Mengubah PC Berbasis Windows 10 menjadi HotSpot

Tahukah Anda bahwa sebuah Laptop dengan Wi-Fi bisa digunakan sebagai hotspot? Akan tetapi apakah hal yang sama bisa diterapkan pada sebuah PC? Sebuah fitur baru di dalam Windows 10 Anniversary Update memungkinkan Anda untuk melakukan hal itu dengan mudah. Dan inilah cara mengubah sebuah PC berbasis Windows menjadi sebuah Wi-Fi Hotspot.

Bagaimana Mengubah PC Berbasis Windows 10 menjadi Hotspot

Hal pertama yang harus dilakukan: memasang pembaruan Windows 10 ke versi Anniversary Update.

Bila Anda sudah mengubah setting pembaharuan menjadi otomatis, maka kemungkinan besar Anniversary Update sudah didapatkan. Cara untuk memeriksanya mudah. Bukalah Start Menu, kemudian pilih Settings >>> System. Kemudian turunkan jendela ke bawah, pada kolom bagian kiri, sampai kamu menemukan “About”. Klik pada bagian ini dan panel utamanya akan memperlihatkan nomor versi Windows 10 yang terpasang di PC. Nomor Windows 10 Anniversary Update adalah 1607, jadi bila menemukan angka yang sama, maka kamu bisa bergerak lebih jauh lagi.

Bila pembaharuan belum diterima, kamu bisa melakukannya secara manual, dengan cara kembali ke menu Settings dan memilih Update & Security. Di sana kamu akan melihat opsi “Check for Updates”. Klik pada bagian itu dan Windows 10 akan mulai mencari rilisan paling baru dari sistem operasi yang kamu pakai.

Setup Hotspot pada Windows 10 Anniversary Update

Membangun Wi-Fi hotspot pada Windows 10 Anniversary Update mudah dilakukan, berkat kehadiran fitur Mobile Hotsepot. Apa yang perlu kamu lakukan adalah menjelajahi Start Menu dan memilih Settings kemudian Network & Internet dan akhirnya Mobile Hotspot.

Di dalam jendela utama ada menu drop-down Share my Internet Connection from yang bakal muncul dan menunjukkan ketersediaan WiFi (bila kamu menggunakan laptop), atau atau apabila PC terhubung dengan router melalui sebuah kabel ethernet. Namun bila kamu menggunakan PC desktop dan tidak memiliki Wi-Fi adaptor, maka kemungkinan besar menu tersebut tidak akan muncul, dan fitur Mobile Hotspot takkan bekerja. Jadi, catatan untuk pengguna PC Desktop berbasis Windows 10: belilah adaptor Wi-Fi terlebih dahulu supaya semuanya lancar.

mensetting mobile hotspot
Langkah 1 mempersiapkan mobile hotspot di Windows 10

Bila sudah, yang perlu dilakukan adalah memilih koneksi yang ingin digunakan untuk hotspot dan kemudian klik pada tombol Edit. Ini dilakukan untuk menambahkan sebuah nama jaringan baru dan juga password untuknya. Cara semacam ini tidak akan menghilangkan detail Logon pada pengguna PC, namun akan membantu menciptakan koneksi virtual baru dari PC kamu ke perangkat lain. Informasi Logon yang diberikan berguna untuk pengguna lain yang ingin tersambung dengan komputer milikmu.

Ketika sudah selesai dengannya, langkah terakhir adalah menghidupkan opsi Share my Internet connection with other devices. Pilihan ini bisa ditemukan pada bagian atas pada settings Mobile hotspot.

hotspot
Langkah 2 mempersiapkan mobile hotspot di Windows 10

Langkah terakhir telah selesai, dan sekarang kamu bisa membuat koneksi antara PC dengan perangkat lain seperti smartphone atau tablet yang kamu miliki. Mudah bukan?

 

Masalah yang Mungkin Muncul

Masalah yang kerap muncul terutama berkaitan dengan settingan mobile hotspot. Ini terutama muncul ketika pengguna tidak bisa menghidupkan Wi-Fi kendati sudah mengaktifkan Share my internet connection with other devices. Solusi untuk masalah ini sebetulnya bervariasi, antara satu sistem dengan yang lainnya. Untuk pengguna laptop, mematikan Bluetooth barangkali akan membereskan masalah. Namun bila Anda adalah pengguna PC Desktop dan menemukan isu tersebut, maka kami merekomendasikan Anda untuk melakukan Googling guna menemukan solusi untuk masalah tersebut.

promo-pemmz

Leave a Reply