lenovo-thinkpad-x260

Kebanyakan produsen laptop berlomba-lomba mengejar ukuran agar makin tipis. Konsekwensinya, kapasitas battery dikorbankan. Agak berbeda dengan Lenovo ThinkPad X260, laptop 12.5-inch tidak perduli trend ultrabook yang kian menanjak. Target laptop ini adalah untuk menunjang produktivitas dalam bekerja jauh dari outlet listrik. Dengan harga mulai dari $763 atau 10 jutaan rupiah, X260 ini mengkombinasi kinerja yang bagus, keyboard yang baik, touchpad yang akurat, port yang sangat lengkap, dan ditambah dengan daya tahan baterai hingga 17 jam.

Desain thinkpad X260 meneruskan desain khas produk-produk Thinkpad lainnya, chassis hitam dan trackpoint warna merah. Lanovo mengklaim, laptop ini lulus tes ketahanan MIL_SPEC 810G untuk suhu ekstrim, guncangan dan getaran.

Menurut Lenovo, X260 memiliki dimensi 304.8 x 208.2 x 20,3 mm dan berat mulai dari 1.3 kg. Namun jika anda melihat foto produk di atas, seperti agak sulit percaya ketebalannya hanya 20mm. Tapi Lenovo percaya diri dengan menempelkan stiker Ultrabook di barebone X260 sepertinya tidak memenuhi syarat sebagai Ultrabook. Bobot ThinkPad X260 ini memang tergolong ringan untuk dibawa dan dapat dengan mudah dimasukkan kedalam tas.

Ultrabook memang memiliki konsekwensi di battery, tapi tidak dengan notebook yang satu ini. Dengan battery extra yang akan menambah bobot Lenovo X260 ini menjadi 1.6 KG, anda bisa bertraveling sehari penuh jauh dari outlet listrik.

Layar & Audio

ThinkPad X260 ini hadir dengan tiga pilihan layar yang berbeda, HD 1366 x 768 standar, HD 1366 x 768 dengan IPS dan 1920 x 1080 IPS. Ketika diuji, hanya mendapatkan skor 184 nits atau lebih kecil dari rata-rata pesaingnya yang mencapai 307 nits. Audio pada jajaran Lenovo selalu menggunakan enhacement Dolby Audio yang menawarkan fitur pengaturan suara yang lebih lebar.

Keyboard, TrackPoint dan Touchpad

lenovo thinkpad-x260-keyboard

Keyboard pada keluarga ThinkPad selalu menawarkan kenyamanan berkat fitur Accutype khas Lenovo, begitupun X260. Backlit berwarna putih memiliki pendaran yang sangat baik, jelas tanpa menyilaukan mata sekalipun di set ke iluminasi paling tinggi. Ketika di uji menggunakan 10fastfingers.com, kecepatan mengetik bisa sampai 94 kata per menit dengan tingkat kesalahan 5,7 persen lebih tinggi dibanding lainnya.

Seperti ThinkPad lain, X260 menawarkan dua alat navigasi yang berbeda, touchpad dan TrackPoint pointing stick. Seperti biasa, trackpoint sangat akurat dan dapat meningkatkan produktivitas. Jika anda terbiasa dengan touchpad, touchpad pada lenovo ThinkPad X260 ini cukup akurat dan menawarkan multi gesture seperti pitch-to-zoom dan scrool dua jari.

Port dan Webcam

 

ThinkPad X260 memberikan port yang lengkap dan sangat menunjang produktivitas pengguna. Di sisi kanan terdapat HDMI out, sebuah mini DisplayPort, dua port USB 3.0, dan sebuah smartcard reader. Di sisi kiri terdapat port ethernet, pembaca SD Card, jack audio dan juga sebuah lagi Port USB 3.0.

Untuk pendingin, X260 masih mengarahkan ke samping kiri dan belum kearah belakang seperti tren saat ini. Untuk webcam, Lenovo X260 memiliki webcam berkekuatan 720p dan cukup dapat diandalkan untuk menangkap gambar dengan cukup baik. Sayangnya, belum dilengkapi aplikasi pendukung.

Detachable Battery dan Opsi Extra Capacity.

Review Lenovo ThinkPad X260 - Daya tahan baterai dua kali lebih lama dibanding lainnya.
http://www.laptopmag.com/

Daya tahan baterai  ThinkPad X260 ini khususnya opsi 6 cell-nya, menawarkan live time dan durabilitas yang sangat hebat. Berdasarkan test, Battery 6 cell nya bisa bertahan selama 17 jam : 14 menit untuk berselancar Web secara terus menerus melalui koneksi WI-fi di posisi Brightness  100 nits. Angka ini berarti dua kali lipat jika dibandingkan rata-rata ultraportable laptop yang hanya mencatatkan waktu rata-rata 08:12

Dengan pilihan CPU Intel Core i5 dan core i7 seri ULV Skylake, 8GB RAM dan 256GB SSD, ThinkPad X260 sangat lebih dari cukup untuk menangani semua pekerjaan anda secara multitasking.

Tertarik?

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply