Sudah cukup lama dinanti para pengguna hadirnya Android Marshmallow untuk Zenfone 2 series. Sejak gosip di akhir tahun bergulir tentang SKU Asus Zenfone 2 yang bakal mendapat jatah Android Marshmallow, belum lama ini beberapa pengguna melaporkan mendapat notifikasi tentang update dengan ukuran cukup besar yang diyakini adalah FOTA (Firmware Over The Air).

Awalnya notifikasi di forum untuk melakukan manual update dengan mengarahkan pada sebuah link download. Beberapa pengguna melaporkan sukses hingga semua file terunduh mereka proses ke langkah selanjutnya. Tapi ada juga yang melaporkan malah matot (mati total) gadgetnya setelah mereka flash dengan firmware hasil download. Setelah sekitar satu setengah hari, beberapa pengguna melaporkan bahwa proses download berhenti. Dan tak lama setelah itu, link download firmware Android 6 marshmallow untuk Zenfone 2 ditutup.

Bagi anda yang mengalami brick, bisa ikuti langkah dari forum Disini untuk membuat Zenfone 2 anda booting kembali.

Asus Zenfone 2 MM verification

Dan berikut beberapa impresi yang berhasil dirangkum setelah menggunakan Android M pada Asus Zenfone 2 ZE551ML. Tentunya dibandingkan saat menggunakan Lollipop :
1. Booting Time lebih cepat
2. Volume suara secara general lebih keras.
3. Charging Time masih sekitar 2 jam kurang dikit.
4. Fitur DOZE (penghemat battery) berjalan baik. Bisa diliat dari grafik batere ketika tidak digunakan cenderung rata/datar.
5. Animasi sedikit berbeda dan ada beberapa tambahan seperti Wallpapper motion Effect. Fitur yang membuat wallpapper bergerak sesuai letak atau posisi gadget.
6. Usage RAM masih boros nampaknya, terutama saat banyak akun sosmed aktiff. Free RAM rata-rata tersisa sekitar 1GB-an.
7. Untuk yang lain masih tahap testing.

Adapun SKU Asus Zenfone 2 yang segera mendapat upgrade Android 6.0 Marshmallow dalam quarter kedua 2016 adalah sebagai berikut (April sd June)* :

Asus PadFone S (PF500KL)
Asus ZenFone 2 Laser 6-inch (ZE601KL)
Asus ZenFone Selfie (ZD551KL)
Asus ZenFone 2 5.5-inch (ZE550ML, ZE551ML)
Asus ZenFone 2 Deluxe (ZE551ML)
Asus ZenFone 2 Deluxe Special Edition (ZE551ML)
Asus ZenFone Zoom (ZX551ML)

Seperti kita tahu, sebelumnya Android M 6 sudah lebih dulu datang untuk beberapa seri ZenFone yakni :
Asus ZenFone 2 Laser 5-inch (ZE500KL)
Asus ZenFone 2 Laser 5.5-inch/5.5 S (ZE550KL)
Asus ZenFone Max (ZC550KL)

Beta testing programs

Asus sendiri akhirnya menulis secara resmi pada halaman forum mereka Di sini menyatakan bahwa update Android Marshmallow untuk Zenfone 2 khususnya ZE55x series masih dalm tahap Beta Testing. So untuk kamu yang sudah gak sabar dan pastinya berani ambil resiko, bisa langsung download firmware Android Marshmallow untuk Zenfone 2 pada link forum Zentalk di atas

 

*Please note that the release dates and supported devices may change without prior notice. Any such changes will be announced here on ZenTalk, so stay tuned for the latest details on supported models and update rollouts.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply