Menambahkan RAM ke dalam tubuh motherboard biasanya akan menghasilkan peningkatan performa. Dan ini menjadi sebuah investasi yang baik, bila dilihat dari segi keuangan.

Ketika berurusan dengan pemilihan RAM, ada banyak opsi yang bisa dipilih seorang perakit PC atau pembeli laptop. Hanya saja bila Anda merasa pilihan-pilihan yang tersedia membuat bingung, maka jawaban sederhananya: belilah sebuah modul RAM DDR3-1600 dengan CAS 9 timings (1.5-volt). Atau bila ingin beralih ke opsi lain, pilihlah modul DDR-2133 dengan CAS 15 timings (1.2-volt). Keduanya bisa menjadi salah satu pilihan paling masuk akal, meski dalam banyak hal sangat tergantung pada platform yang dipilih.

Dilihat dari universalitasnya, RAM DDR3 didukung oleh kebanyakan motherboard yang hari ini dijual di pasaran. Sementara itu memori DDR4 biasanya didukung oleh platform Intel Skylake dan X99. Bila Anda adalah seseorang yang selalu mempertimbangkan budget, maka keduanya menjadi pilihan menarik oleh karena harganya yang relatif terjangkau. Baik DDR4 maupun DDR3 tersedia dalam opsi kapasitas 4 dan 8GB.

Bagaimana Jika Anda Seorang Gamer?

Bahkan seorang gamer kelas amatir bakal menggunakan sebuah CPU kelas atas (Intel Core i7, misalnya) dengan sebuah pengolah grafis bawaan. Bila demikian kasusnya, maka sebuah DDR3-1866 (PC3-14900) sudah sangat cukup dan bisa berjalan normal di atas platform semacam itu. Sebuah keping RAM DDR3-1866 akan berjalan dengan baik, bahkan bila didampingkan dengan prosessor yang tidak didesain untuk mendukungnya (misalnya pada prosessor yang modelnya lebih tua atau prosessor dengan platform low-energy).

Lebih jauh lagi, keuntungan universalitas macam itu juga bisa diperoleh dari DDR3-2133 dan pada prosessor yang berorientasi modern.

Yang Cepat adalah Yang Terbaik?

RAM untuk dipilihBelum tentu. Masalah dengan memori yang lebih cepat adalah: mereka cenderung meminta konfigurasi manual. Ini menjadi masalah bila Anda adalah tipikal orang yang tidak nyaman untuk mengutak-atik firmware motherboard, maka PC Anda kemungkinan besar akan turun performanya.

Intel memang menyodorkan teknologi XMP (eXtreme Memory Profiles) yang memungkinkan pengguna untuk mengutak-atik RAM sesuai selera mereka. Singkat cerita, Anda bisa melakukan overclock pada RAM. Hanya saja pengguna RAM tentu tidak disarankan untuk melakukannya.

Sekeping RAM yang lebih cepat dibandingkan DDR3-2133 biasanya berharga mahal dan tidak terlalu dibutuhkan oleh kebanyakan pengguna PC. Beberapa informasi yang mengungkap hasil tes terhadap kemampuan DDR3-2400 menunjukkan bahwa jenis yang satu ini hanya memberikan keuntungan sedikit pada sebuah PC. Singkat kata, ia hanya berguna pada sebuah situasi di mana Anda tergantung pada VGA yang terintegrasi. Sebuah motherboard akan kesulitan untuk berada dalam titik stabil bila RAM yang digunakan melebihi 2400 MT/s.

Manfaatkan Keuntungan Teknologi Terbaru

Ada banyak orang yang girang bila teknologi terbaru diperkenalkan. Kabar baiknya, prosessor Intel generasi terbaru, Skylake, mendukung penggunaan memori DDR4. Memori DDR4 pun kini telah mengalami penurunan harga sampai pada titik dimana ia bukan lagi tipe RAM dengan harga mahal. Bila memang membutuhkan performa lebih kencang, maka RAM DDR4 bisa dipilih.

Kapasitas Memori menjadi Penting

DDR RAMDalam hal kapasitas, RAM dengan kapasitas sebesar 4GB sudah cukup, bahkan untuk sistem PC yang paling murah sekalipun. Meski begitu, RAM sebesar 8GB akan meningkatkan performa PC lebih jauh lagi dan jumlah sebesar ini adalah minimal bagi komputer gaming. Bila punya budget berlebih untuk membangun PC gaming atau berkeinginan untuk mengedit PC dan video serta melakukan multitasking yang lebih berat, pilihlah RAM dengan kapasitas 16GB.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply