galaxy folder 2

Sebuah flip phone mungkin kurang menarik di zaman sekarang, akan tetapi tidak bagi Samsung. Vendor asal Korea Selatan itu telah mengumumkan kehadiran varian baru dari line-up ponsel Galaxy-nya, yakni Galaxy Folder 2. Yang menarik, ini adalah flip phone generasi kedua setelah Folder dirilis tahun lalu.

Galaxy Folder 2 diberikan kehormatan oleh Samsung untuk tampil di situs resmi mereka. Flip phone tersebut menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Ponsep tersebut hanya nongol di situs Samsung China, negara yang tampaknya bakal menjadi pasar pertama penjualan ponsel tersebut.

Galaxy Folder 2 adalah sksesor Galaxy Folder generasi pertama yang dirilis tahun lalu. Ketersediaan dan harga resminya belum diketahui, meski Samsung telah merilis perangkat tersebut di situs mereka. Dari segi desain, Galaxy Folder 2 membawa rupa yang mirip dengan pendahulunya. Sejumlah perubahan kecil terlihat di bagian keypad dan opsi warna dimana pengguna kini bisa memilih warna perak-metalic. Dilihat secara keseluruhan, flip phone Android besutan Samsung itu hadir dengan balutan bodi logam, sebuah keypad, serta kamera belakang berkekuatan 8-megapixel lengkap dengan LED flash.

Dilihat dari segi spesifikasi, Samsung Galaxy Folder 2 membenamkan layar WVGA 3.8-inch resolusi 480×800 piksel. Di bagian jeroannya tertanam prosessor quad-core Snapdragon 425 SoC dengan kecepatan 1.4 GHz. RAM sebesar 2GB ditanamkan, kendati mungkin kurang mencukupi kebutuhan pengguna ponsel zaman sekarang. Kapasitas penyimpanan internal sebesar 16GB sudah sangat mencukupi untuk menyimpan berbagai macam data dan file. Kapasitas sebesar itu masih ditambah dengan slot microSD yang sanggup menampung kartu penyimpanan sampai sebesar 128GB.

Galaxy Folder 2 juga membenamkan kamera belakang berkekuatan 8-MP yang dilengkapi dengan LED Flash. Bukaan sebesar f/1.9 memungkinkan pengguna untuk mengambil foto terbaik dalam kondisi kurang cahaya. Baterainya berkapasitas 1950mAh yang sanggup bertahan sampai dengan 318 jam sebelum diisi kembali. Dimensinya cukup ramah di kantong, yakni sebesar 122×60.2×15.4mm dengan berat 160 gram. Opsi konektivitas meliputi Bluetooth v4.2, Wi-Fi 802.11 b/g/n, GPS, serta 4G LTE. Meski tergolong lumayan untuk sebuah flip phone, belum ada kabar lebih lanjut mengenai ketersediaan Galaxy Folder 2 di pasar internasional.

Mengapa Beberapa Orang Masih Tertarik Flip Phone?

Kedigdayaan smartphone dengan sistem operasi Android tentu tidak bisa diragukan lagi. Kebanyakan desain dan bentuk smartphone sekarang ini menjadi sangat standar. Bentuk persegi panjang dengan material logam maupun plastik menjadi pakem desain smartphone yang sangat populer. Lalu mengapa vendor seperti Samsung ngeyel untuk kembali ke bentuk klasik seperti Flip Phone? Jawabannya sederhana, karena flip phone masih memiliki basis penggemar yang cukup besar.

Harga menjadi alasan pertama yang menjawab mengapa flip phone masih digemari oleh beberapa orang. Sebuah flip phone yang ditenagai oleh sistem operasi khas smartphone mungkin bisa berharga jauh lebih murah dibandingkan smartphone dengan desain khas ponsel pintar. Alasan berikutnya lebih berkaitan dengan fungsionalitas flip phone yang hadir dalam dimensi lebih kecil. Dengan kata lain, tipe ponsel semacam itu terbilang enak digenggam, kecil, dan ringan. Beberapa jenis flip phone bahkan hadir dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan smartphone pada umumnya.

Alasan yang terakhir adalah kepemilikan dua layar pada flip phone. Layar di bagian luar menyajikan ID caller, jam, serta pesan yang masuk ke ponsel. Bukalah layar dan pengguna akan menemukan layar bagian dalam yang menyediakan lebih banyak fungsi, mulai dari menu smartphone, daftar kontak, sistem perpesanan, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply