SimCity, franchise game legendaris yang bergenre City Building ini sangatlah dicintai banyak orang. Namun SimCity terbaru yang dirilis pada tahun 2013 yang lalu mendapatkan kecaman keras dari pada gamer. Mulai dari launching yang mogok karena server yang tidak memadai, berbagai bug yang mengganggu, dan jangan lupa ukuran kota yang sangatlah kecil dibandingkan pendahulunya. Kini 3 tahun setelah peluncuran nya, Pemmzchannel sekali lagi bermain SimCity. Apakah game ini memiliki perubahan positif atau tidak ? Berikut adalah SimCity Revisited.

Well, Maxis Emeryville sang studio pengembang SimCity telah ditutup oleh EA dan masa depan dari SimCity tidaklah jelas. Memang para pecinta genre City Building telah banyak yang move on ke Cities: Skylines. Namun sesuatu dengan nama SimCity yang telah memenuhi hati para gamer, termasuk admin sendiri. Cities: Skylines memang memenuhi rasa nostalgia yang diberikan oleh SimCity terdahulu seperti SimCity 2000, 3000, dan SimCity 4 yang memenuhi masa kecil kita. namun rasanya ada yang aneh jika memikirkan masa depan genre ini tanpa nama SimCity didalam nya.

Spark_2016-06-22_14-50-03

Maka dari itu pemmzchannel akan melakukan SimCity Revisited, untuk melihat apakah SimCity telah berkembang menjadi game yang baik. Dan ternyata SimCity telah menghabisi berbagai macam bug yang menggangu dan mengoptimasi banyak hal seperti lalu lintas, walapun terkadang masih agak tersendat. Pemmzchannel mengira setelah bertahun tahun launching, fitur multiplayer dari SimCity telah usang akibat ditinggalkan para gamer. Namun ternyata masih banyak sekali player yang masih bermain multiplayer, dan kini multiplayer jauh terasa lebih lancar, bahkan menjadi aspek favorit pemmzchannel sendiri.

Spark_2016-06-22_15-11-58

SimCity pada awalnya di caci maki habis habisan oleh para gamer dan para reviewer akibat fitur Always Online yang diterapkan oleh EA. Always Online merupakan hal yang baik untuk mengatasi pembajakan, namun jika server mengalami overload maupun mati, maka kita bisa kehilangan save dari game kita. Sayangnya hal itu lah yang terjadi pada saat peluncuran nya. Peluncuran SimCity sangatlah kacau hingga para player harus menunggu berjam jam hanya untuk bermain. Terlebih lagi ukuran kota yang sangat kecil dibandingkan SimCity 4.

Spark_2016-06-22_15-57-23

Multiplayer adalah fitur yang dikedepankan oleh EA dalam SimCity terbaru, dan menurut pemmzchannel multiplayer adalah aspek terkuat dari SimCity. Dan untungnya setelah beberapa lama multiplayer sangatlah menyenangkan dan bermain bersama teman ataupun orang lain sangatlah menyenangkan. Para player dapat saling membantu jika player lain membutuhkan uang atau listrik atau pemadam kebakaran. Bahkan pengalaman bermain menjadi lebih dinamis dengan player lain, sebagai contoh pemmzchannel memprovide listrik untuk tetangga, sedangkan ia membangun skuad polisi dan pemadam yang besar untuk kita semua.

Spark_2016-06-22_16-28-33

Selain itu juga kini multiplayer bekerja lebih dinamis dan hampir secara real time. Sebagai contoh admin berjanjian dengan salah satu teman untuk membangun kota secara bersamaan. Namun yang kita siasati pada SimCity Revisited adalah pemmzchannel membangun dengan fokus edukasi dengan sekolah dan universitas, serta banyak sekali perumahan dan apartemen. Sedangkan ia membangun banyak perindustrian untung mengcover jumlah penggangguran. Namun kami berdua tidak membuat zona komersil, sehingga admin membangun satu kota lagi yang berfokus kepada komersil dengan banyak toko dan kantor serta admin juga membangun kasino. Namun dampak dari perjudian itu adalah tingkat kriminalitas yang tinggi, maka di kota yang sebelum nya di buat kami membangun banyak kantor polisi untuk melindungi semua kota dari kejahatan. Akhirnya kami bermain SimCity dengan cara yang seharusnya, dan ternyata sangat menyenangkan.

Spark_2016-06-22_16-48-24

Ukuran kota… Well, ukuran kota sepertinya memang tidak bisa diperbesar lagi, dan pastinya sangat menyebalkan. Dengan membatasi ukuran kota yang dapat dibangun maka secara kasar EA juga membatasi kebebasan dan kesenangan kita dalam bermain. Namun jika hal itu dikesampingkan ditambah dengan multiplayer yang berfungsi baik, pemmzchannel mulai mengerti kenapa harus terdapat limitasi. Suatu kota tidak dapat menjadi kota yang serba bisa, semua harus tergantung kepada lingkungan sekitar untuk menopang satu sama lain, namun mengecilkan area yang dapat dibangun tetap merupakan langkah yang rasanya kurang tepat.

Spark_2016-06-22_16-40-16

Setelah beberapa jam bermain tanpa henti, SimCity tidaklah berubah menjadi game yang sempurna, tapi akhirnya SimCity menjadi menyenangkan untuk dimainkan. Pemmzchannel selalu percaya semua keputusan yang diambil untuk semua pengembangan game adalah untuk kebaikan nya. Namun untuk SimCity eksekusi nya kurang tepat, terlebih dengan berbagai masalah pada awal peluncuran nya. Namun untung nya semua itu telah diperbaiki dan setelah melakukan SimCity Revisited, pemmzchannel kini dapat merekomendasikan SimCity kepada para gamers yang belum memilikinya, terlebih kini SimCity dijual dengan harga yang murah, sekitar 100 Ribu Rupiah bahkan lebih murah dengan promosi atau diskon.

Dalam genre City Building, Cities: Skylines masih merupakan game yang superior. Namun jika kamu adalah gamer yang menyukai bermain dengan teman teman, maka SimCity adalah pilihan yang menggugah.

promo Aorus X7 DT GTX 10

1 COMMENT

  1. Mau tanya hadiah pengiriman kapal kargo/pesawat mengapa saya tak pernah dapat? Padahal terkadang saya sudah punya barang2 yg mau diangkut. Karna penasaran pernah pakai flash bayar bbrp uang dolar, tp tetep ga dapet. Mohon dijawab

Leave a Reply