Zowie XL2540

Hari Senin lalu, produsen monitor BenQ merilis sebuah monitor gaming yang diberi nama Zowie XL2540. Dirilis untuk pertama kalinya di India, Zowie XL2540 ditujukan untuk para penggemar game yang antusias dan siap memilih monitor terbaik untuk PC gaming-nya.

Aspek paling menarik dari Zowie XL2540 bisa dilihat dari fitur refresh rate-nya yang mencapai 240Hz, yang berarti menjanjikan pengalaman gaming yang lembut. Monitor yang dihadirkan ke pasaran India itu sebetulnya adalah hasil dari kolaborasi antara BenQ dengan Zowie. Yang terakhir ini adalah nama yang khusus memproduksi perangkat e-sports.

Di luar angka refresh rate yang terbilang besar, Zowie XL2540 juga menawarkan fitur lain bernama Shield. Dengan kehadiran fitur yang satu ini, pengguna bisa mengatur monitor sesuai sesuai dengan ragam kondisi lingkungan yang sedang dihadapi. Menurut BenQ, fitur Shield disesuaikan dengan desain monitor yang removable serta sudut (angle) yang bisa diatur sesuka hati. Dengan kata lain, monitor tersebut dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dimaui pengguna.

Zowie XL2540Ada lagi satu fitur yang mungkin juga menarik, yakni Black eQualizer. Yang disebut terakhir ini membiarkan pengguna untuk memperluas visibilitas pada kondisi gelap tanpa membuat area terang menjadi terlalu tajam.

Bagaimana dengan spesifikasinya?

  • Ukuran monitor: 24.5-inch
  • Tipe dan Resolusi: panel layar TN dengan resolusi Full-HD 1920×1080 piksel
  • Brightness: 400 nits
  • Reponse time: 1ms
  • Port/jack: mic (1 buah), headphone (1), DPI.2 port (1), HDMI port (2), DVI-DL port (1)
  • Berat total: 7.5kg

Vibrasi warna merupakan satu hal yang ditawarkan oleh monitor gaming BenQ Zowie XL2540. Artinya, perangkat tersebut hadir dengan vibrasi warna sebanyak 20 tingkat. Ini kemudian membiarkan penggunanya untuk memilih satu dari sekian opsi untuk tipe permainan yang berbeda. BenQ juga menyebut bahwa rangka LCD monitor tersebut didesain sedemikian rupa untuk mereduksi refleksi pada layar.

Menurut BenQ, kerjasamanya dengan Zowie dimaksudkan untuk merengkuh sekaligus memanen talenta gaming di India. Kolaborasi keduanya berlanjut sedemikian rupa, dan memang mengambil fokus pada teknologi dan inovasi. Monitor tersebut didedikasikan untuk mereka yang mencintai kualitas dan kesempurnaan.

Mengapa Refresh Rate Penting?

contoh refresh tinggiRefresh rate seringkali dipahami sebagai berapa kali (dalam hitungan detik) sebuah monitor memperbarui buffer-nya. Dalam pemahaman umum, istilah refresh rate kerap kali disalahpahami sebagai frame rate, padahal keduanya berbeda. Frame rate lebih mengacu pada seberapa sering sumber video menyajikan keseluruhan data frame di atas permukaan layar.

Pendek kata, semakin tinggi angka refresh rate, maka semakin baik kinerja sebuah monitor. sebagai ilustrasi: 1 Hz mewakili angka refresh 1000 kali per detik. Angka refresh rate yang rendah berarti layar yang terlihat bergelombang atau, dalam beberapa kasus, berkedip-kedip. Angka refresh rate yang rendah akan menyebabkan ketidaknyamanan ketika menggunakan sebuah monitor. Yang paling parah, bukan kenyamanan yang diperoleh, melainkan sakit kepala. Konsentrasi adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan seorang gamer. Bentang layar Zowie XL2540 didesain untuk mereduksi refleksi pada layar, yang pada gilirannya membantu gamers untuk tetap fokus pada apa yang sedang dimainkan.

BenQ menyadari hal tersebut, dan Zowie XL2540 menyediakan peluang bagi gamers kelas berat untuk bermain lebih lama dengan komputer mereka. Tidak peduli apakah seorang gamer duduk berjam-jam di depan komputer memainkan game, Zowie XL2540 merupakan monitor yang akan membuat mata nyaman. Apakah monitor tersebut akan masuk ke pasaran Indonesia? Belum ada kabar lebih lanjut mengenai hal tersebut.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply