Monitor Gaming Samsung Curved Seri CFG70 Resmi Dirilis, Ini Spefikasi dan Kelebihannya

Monitor Gaming Samsung Curved FI PCN

Kamis, 2 Februari kemarin, Samsung merilis dua buah monitor gaming Samsung Curved di India. Mereka adalah tipe LC27FG70 dengan bentang layar 27-inch, dan satunya adalah LC24FG70 dengan bentang layar 24-inch. Samsung mengkalim keduanya sebagai kumpulan monitor curved pertama dengan 1 MPRT (Millisecond Moving Picture Response Time).

Millisecond Moving Picture Response Time (MPRT)

Yang harus ditekankan di sini adalah Response Time, yang merujuk pada jumlah perubahan waktu dari sebuah piksel dalam sebuah monitor. Milliseconds (ms) adalah angka untuk mengukurnya. Semakin kecil angkanya, maka semakin cepat transisi piksel yang berlangsung di dalam monitor. Ini sekaligus meminimalisir kemunculan artifak pada konten gambar yang disajikan. Monitor yang lebih tua diproduksi dengan response time yang panjang, dan dengan demikian memproduksi blur pada gambar. Ini jelas terlihat pada objek gambar bergerak. Nah, Samsung jelas hendak menawarkan kelas tersendiri untuk kedua monitornya itu.

Yang Ditawarkan Monitor Gaming Samsung Curved Terbaru

Monitor Gaming Samsung Curved feature PCNSeri CFG70 besutan Samsung sebetulnya adalah dua model dalam satu wadah. Pertama kali diperkenalkan pada ajang IFA 2016, kedua monitor tersebut sebetulnya tidak hanya menawarkan response time yang cepat, melainkan juga hadir dengan teknologi Quantum Dot. Angka refresh rate sebesar 144Hz dioptimalisasikan untuk teknologi AMD FreeSync.

Samsung sendiri membenamkan teknologi yang disebut sebagai advanced motion blur reduction ke dalam VA panel pada kedua monitor lengkung tersebut. Dengan respon yang sangat cepat, pengguna bisa menikmati pengalaman gaming yang sempurna tanpa sedikit pun blur pada objek gambar yang disajikan di atas panel monitor seri CFG70. Lebih jauh lagi, Samsung mengklaim kemampuan reproduksi warna pada monitor yang sangat realistik. Ini ditopang oleh teknologi quantum dot yang mendukung reproduksi warna sRGB 125%. Dengan teknologi tersebut, warna hijau dan merah tua direproduksi dengan cara yanglebih baik. Akurasi warna adalah sebuah kelebihan utama yang ditawarkan oleh Samsung lewat seri CFG70-nya itu.

Monitor Gaming Samsung Curved CFG70 PCNSamsung mengkalim bahwa warna yang direproduksi oleh kedua monitor akan tetap jernih dan cerah, bahkan dalam kondisi cahaya terang sekalipun. Berbagai sajian konten, baik itu dalam gaming maupun dokumen, dihadirkan dengan reproduksi warna yang kuat. BIla menuruti apa kata Samsung, maka yang bakal didapatkan adalah konten yang lebih hidup.

Sayang sekali keduanya bukan tipe layar lengkung 4K, melainkan hadir dengan resolusi FullHD (1920×1080 piksel). Samsung memutuskan untuk membenamkan rasio kontras sebesar 3000:1. Sebuah UX didesain khusus oleh Samsung, yang didedikasikan untuk para gamers. UX tersebut hadir dengan dashboard yang bisa diset dengan mudah. Sejumlah hotkeys juga dibenamkan di bagian depan dan belakang monitor, yang bisa digunakan untuk mengatur sejumlah hal. Kalibrasi pabrikan sudah dipersiapkan oleh Samsung, supaya monitor tersebut bisa beradaptasi dengan berbagai varian genre game.

Menurut rilisan resmi yang dikutip dari NDTV.com, kedua monitor tersebut diproduksi untuk memenuhi permintaan para gamers. “Para gamers sekarang ini meminta teknologi lebih dari sebuah monitor, supaya bisa memperoleh pengalaman dan nuansa lebih baik dari sebuah game. Jadi ada kebutuhan monitor yang lebih baik untuk menopang permintaan tersebut. Perilisan monitor gaming berkurva adalah sebuah langkah yang rasanya bakal menjadi trend-setter  di dunia gaming,” demikian Samsung merilis pernyataannya.

Meski sudah dirilis dan diumumkan di pasar India, masih belum diketahui apakah Samsung akan merilis seri samsung gaming monitorcurved seri CFG70 ke Indonesia. Bila ya, maka pasar monitor gaming Indonesia tentu akan semakin semarak

Sumber

loading...

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan