New Console from Nintendo

Beberapa bulan belakangan terbit rumor dan spekulasi mengenai konsol terbaru dari Nintendo, dimana pasar rumor memberikannya sebuah nama: Nintendo NX. Setelah beberapa bulan spekulasi dan rumor yang semakin kencang berhembus, konsol terbaru itu akan dijual dengan nama Nintendo Switch.

Sebuah trailer yang dirilis di Youtube sedikit menjelaskan akan jadi seperti apa konsol terbaru dari Nintendo itu. Ada banyak hal menarik yang bisa kita gali dari video trailer tersebut.

Nintendo Switch tidak hanya memberikan mode permainan multiplayer maupun single di dalam rumah, melainkan juga memungkinkan para gamers untuk memainkan judul game yang sama kapanpun, dimanapun, dan dengan siapapun yang mereka kehendaki. Pada prinsipnya, mobilitas adalah hal utama yang ditawarkan oleh Nintendo. Ini menjadi gaya permainan baru yang ditawarkan oleh Nintendo Switch.

Kembali ke trailer yang hendaknya kita simak dulu. Di dalamnya Nintendo menunjukkan beberapa potongan adegan dari beberapa game seperti NBA, Skyrim, Mario Kart, Breath of the Wild, Legend of Zelda, dan satu game yang dipercayai sebagai a new Mario. Bisa dibilang bahwa bocoran rumor sebelumnya yang mengatakan bahwa Nintendo Switch akan menjadi sebuah konsol game hybrid tampaknya menjadi kenyataan.

Video trailer di atas menunjukkan konsol abu-abu dan hitam dengan controller yang bisa dilepas dari konsolnya. Hanya saja belum jelas kapan Nintendo akan merilis produk terbarunya itu. Ujung dari trailer itu hanya mengatakan bahwa konsol tersebut akan dirilis pada bulan Maret 2017.

Begitu juga dengan harga Nintendo Switch, semuanya masih belum terungkap sampai berita ini diturunkan. Menurut Seeking Alpha, konsol yang sudah lama dikerjakan oleh Nintendo – NX – akan diumumkan minggu depan. Konon harganya akan membuat kecewa para kompetitornya. Seeking Alpha memprediksikan harga Nintendo Swicth yang tampaknya akan dijual di rentang $300 – $350, yang berarti ia akan berada dalam garis sejajar dengan beberapa kompetitor seperti Microsoft dan Sony.

nintendo-nx-switchMelalui sebuah pernyataan dari Satoru Shibata, Presiden Nintendo Eropa, para penggemar Nintendo sebaiknya bersiap-siap untuk mengimajinasikan kemungkinan untuk bebas memainkan konsol terbaru kapan pun, di mana pun, dan apapun yang mereka mau dari konsol terbaru itu. Katanya, Nintendo sudah berusaha keras untuk menciptakan sebuah pengalaman baru nan unik, yang bakal ditunjukannya lewat Switch.

Sebagai sebuah konsol hybrid, Nintendo Switch bisa digunakan di rumah, dicolokkan pada sebuah TV. Di sisi lain, ia juga bisa diperlakukan sebagai konsol portable seperti Game Boy dan DS. Versi portable Switch sangat mirip dengan controller Wii U game pad, lengkap dengan panil persegi panjang dengan dua stik analog, empat tombol muka, empat tombol arah, dan dua triggers di kedua sisinya. Lalu ada juga tombok + dan -, yang fungsinya menyerupai tombol + dan – pada Wii. Lebih jauh lagi, ada sebuah tombol “home” dan sebuah tombol kotak yang belum jelas fungsinya. Sebuah port 3.5mm disediakan, dan Anda bisa menggunakannya sebagai tempat untuk headphone.

Masih banyak yang harus dinanti perihal bentuk fisik dan bagaimana Nintendo Switch seharusnya dioperasikan. Namun apa yang ditawarkan oleh sebuah trailer di atas tentu saja memancing rasa ingin tahu. Namun Nintendo agaknya berusaha keras menawarkan kepada kita sebuah perangkat gaming yang mengedepankan filosofi fleksibilitas. Kamu bisa memainkannya di rumah, namun di saat bersamaan kamu bisa membawanya keluar rumah sembari berkumpul bersama teman di suatu tempat.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply