thermal grease atau thermal paste

Banyak sekali pemmzholics yang bertanya ke redaksi kita, apa sebenarnya fungsi thermal grease, atau thermal pasta yang dibalurkan antara komponen aktif seperti chip CPU/processor, GPU bahkan chip memory dan SSD. Tentunya ini bukan tanpa alasan atau bahkan ada yang sempat menilai itu adalah perekat. Di artikel kali ini, pemmzchannel akan sedikit sharing tentang sale ajaib yang ampuh menahan panas ini.

Sekilas Tentang Thermal Grease atau Thermal Paste

kapan mengganti thermal greaseThermal Grease atau sebutan populer lainnya seperti CPU grease, heat paste, heat sink compound, heat sink paste, thermal compound, thermal gel, thermal interface material, atau thermal paste, adalah senyawa minyak thermal konduktif (tetapi punya karakteristik mengisolasi arus elektrik), yang umumnya digunakan sebagai antarmuka antara heat sink dan sumber panas (misalnya, Processor atau chip GPU). Peran utama Thermal Grease adalah untuk menghilangkan kesenjangan udara atau ruang agar panas tidak menyebar keluar area pendinginan (fungsi insulator).

Thermal Grease sejatinya tidak memiliki fungsi perekat dan wajib dibantu dengan alat mekanis seperti sekrup atau baut untuk menjadikan tekanan kedua bidang yang ditengahi Thermal Grease selalu sejajar.

Usia Pakai Thermal Grease

Thermal grease bermacam-macam bahan dasarnya, tapi hampir semua bahan dasar thermal paste adalah cairan minyak berserat polymerizable dan penyatu isolator elektrik dalam takaran yang cukup banyak, tapi bersifat mengantarkan suhu. Kecenderungan panas yang naik turun serta berkumpulnya debu yang lama kelamaan menumpuk membentuk kesatuan, membuat thermal lebih sulit melepaskan hawa panas. Sehingga terjadilah percepatan perubahan fisika yang secara visual kita lihat dengan mengerasnya salep thermal tadi. Pertanyaannya? sebenarnya berapa jangka waktu yang baik untuk mengganti thermal grease ini? Menurut pemmzchannel, jawabannya tentatif. Tergantung dari kualitas thermal, bisa juga dari seberapa sering suhu tertinggi mendera komponen yang dilapisi thermal, durasi pemakaian komputer juga environment tempat komputer kita beroperasi.

aplikasi pemantau suhu untuk memantau kualitas thermal grease
HWMonitor – Salah satu software pemantau suhu yang cukup lengkap

Untuk PC desktop, mungkin jauh lebih mudah untuk memantau secara fisik. Tapi untuk notebook, sebaiknya anda menginstal aplikasi pemantau suhu dan membuat catatan kecil sejak anda mengganti si salep ini. Catat rentang peningkatan suhu dari suhu idle (tergantung jenis dan merek CPU) hingga suhu maksimum dimana angkanya sudah lambat sekali naik. Paling mudah menebak sebuah thermal paste sudah harus diganti adalah saat system processor atau chip GPU naik dengan sangat cepat. Usahakan juga environment kerja anda selalu bersih dan minim dari debu bahkan repihan snack.

Kualitas Thermal

Pertanyaan lain, apakan thermal paste bawaan pabrik tidak atau kurang baik jika dibandingkan thermal compound pihak ketiga yang lebih bermerek? Pabrikan pasti punya perhitungan sendiri dalam menentukan jenis bahan thermal paste mana yang paling cocok untuk menahan laju panas pada komponen aktif dalam produk mereka. Tapi pembuat thermal grease yang baik, umumnya menawakarkan produk thermal grease dengan kandungan yang lebih baik lagi. Jadi, di sini harga memang tidak akan bohong. Jika anda mengandalkan thermal abal-abal, yang secara ongkos produksi lebih murah dari thermal grease bawan pabrik, siap-siap kecewa. Karena kalau menggunakan yang lebih murah namanya bukan upgrade, tapi dongrade.

Mengganti Thermal grease sejak awal, Perlukah?

Ultraslim notebook perlu kualitas thermal yang lebih baik dari standar
Ultraslim notebook perlu kualitas thermal yang lebih baik dari standar

Ada kondisi dimana sebuah notebook membutuhkan kualitas thermal yang lebih baik dari bawaan pabrik. Umumnya ini ditemui pada notebook atau laptop dengan sales poin slim. Dengan mengganti thermal paste sejak awal, ada kecenderungan suhu processor lebih dingin mencapai hampir 10%. Ini membuat kipas tidak akan selalu berputar pada kecepatan penuh. Efeknya, noise yang timbul bisa sedikit ditekan dan usia pakai kipas jadi lebih panjang.

Ok, mungkin know-how seputar thermal grease atau thermal paste cukup sampai sini dulu. Silakan ajukan pertanyaan atau saran anda di kolom komentar atau di salah satu akun social media kita di @pemmzchannel. Atau kamu bisa telfon langsung ke nomor telfon kita di 021-56973669 atau di SMS atau WA ke nomor 0899 9999 279.

mini-banner-indocomtech-online-2016-repaste

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply