merawat hard disk

Setiap pemilik laptop maupun PC pasti sudah paham bahwa hard disk adalah salah satu komponen terpenting. Setiap jenis data, tulisan maupun gambar, serta software, pasti disimpan di dalam hard disk. Anda pasti tidak ingin data-data di dalam hard disk hilang, sebab itu menjadi jiwa Anda.

Nah, setiap pemilik PC maupun laptop seharusnya mampu untuk melakukan back up, upgrade, menyelamatkan file yang hilang, atau meningkatkan kapasitas penyimpanan hard disk. Pendek kata, Anda bisa merawat hard disk Anda dengan cara-cara tertentu. Tujuannya jelas: supaya Anda bisa menyimpan lebih banyak data, sekaligus menjaga agar hard disk tetap prima.

  1. Menghapus data seluruhnya, sampai bersih
Data yang disimpan di dalam Hard Disk (ilustrasi)
Data yang disimpan di dalam Hard Disk (ilustrasi)

Ada banyak pilihan tool yang menawarkan pembersihan data yang sudah dihapus. Beberapa di antara mereka akan membantu Anda menghapus data sampai tuntas, sampai jejaknya tidak tersisa di piringan hard disk. Esensinya adalah bagiamana menghapus data sampai bersih tak bersisa. Bagi para pengguna Windows, beberapa macam aplikasi seperti Eraser, DeleteOnClick, dan Wipe File bisa menjadi pilihan. Bila membutuhkan aplikasi open source, Darik’s Boot and Nuke tersedia untuk dijamah. Aplikasi tersebut membantu Anda, terutama pada kondisi dimana Anda ingin memanfaatkan sebuah hard disk rekondisi.

2. Membuat hard disk Image

Melakukan back up data akan memastikan keamanan data yang disimpan, namun membuat sebuah image sistem yang lengkap pada sebuah penyimpanan eksternal memastikan bahwa segala hal mulai dari data, setting, aplikasi, wallpaper, dan seterusnya, bakal kembali ke dalam sistem bila suatu yang buruk terjadi. Pengguna Windows bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti DriveImage untuk membuat hard disk image.

3. Mengubah hard disk menjadi penyimpanan eksternal

hard disk eksternal buatan
mengubah hard disk internal (ilustrasi)

Bila Anda memiliki sebuah PC tua dengan hard disk berkapasitas besar, dan pada saat bersamaan Anda ingin memperbarui PC, maka Anda bisa menyimpan lebih banyak uang dengan mengubah hard disk tersebut menjadi penyimpanan eksternal. Mengubah hard disk internal menjadi eksternal akan menyediakan ruang penyimpanan untuk mencadangkan data yang dimiliki.

4. Menyelamatkan sistem dan data yang disimpan

Ketika hal-hal buruk terjadi pada hard disk Anda, seperti data yang hilang, tidak mampu booting, serta situasi lainnya yang membikin panik, Anda membutuhkan sejumlah aplikasi untuk merestorasi data-data yang hilang. Salah satu aplikasi terbaik yang bisa ditemukan dengan mudah adalah Recuva, yang bisa membantu menyimpan data dari hard disk, iPods, SD Card, dan lebih banyak lagi.

5. Install Drive secara mandiri

Kebanyakan orang akan ditagih biaya oleh penjual PC/laptop, terutama ketika mereka meminta penjual untuk menginstall sebuah hard disk baru. Meski pilihan ini tidaklah salah, namun Anda bisa memilih untuk menginstall hard disk baru secara mandiri. Ada banyak tips di internet yang bakal membantu Anda melakukan hal tersebut. Pelajarilah semua dengan seksama, setiap langkah demi langkah.

6. Melakukan back up dari luar

Data-data di dalam laptop/komputer Anda merupakan kumpulan entitas yang sangat penting. Karena itu jangan sampai hilang dan jangan lupa melakukan back up data. Sekarang ini Anda bisa menyimpan lebih banyak ruang di dalam hard disk Anda dengan cara memanfaatkan layanan penyimpanan online seperti Dropbox. Meski yang terakhir ini bukanlah pilihan terbaik, masih ada pilihan lain seperti Time Machine yang menyediakan platform penyimpanan online untuk pengguna hard disk eksternal. Mozy dan Carbonite juga bisa menjadi pilihan solusi yang cukup bagus.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply