Lenovo Air 13 Pro

Diumumkannya perilisan Xiaomi Mi Notebook Air tampaknya membuat panas hati sederet kompetitornya. Selang sehari setelah dirilisnya Mi Notebook Air pada 27 Juli lalu, Lenovo tidak ingin kalah dengan merilis Lenovo Air 13 Pro.

Kehebohan terjadi setelah Xiaomi mengumumkan perilisan Mi Notebook Air. Banyak orang terkejut dengan Mi Notebook Air yang berani memasang spesifikasi tinggi dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan tipe notebook lain dengan spesifikasi sama. Mudah ditebak, keberanian Xiaomi memancing produsen lain untuk bertindak. Lenovo Air 13 Pro menampilkan fitur dan spesifikasi yang identik dengan Mi Notebook Air.

Lenovo Air 13 Pro hadir dengan layar IPS 13.3-inch serta menanamkan prosessor Intel i5-5200U. Beda-beda tipsi dengan Mi Notebook Air terlihat jelas pada berat laptop yang hanya selisih 0.01kg. Bila Lenovo Air 13 Pro memiliki berat 1.29kg, maka Mi Notebook Air hadir dengan berat 1.28kg. Lenovo Air 13 Pro membenamkan Hardisk SSD dengan kapasitas 256GB dan RAM berkapasitas 4GB. Dengan tebal sekitar 1.48cm, Lenovo Air 13 Pro membenamkan pengolah grafis 2GB NVIDIA GT940MX.

Di artikel prediksi performa Mi Notebook, dikatakan bahwa performa NVIDIA GT940MX yang dibenamkan ke dalam Mi Notebook Air 13.3-inch rasanya bakal menjanjikan, terutama untuk gaming. Apakah hasilnya bakal sama untuk Lenovo Air 13 Pro? Tidak banyak yang bisa diulas di sini mengenai performa pengolah grafis pada Lenovo Air 13 Pro, namun bila Mi Notebook Air terlihat menjanjikan, rasanya hal yang sama juga bakal ditemukan lewat seri Lenovo tersebut.

lenovo-air-13-pro-option

Rasanya Lenovo Air 13 Pro bisa menjadi penantang serius bagi Apple dengan seri Macbook-nya. Dilihat dari segi desain, tidak banyak perbedaan besar antara produk Apple tersebut dengan Air 13 Pro. Dengan harga yang jauh lebih masuk akal bagi kebanyakan orang, laptop terbaru dari Lenovo itu rasanya bakal menjadi penantang serius bagi kedigdayaan Apple.

Alternatif untuk Dipilih Sebelum Lenovo Air 13 Pro Hadir

Belum diketahui kapan persisnya Lenovo Air 13 Pro hadir di Indonesia, dan apakah laptop tersebut bakal dijual di pasar Indonesia. Namun sebagai pembanding, Lenovo IdeaPAD Y700 yang menggunakan pengolah grafis NVIDIA GTX960M bisa menjadi pilihan untuk gaming, kendati produk yang satu itu berada dalam tingkat harga yang tidak sama dengan Air 13 Pro. Namun bila yang dicari adalah pengolah grafis yang performanya berada di atas GT940MX, maka IdeaPAD Y700 adalah jawabannya.

Sebuah fitur yang ada di Air 13 Pro namun hilang di Mi Notebook Air adalah sensor sidik jari. Benar bahwa kekurangan ini hanyalah hal kecil, namun tampaknya kurang bisa dimaafkan oleh pengguna yang benar-benar memperhatikan aspek keamanan. Laptop terbaru dari Lenovo itu sudah tersedia untuk dipesan, dengan harga yang sama dengan Mi Notebook Air. Meski begitu, harga produk terbaru dari Lenovo itu tampaknya bakal naik setelah periode pre-order berakhir.

Mi Notebook Air jelas tidak punya sensor sidik jari, namun produk Xiaomi itu memiliki kemampuan unlock menggunakan Mi Band 2, yang dioperasikan melalui Bluetooth v4.1. Singkat cerita, Mi Notebook memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh Air 13 Pro. Akan jadi lebih adil bila dinilai dari sudut pandang bahwa kedua laptop tersebut memiliki keunggulan masing-masing, dilihat dari segi fitur maupun harga yang tentu saja sangat menggiurkan.

Kehadiran Lenovo Air 13 Pro agaknya menandai era penjualan laptop dengan harga terjangkau namun dengan kualitas hardware cukup mumpuni.

Leave a Reply