pembaharuan Windows 10

Beberapa hari lalu Microsoft mengumumkan beberapa fitur baru yang akan hadir di Windows 10 pada awal tahun 2017. Fitur-fitur tersebut akan hadir lewat rilisan kumulatif yang disebut sebagai Windows 10 Creators Update. Konon kabarnya pembaharuan tersebut akan menyodorkan tiga hal utama, yakni: peningkatan sistem streaming dan fitur kooperatif untuk gamers, 3D Framework yang didesain untuk HoloLens (Microsoft) dan perangkat VR lainnya, serta integrasi kontak untuk peningkatan kualitas sharing.

Untuk para gamers, pembaharuan tersebut nantinya akan menyajikan fitur one-click streaming yang pada dasarnya menggunakan layanan Beam. Pembaharuan Windows 10 nantinya juga akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mempersiapkan turnamen multi-player dan juga kemudahan berkomunkasi dengan kompetitor serta teman, terutama ketika memainkan game lewat Xbox dan PC. Tentu saja ini adalah tanda dimana Microsoft sekarang telah mengantisipasi kepopuleran game streaming, dan mereka tampak sedang berusaha mempererat hubungan dengan kepopuleran tersebut.

Tentu saja ada banyak fitur lain dalam Windows 10 Creators Update yang juga patut diperhatikan dengan seksama. Pemmzchannel mendeteksi setidaknya ada tujuh fitur dalam pembaharuan Windows yang mesti diperhatikan lebih jauh lagi. Berikut ketujuh fitur yang patut ditunggu:

  1. Groove Music Maker

groove-music-makerKreativitas menjadi sesuatu yang mutlak ada di dalam pembaharuan Windows tahun depan. Karena itulah Microsoft menyediakan sebuah alat kreasi untuk musisi, yang disebut Groove Music Maker. Belum diketahui secara persis apa saja fungsi yang ditawarkan alat satu ini, namun tampaknya ia dibuat guna menyodorkan beberapa fungsi dasar untuk meng-edit file suara. Aplikasi ini diberikan secara cuma-cuma.

2. Tab Browser untuk Edge

Sebuah Tab Browser baru pada Microsoft Edge hadir guna memudahkan pengguna untuk berpindah dari satu tab yang terbuka ke tab lain. Tab Browser yang baru memungkinkan pengguna untuk melihat sebuah preview kecil. Selain itu, sebuah fitur terbaru pada Edge yang disebut Session Manager memberikan lebih banyak kontrol ke pengguna terutama ketika mengembalikan tab lama yang sudah ditutup.

3. Quick Sharing dengan Kontak

Integrasi yang semakin dekat dengan kontak tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menambahkan daftar kontak ke taskbar, melainkan juga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan quick mails ke kontak yang diinginkan. Pengguna bahkan bisa melakukan chat dengan kontak tertentu, melalui Skype, hanya dengan memanfaatkan kotak dialog yang terdapat pada layar.

4. Action Center

action centerAction Center mendapatkan pembaharuan dari segi desain. Setting Brightness dan Audio nantinya akan dirubah, dimana pengguna akan dengan mudah mengatur keduanya lewat sebuah slider.

5.  Dukungan untuk Microsoft Word Pen

Pembaharuan Windows nantinya juga akan memperkenalkan dukungan untuk pen. Dalam sebuah video demo, diperlihatkan kepada pengguna bahwa mereka bisa menggunakan sebuah pen untuk mencoret sebuah kalimat, dimana aksi semacam ini pada gilirannya akan menghapus kalimat tersebut.

6. Koleksi maps

Maps juga mendapatkan pembaharuan, dimana pengguna akan dengan mudah menemukan koleksi fitur di dalamnya. Hal ini kemudian akan membantu pengguna untuk membuat daftar peta terpilih. Mulanya fitur ini dianggap sebagai versi terbaru dari fitur Favorites. Hanya saja, perbedaan yang jelas adalah ia ketambahan kemampuan untuk mensortir koleksi yang ada.

7. Fitur lain

Sebuah tab personalisasi anyar juga diperkenalkan lewat Windows Store, yang bertujuan untuk menjual ragam tema untuk Windows 10. Layout Windows Defender juga berubah, menyesuaikan dengan seluruh tema pada Windows 10.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply