Note 2 from Xiaomi

Para penggemar Xiaomi mungkin mengenali satu fenomena kekinian, dimana perusahaan asal China itu kini gencar merilis satu demi satu flagship, secara berurutan. Dimulai dari Mi 5s dan 5s Plus, Xiaomi kemudian merilis Mi Mix. Dan beberapa hari lalu Xiaomi mengumumkan perilisan Mi Note 2 di sebuah event ‘Curved to Impress’ di Beijing. Perangkat Mi Note 2 digadang-gadang sebagai smartphone flagship terbaru.

Apa yang perlu digaris-bawahi dari kehadiran Mi Note 2 bisa dilihat pada bagian depan dan belakang perangkat, dimana keduanya menggunakan 3D Curved Glass. Ini menjadikannya sama seperti yang digunakan pada Samsung Galaxy S7 Edge, meski tidak terlalu eksrim. Xiaomi sendiri menyebutnya sebagai ponsel pintar dengan desain two-sided curved.

Setidaknya ada tiga varian Mi Note 2 yang bakal tersedia di pasaran:

  • 4GB RAM + 64GB penyimpanan internal
  • 6GB RAM + 128GB penyimpanan internal
  • 6GB RAM + 128GB penyimpanan internal (versi global)
bagian belakang Mi Note 2
Ilustrasi Xiaomi Mi Note 2

Versi global 6GB RAM + 128GB penyimpanan internal mendukung frekuensi LTE Global, yang pada dasarnya mendukung sampai sejumlah 27 frekuensi LTE global. Varian warna yang ditawarkan termasuk perak dan piano black, serta bodi yang terbuat dari alumunium. Pada Mi Note 2, Xiaomi juga menawarkan sebuah SIM virtual, yang mendukung MVNO. Mi Note 2 akan mulai dijual pada 1 November. Untuk sekarang, ponsel tersebut masih berada dalam tahap pre-order di negara asalnya.

Mi Note 2 hadir dengan sistem operasi termutakhir, yakni Android 6.0 Marshmallow. Sistem operasi tersebut berjalan di atas layar OLED Full HD berukuran 5.7-inch, dengan resolusi 1080×1920 piksel. Layar yang digunakan adalah tipe fleksibel, dengan rasio perbandingan antara layar dengan bodi sebesar 77.2 persen. Untuk jeroannya, Mi Note diperkuat dengan prosessor quad-core Snapdragon 821 2.35GHz (dari varian Performance Edition SoC). Dibekali dengan baterai berkapasitas 4070mAh serta Quick Charge 3.0, Mi Note 2 rasanya sudah cukup untuk menemani pengguna selama seharian penuh. Terdapat sebuah sensor pemindai sidik jari pada tombol Home di bagian depan.

Xiaomi tidak membenamkan slot MicroSD ke dalam bodi Mi Note 2. Slot dual SIM (Nano+Nano) berada di bagian samping kiri. Di bagian belakang Mi Note 2, Xiaomi membenamkan kamera resolusi 22.56-megapixel, dengan sensor dari Sony IMX318 Exmore RS. Sensor kamera yang satu ini hadir dengan bukaan sebesar f/2.0, PDAF, dan fitur EIS dengan 3-axis gyriscope untuk stabilitasi video 4K. Di bagian depan, Xiaomi membenamkan sensor Sony IMX268 Exmore RS berukuran 8MP, dengan fitur bukaan sebesar f/2.0, serta Auto Beautify 3.0 dan sebuah fitur group selfie.

Konektivitas LTE nya mampu mencapai kecepatan 6000Mbps. Selain itu Mi Note 2 juga menjalankan konektivitas lain seperti NFC dengan dukungan untuk Mi Pay, USB Type-C, Wi-Fi 802.11ac, dan GPS/-AGPS. Prosessor audio Aqstic juga ditanamkan ke dalamnya, yang mampu menghasilkan kualitas suara sampai 192kHz/24-bit Hi-Fi.

Sekilas pandang, setidaknya dari serangkaian foto yang tampil, bentuk dan ukuran Xiaomi Mi Note 2 tampak sepadan dengan desain yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S7 Edge. Kurva lengkung di sisi kanan-kiri membuatnya terlihat sangat identik dengan produk dari Samsung itu. Namun kali ini Xiaomi memilih pendekatan yang berbeda, dimana tidak ada software atau aplikasi yang difungsikan khusus untuk layar kurvanya itu.

Selain Mi Note 2, Xiaomi juga mengumumkan kehadiran Mi Mix, yang tampaknya diposisikan untuk berada dalam jajaran phablet. Yang terakhir ini memiliki dimensi serta kedalaman spesifikasi yang berbeda dengan Mi Note 2, dengan layar 1080×2040 piksel berukuran 6.4-inch.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply