iOS kini telah mencapai versi 10

iOS 10 baru saja dirilis ke publik pada 13 September silam. Sayangnya ada sejumlah laporan yang mengindikasikan munculnya sejumlah permasalahan yang mengganggu kinerja iPad dan iPhone setelah pengguna memperbarui sistem operasinya.

Bila Anda adalah pengguna iPad maupun iPhone dan menemukan sejumlah permasalahan setelah mempebarui OS, jangan khawatir dan bersikap panik. Ada banyak cara untuk mengatasi permasalahan pada iOS 10. Beberapa jenis permasalahan yang muncul memang perlu ditangani segera, dan beberapa di antaranya bisa ditangani dengan mudah.

ios-10Dimulai dari daya hidup baterai yang rendah, konektivitas Bluetooth yang jelek, sampai iPad dan iPhone yang membeku (baca: tidak bisa dioperasikan) setelah pembaharuan, kami di sini ingin membantu pengguna iPad maupun iPhone untuk mengatasi beberapa permasalahan yang ada.

  1. Isu pada Wi-Fi dan Bluetooth

Masalah pada Wi-Fi dan Bluetooth sudah menjadi langganan utama Apple, dan tampaknya hal yang sama terus terjadi pada iOS 10. Tunggu saja, maka akan ada banyak komplain seputar fungsi Wi-Fi dan Bluetooth pada iOS 10 yang sering terganggu. Hanya saja akan terasa mudah bagi Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Apa yang kami lakukan untuk mengatasi masalah tersebut cukup sederhana. Kami hanya mengambil perangkat yang ada kemudian mengarahkan akses kepada Settings > General > Reset > Reset Network Settings. Dengan memilik opsi Reset Network Settings, konektivitas wireless di perangkat Anda akan kembali ke settingan awal. Jangan khawatir, data yang Anda simpan akan tetap utuh. Cara ini biasanya akan menyelesaikan masalah terkait dengan Wi-Fi dan Bluetooth.

2.   Kehilangan jaringan seluler dan tidak bisa terkoneksikan ulang

Sebagian pengguna iOS 10 mengalami masalah dimana iPhone kehilangan sinyal seluler, dan kebanyakan dari mereka tidak bisa mendapatkan sinyal kembali walaupun ponsel telah dipindahkan ke area dimana sinyal ponsel melimpah. Restart ulang iPhone adalah solusi yang bagus, meski sebetulnya ini hanyalah solusi sementara. Beberapa vendor seluler menyarankan pengguna untuk menginstall ulang iOS 10 dengan menghubungkannya dengan Mac atau PC, menggunakan iTUnes.

Bila mengalami masalah serupa, Anda perlu menurunkan iOS 10 ke versi awal, untuk kemudian kembali menginstall ulang iOS 10 dengan cara seperti disebut di atas.

3. Apps yang tidak bisa dihapus

Ini menjadi masalah biasa yang juga dihadapi pengguna iOS 10 lainnya. Ada banyak laporan masuk yang melaporkan masalah dimana pengguna tidak bisa menghapus aplikasi. Ketika berusaha melakukan hal tersebut, hanya ada pesan yang mengatakan “waiting”, dan ikon X yang biasanya muncul malah tidak ada sama sekali.

Satu-satunya solusi adalah melakukan hard reset pada perangkat iOS 10 milik Anda. Lakukan ini dengan cara menekan sambil menahan tombol power dan home pada saat bersamaan, selama sepuluh detik sampai logo Apple muncul.

Bila cara itu tidak berhasil, pastikan bahwa Anda tidak menginstall aplikasi apapun di background ketika Anda berusaha menghapus aplikasi lain. Lakukan ini dengan cara membuka App Store, kemudian tap pada bagian Updates > Purchased. Bila ada aplikasi di bagian bakcground, maka ubahlah mode ponsel ke Airplane mode, kemudian tap pada bagian aplikasi untuk menghentikan mereka. Kemudian matikan airplane mode dan unduh aplikasi satu persatu.

Anda mungkin juga perlu me-reset semua settingan awal. Bukalah “Settings”, kemudian pilih ‘General’. Arahkan menu ke bawah guna mencari ‘Reset’ dan kemudian ‘Reset All Settings’.

4. Baterai yang Cepat Habis

ikon-baterai-iphonePembaharuan iOS 10.1 mungkin akan mengatasi problem ini, namun Anda bisa melakukan beberapa hal sampai muncul pembaharuan teranyar.

Matikan aplikasi yang berjalan di background dengan cara mengakses menu Settings . General > Background App Refresh. Daftar aplikasi akan terbuka dan Anda tidak akan membutuhkan semuanya. Sebagai contoh, Anda bisa mematikan Fitness Tracking melalui menu Settings > Privacy > Motion & Fitness. Selain itu matikan juga Waze, Tripadvisor, Microsoft Health and Health yang sebetulnya tidak terlalu berguna. Gunakan Wi-Fi secara bijak, dan hidupkan koneksi Wi-Fi ketika beada di rumah saja. Beberapa aplikasi lain seperti Twitter dan aplikasi streaming juga memakan banyak sumber daya baterai. Matikan keduanya dengan cara mengakses Settings > Battery.

 

 

 

 

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply