LG Ultrafine 5K Display

28 Oktober lalu Apple merilis MacBook Pro terbaru, yang juga dibarengi dengan dirilisnya sebuah layar 5K besutan LG. Ini sekaligus menandai sebuah kerjasama antara LG dan Apple, dimana konon katanya layar terbaru tersebut hanya dipersembahkan khusus untuk produk Apple.

Layar 5K besutan LG itu diumumkan kehadirannya bersamaan dengan MacBook Pro. Phil Schiller, orang yang menjadi Senior Vice President untuk Apple menunjukkan bagaimana layar tersebut bekerja bersama MacBook Pro terbaru. Ini agaknya berada di luar kebiasaan, sebab Apple biasanya tidak mengiklankan produk dari perusahaan lain. Namun pada ajang khusus milik Apple, Schiller menjelaskan mengapa perusahaannya melakukan itu. Schiller mengatakan bahwa layar 5K dari LG didesain sedemikian rupa supaya menjadi teman setia bagi MacBook Pro terbaru. Apple juga memberi gambaran tentang bagaimana produk layar 4K dan 5K lainnya mendukung kinerja MacBook Pro 2016.

Nama resmi untuk produk layar 5K itu adalah 27-inch LG UltraFine 5K. Dan sebagaimana yang bisa kita kenali dari namanya, produk tersebut hadir dengan sebuah layar dengan resolusi 2880×5120 piksel. Panilnya hadir dari tipe IPS dan kabarnya bakal dijual oleh LG di rentang harga $1,300.

Selain resolusi layarnya yang sangat impresif, LG UltraFine 5K hadir dengan satu buah port Thunderbolt 3 dan 3 buah port USB Type-C. Sampai di sini Anda tentu bisa mengenali bagaimana caranya layar tersebut bakal menjadi teman setia MacBook Pro. Lg UltraFine 5K juga hadir dengan kabel Thunderbolt 3, yang tidak hanya membantu menampilkan konten dari MacBook Pro ke atas layar, melainkan juga membantu mengisi daya ke dalam laptop secara bersamaan. Ini dimungkinkan berkat bantuan daya sebesar 85 watt. Layar tersebut hadir dengan microphone, kamera, dan speaker stereo yang bakal menambahkan opsi utilitas ekstra kepada pengguna.

Bila harga sebesar $1,300 dirasa terlalu mahal, maka orang bisa memilih opsi lain yang lebih terjangkau, yakni LG UltraFine 4k Display, yang dihargai sebesar $700. Sampai kabar ini diturunkan, kedua layar tersebut baru bisa dibeli di situs Apple.

5k-display-plus-macbook-proApple juga mengungkap dukungan untuk lebih dari layar dalam sekali penggunaan. Jadi pada dasarnya MacBook Pro bisa mendukung penggunaan lebih dari satu layar pada saat bersamaan. Ini dimungkinkan sebab kali ini laptop tersebut hadir dengan port Thunderbolt 3 dengan fitur tampilan DisplayPort. Fitur yang ini memungkinkan MacBook Pro 15-inch untuk mendukung penggunaan 3mpat 4K layar eksternal pada saat bersamaan. Untuk penggunaan layar 5K, laptop tersebut mampu mendukung sampai dua layar.

Karena keterbatasan kemampuan hardware pada MacBook Pro 13-inch, ia hanya mampu mendukung penggunaan dua buah layar 4K serta sebuah layar 5K.

MacBook Pro newSeperti sudah kita ketahui, MacBook Pro versi 13-inch hadir dengan sebuah pengolah grafis Intel Iris. Sementara itu versi 15-inch dari model yang sama hadir dengan pengolah grafis seri Radeon Pro 400. Tentu saja salah satu fitur paling krusial ketika sebuah laptop dikoneksikan dengan multi-layar adalah kemampuan perangkat untuk mendukung resolusi native yang berasal dari dalam perangkatnya sendiri. Di titik ini, Apple menyediakan dukungan terus-menerus ketika perangkat terbaru mereka digunakan bersamaan dengan layar eksternal.

Sayangnya belum ada kabar lebih lanjut yang bisa menerangkan kepada pengguna: apakah layar 5K dan 4K terbaru dari LG juga mendukung perangkat laptop lain di luar merk Apple? Tentu menarik untuk ditunggu lebih lanjut.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply