laptop cepat panas

Laptop sudah menjadi hal penting bagi semua orang. Laptop sering digunakan untuk belajar, bekerja hingga bermain. Penggunakan laptop yang portabel dimana kita bisa menggunakan dimana dan kapan saja membuat laptop semakin banyak diminati oleh konsumen. Tetapi masalahnya jika kita tidak merawat dengan baik, maka yang kita dapat malah laptop cepat panas.

Berbeda dengan laptop, Personal Computer (PC) memiliki ruang yang lebih besar dibading laptop sehingga sirkulasi udara lebih lancar dibanding laptop yang memiliki ruang yang cukup kecil dikarenakan laptop di desain tipis dan minimalis maka peletakkan komponen didalamnya lebih padat dibandingkan dengan PC.

Maka dari itu kita harus tahu penyebabnya agar laptop kita tidak rusak saat sedang dibutuhkan. berikut 5 penyebabnya.

1. Kipas laptop kamu rusak yang menyebabkan udara panas didalam tidak bisa keluar.

Laptop kamu panas? inilah 5 penyebabnya kipas kotor

Salah satu alasan laptop kamu rusak yaitu kipas laptop tidak berfungsi dengan baik. Kipas laptop berfungsi sebagai pengatur suhu laptop, jika kipas rusak maka menyebabkan laptop akan cepat panas.

Penyebab kipas rusak biasanya karena kipas tidak pernah dibersihkan sehingga debu yang ada dikipas mengganggu. Biasanya digunakan di tempat-tempat yang banyak debu sehingga angin yang masuk ke laptop juga membawa debu yang menyebabkan laptop cepat panas. Maka dari itu sebaiknya beberapa bulan sekali kita harus sering membersihkan kipas yang ada dilaptop.

2. Meletakkan laptop di tempat yang kurang baik

Enaknya menggunakan laptop kita dapat memakainya dimana saja. Masalahnya banyak sekali pengguna menaruh laptop mereka di tempat yang lembut seperti bantal dan sofa. tanpa disadari, menaruh laptop di bantal atau sofa membuat sirkulasi udara terganggu sehingga menyebabkan laptop dengan cepat memanas. maka dari itu sebaiknya hindari menaruh laptop ditempat yang keras sehingga tidak cepat membuat laptop panas.

3. Pasta(thermal paste) sudah mengering.

Laptop kamu panas? inilah 5 penyebabnya Pasta(thermal paste) sudah mengering.

Apakah kamu tahu bahwa di atas processor ditaruh pasta agar processor dapat mengurangi panas yang dialami oleh processor? Penyebab tersebut adalah karena pasta mengering dan biasanya dialami oleh laptop yang sudah dipakai bertahun-tahun. Maka dari itu sebaiknya kita harus mengganti pasta kering tersebut dengan pasta baru agar panas yang dialami processor dapat dikurangi.

Oh iya jangan lupa beli pasta yang bagus agar bisa bertahan lebih lama dalam mengurangi panasnya processor.

Baca juga : Pentingnya Memaksimalkan Cooling System Laptop Gaming

4. Penggunaan laptop yang cukup lama tanpa berhenti sama sekali.

Penggunaan laptop yang cukup lama tanpa berhenti sama sekali. Laptop kamu panas? inilah 5 penyebabnya

Ini penyebab yang sering dihadapi semua orang yang menggunakan laptop. Dikarenakan laptop dipakai untuk hampir semua aktivitas mereka, jarang sekali laptop di istirahatkan sehingga komponen di dalam laptop dipaksa untuk aktif terus-menerus. Maka dari itu sebaiknya lebih dari satu kali sehari laptop kita harus di matikan agar laptop dapat istirahat dan berfungsi dengan baik lagi.

5. Memaksa processor untuk bekerja lebih dibanding kemampuannya.

Memaksa processor untuk bekerja lebih dibanding kemampuannya. Laptop kamu panas? inilah 5 penyebabnya

Penyebab ini biasanya dilakukan para gamer. Mereka memaksa laptopnya untuk menjalankan game mereka tampa melihat spesifikasi minimal yang diperlukan untuk menjalankan game tersebut. Bukan hanya itu terkadang gamer memaksa laptop untuk menampilkan gambar yang jernih. Sehingga ketika kita menjalankan game tersebut maka laptop dapat cepat panas atau menyebabkan mati mendadak.

Maka dari itu sebaiknya kita harus menjaga laptop tidak cepat panas dengan mengurangi penggunaan dan juga sering melakukan perawatan untuk laptop dalam sebulan sekali. Kalian tidak mau kan laptopnya rusak padahal di dalam laptop tersebut menyimpan data-data yang penting sekali untuk hidup kalian.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply