shortcut pada keybaord

Hampir semua orang setuju dengan satu hal ketika menggunakan komputer: sebuah perangkat komputasi mesti sanggup membantu pengguna untuk meningkatkan produktivitas.

Menggunakan shortcut keyboard bisa membantu meningkatkan produktivitas pengguna komputer seperti kamu. Shortcut keyboard disediakan guna membantu kamu tetap fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan, dan juga membantu mengurangi langkah-langkah yang tidak diperlukan. Contohnya: kamu hanya perlu menekan kombinasi antara Ctrl + C pada keyboard untuk mengkopi serangkaian teks pada layar monitor. Shortcut semacam ini lebih cepat dibandingkan memindahkan tangan kamu dari atas keyboard, kemudian memblok teks yang diinginkan menggunakan mouse, dan memilih perintah “copy” yang muncul di menu file, untuk kemudian kembali ke keyboard lagi.

Dan inilah 8 shortcut keyboard yang kami rekomendasikan untuk diingat baik-baik:

  1. Ctrl + V atau Shift + Insert

Kombinasi ini akan membantu kamu memindahkan objek atau teks yang dikumpulkan di clipboard.

Bila kamu menggunakan komputer Apple, perintah Cmd + V bekerja sama dengan shortcut tersebut.

2. Ctrl + Insert dan Ctrl + C

Kedua perintah tersebut memiliki esensi yang sama, membantu kamu memindahkan teks yang telah diblok ke tempat lain. Bila kamu ingin memindahkan tanpa meninggalkan jejak di sumber aslinya (melakukan “cut”), maka pakailah perintah Ctrl + X. Kombinasi yang terakhir ini akan menghilangkan teks atau objek dan menyimpannya di dalam clipboard.

Pengguna komputer berbasis Apple bisa menggunakan Cmd + c untuk perintah yang sama.

keyboard shortcut3. Ctrl + F

Kombinasi membantu pengguna membuka “Find”, yang pada gilirannya membantu kamu untuk mencari teks yang sedang ditampulkan di program apapun yang mendukungnya. Sebagai contoh: perintah Ctrl + F bisa digunakan pada peramban internet (Chrome, dan sejenisnya) guna membantu menemukan teks di sebuah laman internet.

Pada komputer Apple, perintah Cmd + F memberikan fungsi yang serupa.

4. Ctrl + Backspace atau Ctrl + Panah Kanan atau Kiri

Shortcut yang satu ini membantu kamu menghapus kalimat penuh dalam sekali eksekusi. Sedangkan menahan tombol Ctrl sembari menekan panah kanan atau kiri di saat bersamaan akan memindahkan cursor ke titik mula kalimat atau kata yang ingin dihapus.

Namun bila ingin meng-highlight satu kata dalam satu waktu, tahan Ctrl + Shift, kemudian tekan tanda panah kanan atau kiri. Ini dilakukan guna menghapus satu kata di arah tertentu, sembari meng-highlight setiap kata.

Sebagai catatan tambahan: eksekusi ini tidak berlaku untuk komputer berbasis Apple.

5. Ctrl + S

Menekan kombinasi Ctrl + S akan membantu menyimpan file pekerjaan di program apapun yang membutuhkan Anda mengetik huruf dan kalimat, atau sedang bekerja menggunakan program seperti Photoshop dan sejenisnya. Gunakan shortcut ini sesering mungkin guna menghindari hilangnya file (misalnya: file belum tersimpan, dan sebagainya) karena komputer kamu kehilangan daya listrik.

Gunakan perintah Cmd + S pada komputer Apple untuk mendapatkan perintah yang serupa.

6. Ctrl + P

Ini digunakan untuk membuka perintah print preview pada sebuah halaman atau dokumen yang sedang dilihat.

Gunakan Cmd + P pada komputer Apple untuk memperoleh perintah dengan kegunaan yang sama.

7. Page Down, Spacebar, Page Up

Menekan page down atau page up akan menggerakkan program ke laman berikutnya atau selanjutnya. Ketika merambahi laman situs, spacebar membantu menggerakkan scrollbar ke bagian bawah laman. Sedangkan kombinasi Shift + Spacebar menggerakan scrollbar baik ke halaman satu.

8. Ctrl Home atau Ctrl + End

Menekan Ctrl + Home berarti menggerakkan cursor bagian awal dokumen. Dan Ctrl + End akan menggerakan cursor ke bagian akhir dokumen. Keduanya bekerja baik dengan tipe dokumen apapun, dan juga laman situs apapun.

Pada komputer Apple, perintah Cmd + panah ke atas membantu pengguna kembali ke awal dokumen atau teks. Sementara itu kombinasi Cmd + panah ke bawah membantu pengguna kembali ke bagian akhir dari sebuah teks atau dokumen.

pemmz header

Leave a Reply