VGA Budget

Beberapa hari lalu terbetik sebuah kabar gembira bagi para gamer dengan budget terbatas: NVidia merilis 1050 Series yang konon katanya menyajikan performa bagus untuk mereka yang hanya memiliki budget terbatas.

Review GeForce GTX 1050 Ti – VGA Card Idaman Budget Builder?

Dengan menyebut budget terbatas, kebanyakan mata gamers bakal berbinar-binar. Artinya sekarang mereka punya lebih banyak kesempatan untuk menikmati suguhan terbaik dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi benarkah harga menjadi satu-satunya elemen yang mesti diperhatikan sebelum membeli VGA terbaru? Tidak juga.

Selain faktor ketersediaan budget, setidaknya ada empat hal yang mesti dipelajari sebelum membeli VGA Card:

Nomor Model VGA Card

vga-gamingNomor model merepresentasikan kombinasi antara GPU, clock rates, dan bandwidth yang tersedia pada memori. Format umum yang kerap digunakan produsen untuk merepresentasikan model VGA adalah merk + nomor model. Sebagai contoh: GeForce GTX 780 Ti atau ASUS Radeon RX 480.

Di atas permukaan, sebuah VGA yang mendapatkan overclock serta lebih banyak RAM mungkin terlihat impresif. Namun semua itu akan percuma ketika berhadapan dengan model terbaru yang lebih tinggi performanya. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk memilih VGA dengan performa paling baik, namun yang harganya masih bisa dijangkau dengan mudah. Meski memiliki budget tak terbatas, namun sebaiknya kamu tidak menghabiskan lebih dari 4,5 juta untuk sebuah VGA budget dengan performa yang lumayan bagus.

Selain itu pengetahuan dasar tentang performa VGA tertentu dan model VGA juga diperlukan. Luangkan waktu untuk melakukan riset kecil tentang tema tersebut.

Bandwidth Menjadi Penting

Kebanyakan orang selalu tertarik dengan VGA Card yang memiliki memori besar, namun sebetulnya bukan jumlah RAM yang harus diperhatikan. Kecuali kamu menjalankan monitor 4K, sebaiknya jangan terlalu memperhatikan besaran RAM pada sebuah VGA Card.

Bagi para gamers yang mementingkan budget, apa yang perlu diperhatikan kemudian adalah jumlah bandwidth. Yang terakhir ini sangat beragam, dan sangat tergantung pada harga VGA dan performanya. Namun yang harus diingat adalah poin sederhana: memori GDDR5 memberikan dua kali jumlah bandwidth DDR3 pada clock rate yang sama. Artinya, 1GB DDR5 jelas lebih layak dipilih dibandingkan 4GB DDR3.

Mengenali Platform yang Dipilih

vga-platformVGA adalah sebuah komponen vital di sebuah PC gaming, namun yang paling penting diperhatikan adalah keseluruhan platform yang dipilih. Bila kamu adalah seorang gamers dengan budget terbatas, biasanya kamu akan memilih jeroan yang tidak tinggi-tinggi amat spesifikasinya. Kamu akan puas dengan CPU kelas entry sampai menengah, seperti Intel Core i3, CPU dual-core, atau malah prosessor Celeron.

Bila demikian, maka membeli sebuah VGA Card kelas atas akan membuat segalanya terlihat percuma. Sebab hardware yang dipilih tidak akan mampu mengimbangi kinerja VGA. Simpan uangmu untuk sebuah VGA card kelas menengah. Bila ingin yang lebih baik, sebaiknya simpan uang Anda untuk melakukan pembaharuan hardware yang mampu bekerjasama dalam harmoni dengan VGA card yang dipilih.

Lalu, monitor juga memainkan peranan penting. Sebuah monitor dengan resolusi 1280×1024 tidak memerlukan VGA kelas berat, kecuali – sekali lagi – kamu menjalankan monitor dengan resolusi 1920×1080 atau lebih dari itu.

Soal Kompabilitas

Ada sebuah tragedi dimana seorang remaja membeli sebuah VGA card baru dan ketika dia membuka casing komputernya, ternyata apa yang dibelinya berukuran setengah inch lebih besar dibandingkan casingnya. Karena itu penting untuk mengukur seberapa besar casing yang dipakai sebagai membeli CGA Card baru.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kemampuan power supply. Seberapa banyak eight-pin maupun six-pin konektor PCI yang disediakan power supply. Berapa besar watt yang disediakan, dan seberapa besar ampere yang tersedia pada jalur daya 12 volt. Mengenali hal-hal tersebut penting, dan kamu perlu menyinkronkannya dengan tipe VGA Card yang ingin dibeli. Bila ternyata PC tidak mendukung spesifikasi VGA Card yang ingin dibeli, maka sebaiknya kamu memilih satu perangkat VGA yang sesuai. Atau pilihan lainnya … kamu bisa melakukan pembaharuan hardware.

 

 

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply