Tips Seputar Battery Laptop

Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet – Seiring pemakaian, daya tahan baterai laptop dipastikan akan semakin menurun. Perangkat utama yang satu ini sangat rentan dengan yang namanya ketahan. Baterai laptop yang sering kita jumpai biasanya akan mulai terdegradasi atau istilah populernya, drop saat usia pakai mencapai 12 hingga 18 bulan. Tapi, kamu bisa membuat baterai laptop lebih awet dan sedikit memperpanjang usianya dengan tips berikut.

1. Hentikan kebiasaan menghidupkan laptop secara terus-menerus.

Jangan samakan laptop dengan PC yang memiliki daya tahan akan panas yang lebih baik dibanding laptop. Jika kamu menggunakan terlalu lama dan tidak pernah dimatikan selama berhari-hari dengan baterai yang masih terpasang, komponen elektronik di dalam laptop kamu akan tetap memproduksi pansa. Dan ini tidak baik untuk kesehatan baterai.

  1. Pastikan suhu ruangan normal.

Ketika kamu menggunakan laptop, pastikan kondisi ruangan normal atau tidak terlalu panas. Kamu bisa memakai cooling pad untuk menjaga suhu yang ada di bagian dalam laptop kamu. Dengan suhu di sekitar laptop selalu terjaga, tentu bisa membuat baterai laptop lebih awet dan panjang umur.

  1. Pastikan Daya Listrik stabil.

Jika kamu tidak yakin akan kestabilan arus listrik tempat kamu mencharge laptop. Saat baterai kamu sudah terisi penuh, sebaiknya lepas baterai laptop untuk menjaga kualitas cell dari terpaan arus yang tidak stabil. Walau melewati adaptor, tapi komponen penstabil arus ini punya batas kemampuan (range kerja). Kondisi ini juga berbahaya dan dapat merusak seluruh komponen yang ada di laptop kamu.

  1. Pastikan juga baterai tidak kosong sampai 0%

Perkerjaan yang tak kunjung habis terkadang membuat kita lupa untuk melakukan charging ulang. Sebaiknya, jangan menunggu hingga kapasitas baterai kamu benar-benar habis atau kosong diposisi 0%. Jika terlalu sering dilakukan, akan semakin banyak cell dalam baterai yang mati dan tak dapat memuat elektron listrik lagi. Tentunya ini dapat mengakibatkan daya tahan baterai semakin menurun.

  1. Baterai Rusak, Ganti dengan yang Asli
Ingin Baterai kamu awet? lakukan 9 tips ini.
https://galerimhardware.files.wordpress.com

Jika kamu mendapati baterai laptop kamu rusak, sebaiknya kamu menggantinya dengan part asli sesuai part number pabrikan. Jangan yang bajakan atau kompatibel istilahnya. Kecuali kamu faham masalah elektronik, ketidaksesuaian arus dan tegangan output dari baterai bisa membuat komponen laptop yang ada didalamnya menjadi rusak.

  1. Sering-seringlah Membersihkan laptop (Zet-zet)

Panas pada laptop adalah musuh utama baterai. Salah satu penyebab panas adalah debu yang melekat di bagian dalam laptop. Setidaknya sebulan sekali, lakukan pembersihan laptop dari debu. Sering-seringlah untuk membersihkan ventilasi laptop dengan alat khusus. Dan jangan lupa juga sering-sering membersihkan komponen di dalamnya dari debu. Jangan lupa untuk mengganti thermal paste pada processor jika sudah mengering untuk mengurangi resiko laptop kamu jadi cepat panas. Butuh bantuan? Kamu bisa kontak tim support pemmz di no 021 – 569 73669 setiap hari kecuali Minggu.

  1. Hindari baterai dari benda berbahaya.

Hindarkan baterai dari air dan juga terik matahari yang dapat membuat baterai kamu semakin cepat rusak. Maka dari itu, taruh laptop atau misalkan baterai sedang dilepas, di tempat yang baik. Hentikan juga kebiasaan menaruh laptop di permukaan yang empuk yang membuat laptop semakin cepat panas saat digunakan.

  1. Gunakan Bantuan Software 
baterai laptop lebih awet
www.plimbi.com

Sebagian besar laptop modern memiliki mode battery saver atau Eco yang memungkinkan hardware berkerja seminimal mungkin sesuai kebutuhan kerja. Fitur ini juga sekaligus mengontrol penggunaan baterai itu sendiri. Beberapa memberikan opsi manual untuk pengguna dapat mematikan perangkat yang tidak perlu, menyesuaikan kecerahan layar dan mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

  1. Matikan perangkat yang tidak perlu

Seperti halnya gadget smartphone, cara termudah untuk mengurangi konsumsi daya adalah dengan mendisable perangkat yang tidak perlu. Setiap komponen yang ada di laptop membutuhkan daya, tetapi belum tentu kamu akan mengunakannya. Maka dari itu mulai mematikan daya yang tidak dibutuhkan seperti WiFI, Bluetooth, dedicated grafis, bahkan drive optik jika tidak terpakai.

Sangat mudah sebenarnya membuat baterai laptop lebih awet dan panjang umur. Hal ini berlaku umum kecuali kamu mendapatkan produk yang cacat. Semoga bisa bermanfaat saat kamu mencobanya. Dan semoga tidak perlu membeli baterai hingga kamu memutuskan untuk mengganti laptop kamu dengan yang baru.

Leave a Reply