, Celeron, atau Pentium sudah cukup memadai untuk menjalankan task ringan. Selain itu pertimbangkan juga prosessor Intel Core M yang memberikan performa lumayan (untuk pelajar) dengan desain yang ringan dan kalem.

  • Kapasitas RAM

RAM dengan kapasitas 4GB menjadi pilihan paling minimum yang harus ada di dalam sebuah laptop. Sementara itu kapasitas RAM sebesar 8GB menjadi pilihan ideal yang membantu pelajar untuk melakukan multitask tanpa gangguan.

  • Penyimpanan Internal

Pilihlah laptop dengan hardisk SSD (Solid-State Drive). Ini menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan HDD biasa. Selain itu, pemilihan SSD mungkin jauh lebih penting dibandingkan menghabiskan waktu untuk memilih laptop dengan CPU yang cepat. Sebab SSD berjalan tiga atau empat kali lebih cepat dibandingkan sebuah HDD 7,200 rpm. Memang SSD harganya jauh lebih mahal dibandingkan HDD, namun bila budget memungkinkan, kenapa tidak?

  • Spek lain

Pastikan bahwa laptop yang dibeli memiliki Wi-Fi dan minimum memiliki port USB Type-A. Bila ingin menapak selangkah ke masa depan, maka pilihlah laptop dengan port USB Type-C.

  1. Perhatikan kemampuan baterai

Pilihlah setidaknya laptop yang sanggup beroperasi selama 8 jam atau lebih. Dengan demikian kamu akan memperoleh perangkat yang menjanjikan kualitas daya tahan baterai yang lebih baik.

  1. Gunakan Sistem Operasi yang paling sesuai

Kebanyakan pelajar sudah familiar dengan sistem OS berbasis Windows, karena itu kami menyarankan Anda untuk memilih laptop dengan OS Windows 10. Yang satu ini adalah pilihan paling populer dan disokong oleh ribuan aplikasi yang mudah dicari di mana saja.

  1. Pertimbangkan kenyamanan dan desain 2-in-1

laptop 2-in-1Sebagai tambahan, seorang pelajar juga mesti memilih laptop dengan touchpad dan keyboard yang membuat nyaman pengguna. Artinya, pilihlah laptop dengan touchpad yang lembut tingkat responsifitasnya dan ambil laptop dengan keyboard yang terasa nyaman ketika digunakan untuk mengetik.

Bila menginginkan fleksibilitas tinggi, tipe laptop 2-in-1 bisa menjadi pilihan. Jenis yang satu ini sangat berguna untuk pelajar seni, sebab produk tersebut bisa beralih rupa menjadi tablet (yang tentu saja berguna untuk menggambar).


loading...

1 KOMENTAR

  1. Wah, menarik nih.

    Ohya, notebook dengan rekomendasi kriteria seperti di artikel ini dengan budget < 15jt apa ya?
    Apakah Pemmz ada saran? hehe

Tinggalkan Balasan