Intel Skull Canyon NUC

Intel dalam beberapa waktu belakangan sudah terkenal dengan Next Unit of Computing atau yang familiar disebut sebagai NUC. Intel NUC adalah berbagai lini produk mini PC yang hampir semuanya diperuntukan untuk produktifitas, edukasi, dan konsumsi media ringan. Namun kini Intel melakukan langkah berani dengan meluncurkan amunisi terbarunya dalam lini NUC dengan Intel NUC6i7KYK yang lebih menargetkan gamer PC. NUC terbaru dari Intel ini memiliki tampak luar terlihat berbeda daripada Intel NUC  yang lain nya dengan desain slim yang berwarna hitam. Dan pada bagian atas terdapat grafik tengkorak yang menunjukan nama akrab nya, Intel Skull Canyon NUC.

Perbedaan tidak hanya sampai pada bagian luar saja. Pada bagian hardware Intel Skull Canyon NUC memuat Intel Core i7 yang dipadukan dengan intergrated graphics tercepat, Intel Iris Pro. Spesifikasi kasar tersebut membuka limitasi dari Intel NUC dari pemakaian ringan menjadi PC yang cukup powerful untuk para content creator dan juga gamer PC. To be fair, Intel telah mengeluarkan NUC dengan spesifikasi yang cukup mirip. Namun Intel Skull Canyon NUC tidak hanya mengalahkan, namun hingga menghancurkan seluruh aspek dari flagship Intel NUC terdahulu.

Gallery

This slideshow requires JavaScript.

Spesification

Lets be real, dengan spesifikasi tersebut Intel Skull Canyon NUC tidak akan memiliki harga yang murah. Dalam konfigurasi barebone (Tanpa RAM dan Storage), Intel Skull Canyon NUC dipatok pada harga 8.5 Juta Rupiah. Untuk menjalanan produk ini secara optimal dibutuhkan minimal 8GB RAM dan sebuah M.2 SATA SSD 256GB. Dengan hardware tersebut para pembeli diharapkan untuk mengeluarkan uang sekitar 10 Juta Rupiah untuk menjalankan Intel Skull Canyon NUC. Review unit yang pemmzchannel dapatkan telah dilengkapi dengan 16GB RAM dan juga dua M.2 SATA SSD sebesar 256GB untuk total storage 512GB.

Untuk spesifikasi komplit sendiri, Intel Skull Canyon NUC memuat Core i7 6770HQ Quad Core dengan Hyper Threading yang memiliki clock speed hingga 3.5GHz, sedangkan untuk grafis terdapat Intel Iris Pro 580 dengan 128 eDRAM. Untuk storage terdapat dua slot M.2 yang mendukung SATA maupun NVMe SSD, dan dapat dikonfigurasi sebagai RAID 0/1, selain itu terdapat dua slot SODIMM memory dengan total maksimum memory 32GB. Untuk konektifitas terdapat Intel Wireless-AC 8260 yang mendukung 802.11ac 2×2 WI-FI, Bluetooth 4.2, dan juga Wireless Display 6.0. Selain spesifikasi diatas, dibalik penutup bergambar tengkorak yang telah disebutkan diawal, terdapat Header untuk NFC, dua konektor USB 2.0, dan dua konektor USB 3.0. Untuk menggunakan header tersebut, Intel memberikan cara untuk membuat dan mendesain sendiri penutup custom kamu.

Berlanjut kebagian eksterior, Intel Skull Canyon NUC memiliki dimensi 211x116x28 milimeter. Pada bagian depan terdapat SD Card slot, dua USB 3.0 yang salah satunya mensupport charger, headphone combo jack, dan penerima infrared. Sedangkan pada bagian belakang terdapat HDMI 2.0, USB 3.1 Type C yang mensupport Thunderbolt 3, Mini Display Port 1.2, dua lagi USB 3.0, Gigabit Ethernet, audio combo jack dengan optical, konektor adapter dan sela untuk cooling fan. Pada bagian kanan terdapat juga Kensington Lock untuk mencegah tangan usil.

Benchmark

Intel memposisikan Intel Skull Canyon NUC sebagai mini PC yang diperuntukan untuk gaming. Pemmzchannel melihat ada dua rute untuk mencapai tujuan ini. Yang pertama ialah menggunakan Iris Pro Graphics yang terintegrasi dengan Core i7 6770HQ. Dan yang kedua ialah menggunakan GPU eksternal seperti Razer Core dengan menggunakan Thunderbolt 3.

firestrike

firestrike

Berhubung pemmzchannel belum memiliki akses untuk unit Razer Core, maka testing akan dilakukan menggunakan Iris Pro Graphics. Dan berhubung hari ini kita akan melakukan preview sedikit, maka kita tidak akan membahas game secara lebih dalam. Dapat kita lihat sendiri untuk 3DMark Firestrike, Intel Skull Canyon NUC mampu mendapatkan skor 1881, cukup mengesankan mengingat Iris Pro merupakan prosesor grafis yang terintegrasi kedalam CPU.

workconventional

Tidak hanya gaming saja, dalam benchmark produktifitas kita disini menggunakan PCMark 8 dengan dua skenario, work maupun creative. Pada work conventional, benchmark lebih mensimulasikan pekerjaan proses kata dan angka, selain itu browsing dan juga video chatting. Intel Skull Canyon NUC mampu mengungguli prosesor yang sekelasnya, notabene Core i7 6700HQ yang terdapat pada semua laptop highend, dan mampu mengejar CPU desktop pada keluarga Skylake.

Intel Skull Canyon NUC memiliki adapter dengan rating 120 watt. Namun pada testing yang pemmzchannel lakukan Skull Canyon sama sekali tidak menyentuh angka tersebut. Bahkan pada pemakaian full 100% Skull Canyon hanya menggunakan daya sekitar 70 watt. Cukup impressif mengingat power yang dimiliki.

nuc6i7kyk-gaming-usage-guide

Conclusion

Memang pada awalnya kita sangat ragu untuk menyebut Skull Canyon sebagai legit gaming PC. Namun setelah melakukan testing, Skull Canyon mampu memberikan performa yang sangat bagus, perlu diingat Iris Pro adalah intergrated. Selain untuk gaming, Skull Canyon sangatlah baik untuk produktifitas. Dengan opsi NVMe SSD, performa storagepun tidak akan diragukan. Dengan kedua test tersebut mulai terlihat pada bagian apa Intel Skull Canyon NUC unggul.

Untuk para power user yang memerlukan power PC desktop dengan space yang sangat terbatas. Ataupun juga sang business man yang seringkali bepergian, Skull Canyon dapat menjadi pilihan. Ataupun Internet Cafe yang notabene tidak memerlukan graphics horse power yang berlebih juga dapat menggunakan Skull Canyon. Terlebih konsumsi daya yang sangat kecil sangatlah atraktif untuk para pemilik Internet Cafe. Akhir kata, Intel Skull Canyon NUC memang tidak memiliki bandrol yang rendah. Namun jikalau sobat semua mengeluarkan Rupiah yang tidak sedikit, maka seharusnya sobat akan mendapatkan produk yang berkualitas. Intel Skull Canyon NUC memberikan hal tersebut.

Untuk info lebih lanjut untuk ketersediaan dan berbagai konfigurasi dan harga
Kunjungi website pemmz

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply