Andromeda OS

Raksasa mesin pencari Google tampaknya semakin serius dalammengembangkan OS milik sendiri untuk berbagai macam platform. Raksasa tersebut telah mengembangkan Fuchsia, Chromecast, Chrome OS, dan Android; dan tampaknya mereka belum puas. Baru-baru ini mereka dikabarkan akan mengembangkan satu OS lagi, yang diberi nama Andromeda. Menurut kabar yang beredar, OS terbaru ini diklaim sebagai gabungan cantik antara Android dan Chrome OS.

Konon katanya OS Andromeda juga bakal berbeda dengan Fuchsia yang pada dasarnya lebih ditujukan untuk perangkat loT milik Google. OS terbaru ini kemungkinan besar bakal disematkan baik ke dalam tablet maupun laptop. Kabar baik, karena kita sekarang punya alternatif OS lain untuk perangkat laptop!

Andromeda untul Pixel 3Meski disebut-sebut sebagai produk OS yang bakal meneruskan langkah Chrome OS, namun Andromeda bukanlah sistem operasi yang tergolong sangat baru. Perlu diketahui bahwa Chrome OS merupakan OS berbasis internet. Dulu Google membuatnya khusus untuk perangkat laptop, dimana semua jenis aplikasi yang ada di dalamnya berbasis situs web. Produk ini disebut sebagai Chromebook. Jadi pada intinya, seorang pengguna harus terhubung ke internet supaya bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang ada.

Memang belum ada informasi lebih lanjut lagi tentang OS Andromeda, sebab Google sendiri menutup rapat-rapat segala macam informasi yang terkait dengannya. Namun berdasarkan informasi yang beredar, Andromeda kemungkinan besar akan lebih baik dari Chrome OS. Karena dibuat berdasarkan platform Android juga, maka orang boleh berharap OS baru yang bisa digunakan pada kondisi offline.

OS Andromeda bakal Disematkan di Dalam Pixel 3

googles-andromedaSebuah gosip lain yang terkait dengan OS Andromeda beredar. Katanya Google sedang mempersiapkan sebuah laptop perdana yang berbasis OS tersebut. Perangkat laptop tersebut diberi kode Bison, dan konon bakal menyandang nama resmi Pixel 3.

Pixel 3 nantinya akan berbentuk laptop yang bisa berubah bentuk, alias convertibel. Ia bisa dioperasikan sebagai tablet dimana pengguna akan memperoleh stylus di dalamnya. Desain perangkat tersebut membuatnya mirip dengan Lenovo Yoga. Selain itu Pixel 3 juga konon akan menyediakan trackpad yang terbuat dari kaca, dan ini membuatnya mirip dengan MacBook. Trackpad ini bakal mengandalkan teknologi bernama haptic feedback. 

Pixel 3 bakal dirilis dengan kode nama “Bison”. Ia tidak akan dipasarkan sebagai Chromebook, namun berdiri sendiri sebagai saingan ketat Apple dan Microsoft. Ada dua kemungkinan yang muncul bila berbicara tentang OS Andromeda. Yang pertama adalah OS tersebut hadir dengan cara kerja yang mirip dengan Chrome OS; yang kedua adalah Andromeda akan berjalan layaknya OS yang independen, seperti Android.

Dengan layar sentuh 12.3-inch pada Pixel 3, yang diimbuhi dengan tebal perangkat yang sangat tipis, atau hanya 10mm. Bila ini benar, maka Google bakal menghadirkan salah satu laptop tertipis di dunia.

Ada dua model yang dipersiapkan oleh Google. Model pertama hadir dengan prosessor Intel m3 dan yang kedua dengan Core i5. Lebih jauh lagi, Pixel 3 juga hadir dengan opsi penyimpanan 128GB atau 32GB dan juga opsi RAM berkapasitas 16GB atau 8GB.

Perangkat Pixel 3 konon kabarnya bakal diperkenalkan oleh Google di acara perilisan produk Google yang berlangsung pada 4 Oktober mendatang. Di ajang tersebut Google bakal memperkenalkan dua smartphone Pixel, sebuah router WiFi, serta sebuah Chromecast.

Namun Anda yang mungkin sudah merasa antusias tidak perlu berharap banyak. Sebab Pixel 3 kabarnya baru akan dilempar ke pasaran pada kuartal 3 tahun 2017 mendatang.

Leave a Reply