Mengenal 5 Hal Penting Terkait Gaming Headset

Ada banyak salah kaprah yang menggelayuti benak kebanyakan orang ketika mendengar kata gaming headset. Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa sebuah gaming headset juga bisa digunakan untuk mendengarkan musik. Padahal fungsi keduanya berbeda secara prinsip.

Sederhananya, headset gaming dibuat dengan fokus pada detail suara yang dihasilkan oleh sebuah game. Gemuruh tank, dentuman senapan, suara prajurit yang berlari di antara rerumputan, dan sejenisnya, bisa didengarkan dengan sempurna menggunakan headset gaming. Pendek kata, semakin berkualitas sebuah headset gaming, maka semakin banyak detail yang bisa disimak dari sebuah game.

Lalu perbedaan lain yang lebih jelas, antara headset gaming dan musik, terlihat jelas pada satu hal lain: detail pada banyak musik tidaklah serumit suara yang dihasilkan dari sebuah game. Mungkin ini disebabkan oleh terbatasnya kemampuan media perekam musik.

Bila kamu adalah seorang yang antusias terhadap game, gaming headset tentu saja menjadi sebuah kebutuhan khusus yang perlu diperhatikan. Setidaknya ada 5 hal yang perlu dicermati dengan baik sebelum membeli sebuah gaming headset

  1. Kenyamanan adalah hal utama

gaming headset yang dipilih?Headset untuk gaming jarang yang dijual dalam bentuk ringkas atau gampang dibawa. Namun sebaliknya, kebanyakan gaming headset selalu mengedepankan kenyamanan sebagai ujung tombak. Seorang yang pro biasanya bakal bermain game dalam waktu lama. Tidak banyak gerak. Di titik ini, tiadanya fleksibilitas tinggi dari sebuah headset gaming menjadi wajar. Sebab gamers tidak menuntut hal semacam itu.

Karena itu akan lebih baik bagi seorang gamer bila ia memilih headset gaming yang mampu memberikan kenyamanan lebih dalam jangka waktu lama. Pilih headset yang dibuat dari bahan spon yang membuat nyaman. Kamu juga perlu mempertimbangkan gaya dari headset yang ada di depan mata. Apakah kamu nyaman dengan model XXL (yang menawarkan extreme comfort around the ear), L (lightweight on the ear), atau XL (fit around the ear).

2. Keberadaan Mic

Penting atau tidak? Mic menjadi penting ketika kamu perlu berkomunikasi dengan gamer lain ketika memainkan sebuah game. Karena itu kamu membutuhkan headset gaming dengan built-in microphone.

3. Kualitas suara menjadi penting

Sebuah headset dengan kualitas suara superior menjadi penting. Dan ini merupakan kriteria utama yang perlu diperhatikan. Sebuah headset gaming terbaik haruslah mampu mengeluarkan semua fungsionalitas interaktif di dalam game, dan karenanya perangkat tersebut harus mampu menangkap suara sekitar yang hidup di dalam game. Bila sebuah headset mampu menghantarkan suara-suara, bahkan yang paling kecil sekalipun, maka perangkat tersebut menjadi satu yang paling kompetitif. Cobalah beberapa jenis dan merk seperti Logitech G430, misalnya, yang menurut kami memiliki kualitas suara yang cukup lumayan dan hadir dengan harga ekonomis.

4. Terbuka atau tertutup?

headset terbuka atau tertutup?
Open atau Closed headset?

Beberapa jenis dan merk headset gaming yang dijual berasal dari tipe open gaming headset. Yang satu ini patut dipilih, terutama bila kamu ingin tetap mendinginkan telinga sembari mendengarkan suara di luar game, namun tanpa banyak mengganggu suara di dalam game.

Namun bila kamu adalah tipikal yang tidak ingin diganggu oleh suara-suara dari luar ketika memainkan game, maka pilihlah sebuah closed gaming headset. Dengan demikian kamu bisa mendengarkan detail suara tanpa takut terganggu suara berisik di luar game.

5. Platform apa yang digunakan

Apakah Anda menggunakan PC gaming berbasis Windows, XboX, Playstation 4, atau Mac? Beberapa jenis gaming headset dibuat khusus untuk satu jenis platform saja, meski ada banyak pilihan headset yang dibuat khusus untuk lintas platform. Akan lebih bijak membeli satu headset yang dikhususkan untuk satu platform gaming saja.

 

 

loading...

Tinggalkan Balasan