6 Tips Berinternet yang Perlu Diketahui

dunia internet

Internet bukanlah dunia baru bagi pengguna komputer. Anda mungkin sudah menjelajahi ratusan situs selama berkiprah di dunia digital. Nah, ada 6 tips yang perlu Anda ketahui terkait dunia yang sangat luas dan seakan tidak terbatas itu. Berikut daftarnya. 

  1. Pengguna tidak memerlukan http:// untuk membuka sebuah laman web

Ini sederhana namun masih ada yang belum tahu. Ketika memasukkan alamat situs, Anda tidak perlu mengetik www atau bahkan http:// di bar peramban yang Anda pakai. Sebagai contoh, cukup ketik Pemmzchannel.com untuk mencari informasi tentang komputer atau laptop yang paling Anda butuhkan. Guna mempercepat proses ketika mengunjungi sebuah laman .com, Anda juga bisa mengetik Pemmzchannel kemudian tekan Ctrl + Enter. Jendela peramban akan menampilkan alamat situs tersebut secara otomatis.

2. Kenali dan hafalkan shortcut peramban dengan baik

Ada lusinan shortcut berbeda yang bisa digunakan pada sebuah peramban internet. Daftar di bawah ini akan menunjukkan beberapa di antaranya:

  • Alt + D atau Ctrl + L untuk menggerakkan kursor ke address bar.
  • Ctrl + F untuk membuka box pencarian, guna mencari teks di dalam laman situs yang sedang dibuka.
  • Ctrl + B untuk membukan bookmarks yang telah dikumpulkan
  • F11 untuk membuka peramban ke mode full screen. Tekan F11 sekali lagi untuk kembali ke mode normal.
  • F5 atau Ctrl + R membantu menyegarkan laman situs
  • Backspace atau Alt + panah kiri untuk kembali ke sebuah laman sebelumnya dari sebuah situs
  • Tahan tombol Ctrl dan tekan tanda + atau untuk mengecilkan maupun membesarkan ukuran teks di laman situs. Tekan Ctrl + 0 untuk mengembalikan teks ke ukuran normal.

3. Gunakan potensi maksimum dari sebuah mesin pencari

Anda tentunya kerap menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi tertentu. Bila Anda tidak menemukan apa yang diinginkan, maka cobalah menempatkan tanda kutip di antara teks. Sebagai contoh, bila Anda mencari ‘minum jamu’ tanpa tanda kutip, maka hasil yang keluar akan berhubungan dengan “minum” dan “jamu”. Akan tetapi bila Anda mencari “minum jamu” dengan menyertakan tanda kutip di antaranya, maka hasilnya adalah pencarian yang cocok dengan teks tersebut. Ini akan membantu Anda menemukan apa yang Anda inginkan dengan cara yang lebih mudah.

4. Cobalah peramban alternatif

alternative browserKebanyakan pengguna komputer menggunakan peramban bawaan yang hadir sebagai paket tambahan dari sistem operasi yang terpasang. Bila memasang Windows 10, maka Anda akan mendapatkan Edge sebagai peramban. Di luar sana ada banyak pilihan peramban alternatif yang bisa diperoleh gratis. Mereka menawarkan ragam fitur yang barangkali tidak dimiliki oleh peramban bawaan yang Anda punya. Opera, Firefox, Google Chrome, UC Browser, adalah beberapa peramban alternatif yang bisa dicoba.

5. Install plugin dan pastikan bahwa Pluginnya selalu diperbarui

Semua nama peramban alternatif yang disebut di atas memiliki komunitas sukarelawan yang besar, yang akan membantu mengembangkan plugin dan add-ons yang bisa ditambahkan ke dalam peramban. Masing-masing peramban tersebut memiliki ratusan add-ons yang bisa melakukan banyak hal seperti menunjukan keadaan cuaca lewat peramban, mengubah tampilan, dan menambahkan fungsionalitas lain ke dalam peramban. A

Anda juga harus memastikan bahwa baik plugins maupun add ons yang terpasang bakal selalu diperbarui setiap saat.

6. Ambil keuntungan dari tabbed browsing

Kebanyakan perambang menawarkan kemudahan lewat tabbed browsing. Fitur ini membantu Anda ketika sedang membaca sebuah artikel atau menjelajahi situs tertentu, di mana sewaktu-waktu Anda mungkin menemukan tautan yang menarik perhatian. Tautan apapun yang mengarah pada laman berbeda bisa dibuka di tab baru, dan cara ini tidak akan mengganggu kegiatan Anda dalam membaca konten sebelumnya. Untuk memanfaatkan tabbed browsing, tahan CTRL dan klik kiri pada tautan yang dimaksud. Bila Anda memakai mouse dengan wheel, maka klik tautan tersebut dengan menekan wheel. Selanjutnya tab baru akan terbuka dan mengarahkan Anda ke tautan yang dimaksud.

loading...

Tinggalkan Balasan