Multimedia Laptop 14 inch Terbaik 2016

Segmen produk lite gaming & multimedia laptop 14 inch saat ini adalah yang paling diminati. Terutama, bagi banyak kalangan pelajar dan profesional yang baru masuk dunia kerja. Dengan banyak sekali pertimbangan, juga keraguan-raguan, belum lagi mosi tidak percaya dari lingkungan sekitar (teman / kerabat), diskusi seputar gaming dan multimedia laptop terbaik 7 juta-an ini bagai sumur tak berdasar.

Multimedia Laptop 14 inch Terbaik 2016

Baiklah, kali ini pemmzchannel akan ikut meramaikan pendapat tentang segmen produk ini. Tapi tolong di ingat, artikel ini diangkat tetap lebih berat pada penilaian obyektif. Dan jikalau ada poin-poin subyektif-nya, mutlak pendapat redaksi pemmzchannel.

ACER E5-475G – Best Performer

acer-aspire-e5-475g
“Gaming” & Multimedia Laptop 14 inch Terbaik 2016 – Acer-Aspire-E5-475G

Refresh dari seri E5-473G ini langsung menarik perhatian pemmzchannel yang sempat selalu under estimated. Paling membuat kita bernapsu untuk mencoba unit ini karena ia sudah membekal Geforce 940MX. Sebuah chip GPU kelas “low-end Gaming” yang serupa dengan yang digunakan Microsoft Surface Pro. Kelebihan dari Geforce 940MX pada Acer E5-475G adalah, ia sudah menggunakan jenis VRAM GDDR5.

Hal lain dari sisi spesifikasi yang membuat pemmzchannel merasa wajib me-review produk satu ini adalah, ia di gosipkan membekal slot M.2 SSD. Jadi, pengguna tidak perlu memakai solusi HDD docking untuk menggunakan konsep hybrid storage (SSD + HDD). Lalu, Acer E5-475G mungkin laptop 6 jutaan pertama yang menawarkan WiFi AC.

Sayangnya, sisi handling masih jadi catatan untuk produk satu ini. Dengan ketebalan mencapai 30 mm, dan belum menerapkan USB type C (apalagi Thenderbolt), opsi laptop ini sebagai pendukung mobilitas, masih jauh dari nilai potensial. Resolusi layar nya yang masih HD juga tidak memberikan banyak ruang bagi para profesional yang berniat menjadikannya workstation.

Cari Acer Aspire Terbaik? Cek di sini!

Asus K401UB – Best Handling

Asus K401UB Best handling multimedia laptop 14 inch
“Gaming” & Multimedia Laptop 14 inch Terbaik 2016 – Asus K401UB

Seri K satu ini jauh berbeda dari seri A atau X, walaupun memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Khusus seri UB, ia menawarkan generasi CPU yang lebih baru, skylake Intel core i5 6200U. Sayangnya, sisi GPU tak ikut di refresh seperti si Acer yang sudah menggunakan seri MX dengan VRAM GDR5. Dimensi yang slim dengan ketebalan hanya 20mm dan berat 1.65KG, menjadikan Asus K401UB rekan kerja yang cocok untuk anda bawa kerja secara mobile.

Meneruskan pendahuunya si LB, penggunaan material aluminum pada LCD cover dan upper-case, menambah kesan prestige pada laptop ini. Anda yang mungkin menjadikan konsep produk laptop si buah yang slim bermaterial logam dengan harga yang terjangkau, kami sarankan untuk menjatuhkan pilihan pada produk ini. Sales poin lain laptop ini ada pada tawaran resolusi layar 1080p. Memang, masih ada sedikit kekurangan pada kemampuan scaling pada tampilan. Tapi dengan harga yang sangat kompetitif, seharusnya anda bisa lebih “ikhlas” mengabaikan kekurangan tadi.

Di sisi konektifitas, Asus K401UB tidak mendapat upgrade apapun dibanding kakaknya si LB. USB 3.1 type C yang mulai marak, belum juga di terapkan pada seri ini. Untuk WiFi juga masih seri N plus bluetooth 4.1. Hal lain yang menjadikannya produk laptop 14 inch dengan handling terbaik  ada pada kapasitas battery yang besar sebab ia menggunakan space ODD yang memang tak perah hadir pada Asus K series. Juga slot Half Size mSATA yang siap anda gunakan sebagai solusi hybrid Storage.

Sudah siap pinang Laptop ini? Cek Our Special Price

HP Pavilion 14-AB127TX – Best Design & Audio System

hp-pavilion-14-ab127tx
“Gaming” & Multimedia Laptop 14 inch Terbaik 2016 – hp pavilion 14-ab127tx

Kamu pengemar HP? Slow brotha, kita juga infokan salah satu tipe laptop multimedia 14 inch dari HP yang patut kamu perhitungkan. Nama sebesar HP tentu punya nilai jual yang tidak sedikit, sekalipun jika dibandingkan dengan semua list produk pada artikel ini, ia yang paling mahal. Paling utama ada pada desain dan build quality. HP memang tak pernah main-main untuk menurunkan standar kualitas mereka pada poin ini.

Hadir dengan warna khas profesional yakni natural silver metalik, HP Pavilion 14-AB127TX meneruskan konsep desain yang elegan namun tampak kokoh. Campuran material aluminum dan plastik kualitas tinggi, menjamin durabilitas produk ini di atas rata-rata produk dalam artikel ini. Namun sayangnya, penempatan exhaust masih di sisi kanan yang cenderung mengancam kenyaman memegang mouse.

HP Pavilion 14 juga sudah pre-installed sistem operasi dari Microsoft terbaru yakni Windows 10. Ini salah satu penyebab ia dibanderol cukup tinggi. Juga penggunaan sound system yang disupport Bang & Olufsen, melengkapi laptop ini sebagai laptop multimedia dengan tata suara built-in terbaik.

Pesan HP Pavilion Kamu tanpa keluar rumah, di sini!

Dell Inspiron 14R 5459 – Best Build Qality

dell-inspiron-14r-5459
“Gaming” & Multimedia Laptop 14 inch Terbaik 2016 – dell inspiron 14r-5459

Pabrikan Amerika ini juga tak mau ketinggalan. Melihat pasar yang sangat gemuk, mereka pun mengirim Dell Inspiron 14R series tepatnya 14R 5459 sebagai wakil mereka merebut kue gurih “gaming” dan multimedia laptop 14 inch. Seri ini mungkin tidak bisa terlalu banyak “bicara” melawan kompetitornya.  Tapi jika anda mencari sebuah laptop multimedia 14 inch dengan material barebone yang paling tahan banting, pilihannya hanya Inspiron 14R 5459 ini. Paduan metal pada LCD cover dan poly carbonate kualitas tinggi, menjelaskan dengan sendirinya tentang standar produk-produk asal negeri paman Sam ini.

Tak ada yang menonjol untuk spesifikasi bawaan Dell Inspiron 14 5459 ini, kecuali wifi yang sudah menggunakan seri 802.11 ac. Untuk CPU, ia sudah dibekali intel core i generasi ke 6 skylake starting dari core i5 6200U. Harganya yang agak lebih mahal disebabkan oleh bundling OS windows 10 home 64-bit original secara default. Kemampuan batterynya juga cukup baik, walau belum setahan Asus K401UB.

Dari Inspiron sampai Alienware, di sini pusatnya

LENOVO IDEAPAD 500-14ACZ – Best Value

Multimedia Laptop 14 inch Terbaik 2016 - lenovo ideapad 500
Multimedia Laptop 14 inch Terbaik 2016 – Best Value – lenovo ideapad 500

Laptop 14-nch yang satu ini punya kelebihan pada panel display yang serupa dengan Asus K401UB. Hanya saja dia dipersenjatai oleh SoC dari AMD yakni AMD FX8800 (Carrizo). Penggunaan SoC ini salah satu sebab mengapa Lenovo Ideapad 500-14ACZ punya nilai jual yang sangat kompetitif di banding yang lain. Yang mungkin perlu dipertimbangkan mungkin versi dari SoC APU yang dipakai bukanlah seri terbaru. Tapi patut diingat, FX8800 merupakan SoC paling tinggi di jajaran processor APU AMD generasi ke enam (6). FYI, saat ini sudah bereda beberapa laptop yang membekal SoC APU AMD generasi ke tujuh (7) seperti Acer E5-55XG series contohnya.

Terlepas dari spesifikasi, Lenovo Ideapad 500-14ACZ menawarkan kenyaman keyboard yang sama dengan saudara-saudaranya. Tata suaranya pun cukup baik untuk ukuran laptop 14-inch karena sudah disupport oleh speaker buatan JBL dan audio enhancement dari Dolby Audio. Serupa dengan Acer E5-475G, Lenovo Ideapad 500 series juga sudah membekal wifi ac untuk kecepatan koneksi wireless di jaringan yang mendukung. Untuk mendukung performa maksimal dari dedicated graphic AMD Radeon, Lenovo menawarkan 2 slot DDR3L yang bisa diupgrade hingga dual channel 16GB pc 2133MHz.

Lenovo Baru dengan performa maksimal? Cuma di sini!

Pastinya kategori multimedia laptop 14 inch ini di incar oleh banyak kalangan yang membutuhkan performa yang cukup mumpuni dan juga mobilitas. Terkait penggunaan processor jenis Ultra Low Voltage yang seringkali menjadi biang performance throthling, sebaiknya anda consider untuk mengganti jenis stoarge anda dengan SSD. Tidak 100% menyelesaikan masalah. Tapi ini sangat mujarab untuk mempercepat loading aplikasi serta perputaran cache dalam 3 komponen utama, CPU, RAM dan GPU.

So, buat kamu yang sedang mencari “gaming” dan multimedia laptop 14 inch, semoga artikel ini membantu. Dan seperti biasa, untuk yang punya saran atau masukan, bisa tulis di kolom komentar. Jika kalian anggap ada kontestan lain selain 5 laptop di atas, kami dengan senang hati akan menambahkan dalam daftar di atas.

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply