hard disk eksternal Seagate

Baru-baru ini Seagate memperkenalkan tipe terbaru dari seri Backup Plus Portable, yakni sebuah hard disk 5TB. Perangkat yang satu ini diklaim oleh Seagate sebagai hard disk eksternal dengan kapasitas terbesar di pasaran. Kelihatannya Seagate sangat berambisi kali ini. Mereka mendorong orang-orang untuk memilih produk terbaru tersebut, ketika mereka membutuhkan lebih banyak penyimpanan lewat sebuah perangkat tunggal.

Dengan kapasitas sebesar 5TB, orang akan dengan mudah menggeleng-gelengkan kepala. Namun tentu saja akan ada banyak orang yang bertanya-tanya tentang seberapa besar dan seberapa berat hard disk eksternal tersebut. Dilihat dari spesifikasinya, Seagate 5TB memiliki dimensi 11.5×7.8x2cm, yang berarti hampir dua kali lebih terbal dibandingkan hard disk eksternal Back Plus Slim. Beratnya sekitar 247 gram, yang berarti kurang dari seperempat kilo. Casing alumunium membalut bodi perangkat tersebut, mengesankan sebagai sebuah perangkat mewah untuk menyimpan segala macam data penting yang Anda miliki.

Ya, perangkat penyimpanan tersebut tergolong tebal, namun ia relatif ringan. Ini dimungkinkan berkat teknologi Seagate terbaru yang diterapkan lewat hard disk internal 5TB BarraCuda, yang diumumkan kehadirannya oleh Seagate bulan lalu. Menurut informasi lain, Seagate menggunakan desain plat 1TB yang juga digunakan di dalam 5TB BarraCuda. Desain plat tersebut diumumkan oleh Seagate di ajang CES yang berlangsung bulan Januari silam.

backup-plusDengan teknologi terbaru dari Seagate, pemilik perangkat hard disk 5TB itu bisa menjalankannya tanpa menggunakan sumber daya dari luar. Hal ini kemudian memberikan lebih banyak kenyamanan, terutama bila penggunanya adalah individu yang aktif pergi kemana-mana. Bagaimana dengan kecepatan baca dan transfernya? Cukup cepat, sebab hard disk eksternal terbaru dari Seagate mampu mentransfer data dengan kecepatan 120MB/detik mengunakan koneksi USB 3.0. Sayangnya, hard disk eksternal tersebut tidak hadir bersama dengan kabel USB Type-C. Bila memiliki sebuah laptop dengan colokan USB Type-C, Anda perlu membeli sebuah kabel konektor supaya hard disk tersebut berjalan lancar.

Lazimnya hard disk eksternal besutan Seagate, driver NTFS untuk perangkat 5TB khusus Mac bisa diunduh melalui situs resmi mereka. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan dukungan software untuk perangkat tersebut. Di sisi software, Seagate membekali perangkat terbaru mereka dengan segala macam kenyamanan yang dibutuhkan pengguna. Dashboard di dalam software tersebut dirancang sedemikian rupa, menyediakan fitur one-click sehingga mudah dioperasikan. Selain itu, Anda bisa melakukan backup data yang terjadwal. Seagate juga menyediakan aplikasi untuk iOS maupun Android, yang nantinya bakal membantu Anda mengamankan data-data video dan gambar yang ada di perangkat mobile, untuk kemudian disimpan di dalam cloud atau di dalam hard disk.

portable-hard-diskSekilas pandang, tentunya akan menyenangkan bagi banyak orang ketika menemukan opsi lebih terkait dengan penyimpanan data. Dan apa yang ditawarkan Seagate lewat hard disk 5TB itu jelas mampu mewadahi keinginan orang-orang akan sistem penyimpanan yang lebih besar. Hard disk 3.5-inch biasanya membutuhkan sumber daya listrik dari luar, namun pengecualian kini bisa dihadirkan. Perangkat penyimpanan terbaru dari Seagate itu bisa digunakan dengan hanya mencolokannya ke dalam konetor USB. Bentuknya yang cukup ramping takkan memakan banyak tempat ketika disimpan di dalam tas.

Bagaimana dengan harga dan ketersediaannya? Seagate 5TB Backup Plus Portable akan tersedia pada bulan November. Perangkat tersebut akan tersedia dalam empat warna, yakni biru, merah, perak, dan hitam. Rencananya perangkat tersebut akan dijual dengan harga $189.99, atau sekitar 2 jutaan bila dikonversi ke dalam nilai rupiah.

Leave a Reply