fitur Universal Clipboard

Di ajang WWDC 2016 yang diadakan pada bulan September lalu, Apple memperkenalkan sebuah fitur Universal Clipboard. Dengan fitur ini pengguna perangkat Apple mendapatkan kemampuan untuk melakukan kopi, utama teks dan gambar, yang ada pada sebuah perangkat Apple dan kemudian memindahkannya ke perangkat lain yang sama.

Konon katanya fitur tersebut bekerja dengan baik pada platform perangkat MacOS dan iOS. Bila kamu memiliki lebih dari satu perangkat Apple, maka fitur seperti Universal Clipboard akan sangat berguna terutama bila Anda terus berganti dari satu perangkat Apple ke perangkat lainnya. Tertarik untuk memanfaatkannya? Inilah daftar perangkat Apple yang mendukung Universal Clipboard:

  • Mac Pro (keluaran akhir 2013)
  • iMac (2012 atau lebih baru)
  • Mac mini (2012 atau lebih baru)
  • MacBook Air (2012 atau lebih baru)
  • MacBook Pro (2012 atau lebih baru)
  • MacBook (awal 2015 atau lebih baru)
  • iPod touch (generasi ke-6 atau lebih baru)
  • iPad mini 2 atau lebih baru
  • iPad Air atau lebih baru
  • iPad generasi ke-4
  • iPad Pro
  • iPhone 5 atau lebih baru

Bila memiliki salah satu atau lebih dari dua perangkat yang disebut di atas, perlu kamu ketahui bahwa fitur Universal Clipboard hanya bekerja pada iOS 10 dan macOS Sierra. Jadi kamu perlu memastikan bahwa perangkat yang dimiliki sudah mendapatkan pembaharuan sistem operasi.

copy dan paste
Ilustrasi tampilan Universal Clipboard

Apabila sudah melakukan pembaharuan, kamu tinggal mengoperasikan Universal Clipboard sesuai kebutuhan. Dan inilah cara untuk mengoperasikan fitur tersebut pada Mac, iPad, maupun iPhone yang Anda miliki:

  1. Masuk ke dalam satu akun iCloud yang kamu gunakan untuk semua perangkat Apple yang dimiliki.
  2. Pada iOS, arahkan tujuan ke Setting >> iCloud guna memeriksa akun iCloud milikimu.
  3. Pada macOS, bukalah System Preferences >> iCloud dan periksa apakah ia sudah sesuai dengan yang kamu lihat di langkah kedua.
  4. Hidupkan fitur Bluetooth di semua perangkat Anda.
  5. Pada iOS, arahkan tujuan ke Settings >> Bluetooth untuk menghidupkannya.
  6. Pada macOS, bukalah System Preferences >> Bluetooth guna menghidupkan Bluetooth.
  7. Hidupkan fitur Wi-Fi pada semua perangkat yang kamu punya.
  8. Pada iOS, arahkan tujuan ke Settings >> Wi-Fi.
  9. Pada macOS, arahkan tujuan ke ikon Wi-Fi yang ada di bar bagian atas.

Dengan melakukan semua langkah di atas, fitur copy-paste universal siap untuk membantumu melakukan copy-paste file di antara perangkat Apple. Sekarang kamu bisa mengkopi apapun dari perangkat berbasis iOS, dan kemudian memindahkannya ke dalam Mac yang kamu miliki. Tidak ada tombol yang perlu dihidupkan supaya fitur ini bekerja. Fitur tersebut seharusnya bekerja dengan cara yang sederhana. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengkopi gambar dan teks di antara perangkat Mac dan iPhone. Meski demikian, format teks yang didukung tidak selalu sama, sebab hal ini tergantung pada bagaimana kamu menggunakan aplikasi yang ada.

Universal ClipboardPerlu dicamkan bahwa masing-masing perangkat berbasis macOS dan iOS tidak perlu berada di dalam jaringan Wi-Fi yang sama. Fitur Universal Clipboard akan bekerja dengan baik walaupun Wi-Fi dan Bluetooth pada masing-masing perangkat tidak perlu berada berdekatan. Keduanya hanya perlu dihidupkan. Apple memang tidak memberitahukan seberapa dekat kedua perangkat perlu berada.

Namun kami sudah mencoba mengaktifkan fitur tersebut dengan sebuah MacBook Air dan iPhone. Hasilnya, fitur seperti Universal Clipboard sanggup bekerja dengan sangat baik. Kami mengirimkan banyak file foto dan teks di antara kedua perangkat tersebut, dan tidak ada masalah besar. Fitur tersebut sangat membantu memindahkan file-file penting yang kami perlukan.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply