AMD RYZEN

AMD baru saja meluncurkan dan membisikan seberapa hebat prosesor baru mereka kepada publik. AMD Zen yang diberi nama Summit Ridge akhirnya di finalisasi dengan nama AMD RYZEN. Apakah nama tersebut menandakan bahwa AMD akan segera “Risen” ?

AMD RYZEN tidak merubah sama sekali hal yang kita tahu tentang Summit Ridge, yakni 8 Core dengan 16 Thread. Namun AMD juga menambahkan berbagai spesifikasi penting lain nya, sehingga secara lengkap AMD RYZEN memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • 8 Core 16 Thread
  • 3.4 GHz Base Clock Minimum
  • 20MB Total Cache (L2 +L3)
  • 95W TDP

Dalam acara peluncuran tersebu CEO AMD, Lisa Su mendemokan performa dari RYZEN dengan menggunakan Blender dan juga Handbrake yang keduanya sangat CPU intensive. Dari hasil Blender, AMD RYZEN memiliki performa yang sangat mirip dengan Core i7 6900K yang juga memiliki 8 Core dan 16 Threads, serta 20MB total cache. Pada demo Handbrake RYZEN memiliki hasil lebih cepat, 54 detik dibandingkan 59 detik yang didapatkan oleh Core i7 6900K.

Dalam artikel kali ini kita tidak akan membahas fitur lebih dalam lagi, karena fitur dari RYZEN sendiri lebih cocok dijadikan artikel sendiri, namun kita akan tetap berlanjut kepada platform yang akan digunakan oleh RYZEN yakni AM4.

AMD AM4 Platform membawa fitur fitur terbaru yang sebelumnya hanya tersedia pada Platform Intel seperti DDR4, PCIe Gen 3, USB 3.1, dan juga opsi NVMe SSD. Dengan fitur bawaan tersebut dapat dipastikan RYZEN dan juga Chipset X370 memiliki PCIe Lanes yang cukup banyak untuk penggunaan multi-GPU dan juga storage highend.

Namun sayang sekali Lisa Su tidak membeberkan untuk harga dari AMD RYZEN sendiri.

So, apa pendapat sobat pemmzchannel semua ? Siapakah yang akan unggul pada akhirnya ? Ataupun apakah kalian masih ingin menunggu benchmark total dan juga harganya ?

Let us know in the comments below.

MayHem promo

Leave a Reply