Pilihan Laptop gaming Geforce GTX950M

Image mahal pada sebuah laptop dengan banderol di bawah 15 juta nampaknya sedikit demi sedikit mulai pudar. Saat ini, laptop gaming dengan range harga ini sudah di sesaki oleh banyak produk dari beberapa pemain kenamaan. Tentu saja, ini menguntungkan untuk calon pengguna. Tapi side effectnya, indikasi galau meningkat seiring banyaknya pilihan. Nah untuk itu, di artikel kali ini pemmzchannel akan wrapping pilihan laptop gaming dengan Geforce GTX950M untuk kamu yang memiliki budget kurang lebih 15 juta.

1. Asus X550JX – Affordabel GTX950M

Produk ini adalah produk laptop gaming dengan Geforce GTX950M paling terjangkau yang pernah turun ke pasar laptop gaming Indonesia. Super sekali Asus memutuskan untuk menurunkan produk ini. Secara teori, berarti Asus sudah sangat Percaya Diri dengan brand ROG mereka. Karena secara psikologis, Asus X550JX menawarkan apa yang di tawarkan Asus ROG seri terbawah, kecuali opsi upgrade storage dan resolusi layar.

Yap, Asus X550JX memang masih di bekali layar HD tanpa lapisan matte. Ini yang mensejajarkan laptop ini dengan kebanyakan laptop Asus kelas mid-low. Asus X550JX di turunkan untuk anda yang mencari performa Geforce GTX950M siap pakai. Tanpa perduli kualitas layar dan upgrade option untuk memaksimalkan performa secara overall. Sebagai informasi tambahan, Asus X550JX hanya menawarkan 1 Dimm Slot. RAM 4GB bawaannya adalah onboard hingga anda hanya bisa memaksimalkan hingga kapasitas 12GB. Laptop ini juga hadir tanda slot mSATA atau m.2.

Dari sisi design dan handling, Asus X550JX menawarkan rasa khas A atau X series 15-inch. Terutama rounded barebone, glass like front cover dan full sized chiclet keyboard. Tapi khusus untuk X550JX ini nampaknya Asus ingin menambahkan sedikit aura gaming dengan tatoo motif abstrak dual tone merah hitam yang juga di pakai pada seri GL552.

Untuk spesifikasi, Asus X550JX membawa kombinasi Haswell core i7 4720HQ dan Geforce GTX950M 2GB GDDR3. Untuk RAM, anda sementara harus puas dengan Onboard 4GB DDR3L sebagai konfigurasi default. Sementara untuk storage, spinning disk berkapasitas 1TB 5400rpm juga poin lemah produk ini. Hal lain yang kurang mendukung spesifikasi Asus X550JX ini adalah kapasitas batterynya yang hanya 3 cell. Sisi konektifitas hadir cukup baik walau tentunya anda belum berhak mendapatkan WiFi ac di range harga under 10,5 juta rupiah.

Pemmzchannel Score : 3 dari 5

2. Acer Aspire V15 (V5-591G) – Black Horse GTX950M

Produk Acer Aspire satu ini memang kurang diperhitungkan oleh banyak kalangan gamer dan profesional. Padahal spesifikasi yang dibawanya jelas masuk kategori Gaming. Terutama sekali karena produk ini menawarkan konfigurasi Memory paling baik dari semua kompetitor, yakni DDR4 8GB. Selain itu, Acer V15 (V5-591G) ini juga satunya laptop dengan Geforce GTX950M dengan harga di bawah 13 juta yang menawarkan backlit untuk keyboardnya.

Acer V15 ini menggunakan konsep barebone yang kurang kekinian. Potongan design secara keseluruhan mengingatkan pada seri Pegasus lama yang masih menggunakan single fan. Tapi dari sisi finishing bolehlah diberikan jempol. Acer V15 punya sedikit nilai jual dengan tekstur hologram diamond pada front cover lcd yang membuatnya terlihat lebih elegan. Masuk ke bagian dalam, workstation tampil lebih  sederhana dengan tekstur serat almunium yang di finishing menjadi silky. Untuk konektifitas, tak ada yang spesial pada 591G. Sebatas USB 3.0 tanpa seri terbaru USB 3.1 type C. Acer Aspire V15 V5 591G juga belum dibekali mini DiplayPort sebagai standar yang hampir umum saat ini. Sedangkan untuk koneksi network, 591G sudah dibekali WiFi AC dan Bluetooth 4.0.

Sales poin lain di sisi spesifikasi selain RAM adalah, 591G ini sudah dibekali Geforce GTX950M versi VRAM 4GB yang akan membantu para profesional merender konten dengan detail dan resolusi tinggi. Karena unit ini belum pernah mendarat di pemmzchannel, untuk bagian storage kami belum 100% yakin, apakah seri ini menawarkan slot mSATA atau m.2 untuk ekspansi menggunakan SSD. Tapi melihat beberapa info dari luar sana, area ODD yang hilang pada laptop ini dijadikan area m.2 slot. Yang jelas, anda harus puas dulu dengan storage utama dari jenis HDD 5400rpm berkapasitas cukup lega yakni 1TB.

Pemmzchannel Score : 4.5 dari 5

3. MSI GL62-6QD – Coolest GTX950M

Hadir agak belakangan, menjadikan produk turunan G Series terbaru dari MSI ini menawarkan fitur sedikit lebih baik. MSI GL62-6QD hadir sebagai seri terendah dari G Series dengan beberapa pengurangan fitur dan kosmetik. Tapi pemmzchannel yakinkan, hal-hal yang berkurang tersebut sama sekali tak mengurangi performa keseluruhan. MSI GL62-6QD mencoba menjadi alternatif bagi tidak hanya gamer, tapi juga kalangan profesional yang notabene menghindari design produk blink-blink yang terlalu identik dengan gaming.

Material plastik yang mendominasi seluruh barebone di poles sedemikian rupa hingga menghadirkan  tampilan akhir yang tetap berkelas. Warna Hitam dengan sedikit tekstur metalik sepintas membuat aura logam hadir di seluruh front panel cover hingga workstation laptop ini. Design workstation MSI GL62-6QD mungkin yang paling minimalis dari semua list top 5 kali ini. Dari bagian atas hingga bawah upper case sepintas terlihat nyaris sama rata. Padahal, jika anda perhatikan siluet yang dibentuk setengah trapesium, area keyboard tetap lebih rendah dari area palm rest.  Untuk bottom cover,  konsep supermassive hole khas MSI G series juga di turunkan pada MSI GL62-6QD ini. Ini salah satu penyebab mengapa cooling system pada MSI GL62-6QD adalah yang paling superior dalam group test kali ini.

Untuk spesifikasi, MSI GL62-6QD sudah menawarkan kombinasi Intel Skylake core i7 6700HQ dan Geforce GTX950M 4GB GDDR3. Untuk RAM, anda sementara juga harus puas dengan Sekeping RAM DDR4 4GB sebagai konfigurasi default. Tapi dengan dua dimm DDR4 slot, anda bisa optimalkan hingga 32GB dengan konfigurasi 2 x 16GB DDR4. Sementara untuk storage, spinning disk berkapasitas 1TB 5400rpm sedikit memperburuk keadaan. Untuk Sisi konektifitas, hadir sangat baik dengan USB 3.1 type C dan mini DisplayPort juga gold platted audio jack. WiFi ac dan bluetooth 4.0 dari chip Intel 3165 bekerja sangat baik.

Pemmzchannel Score : 4 dari 5

4. Asus ROG GL552VX – Most Anticipate GTX950M

Berbekal barebone yang sama dengan versi terdahulunya, Asus GL552VX hadir dengan spesifikasi CPU dan teknologi DDR4 terbaru. Kali ini, Asus memperbaiki beberapa poin minus yang banyak di keluhkan di versi terdahulu seperti material plastik untuk barebone yang cenderung tipis. Edisi saat ini, sudah lebih rigid. Terutama sekali bisa di rasakan pada area keyboard.

Tak ada yang berubah dari sisi design, hanya susunan port yang memang di update dengan jenis koneksi baru. Kali ini sudah membekal USB 3.1 type C

Untuk spesifikasi, Asus ROG GL552VX sudah menawarkan kombinasi Intel Skylake core i7 6700HQ dan Geforce GTX950M 2GB GDDR3. Untuk RAM, anda sementara juga harus puas dengan Sekeping RAM DDR4 4GB sebagai konfigurasi default. Tapi dengan dua dimm DDR4 slot, anda bisa optimalkan hingga 32GB dengan konfigurasi 2 x 16GB DDR4. Sementara untuk storage, spinning disk berkapasitas 1TB 5400rpm sedikit memperburuk keadaan. Untuk Sisi konektifitas, hadir sangat baik dengan USB 3.1 type C dan mini DisplayPort juga gold platted audio jack. WiFi ac dan bluetooth 4.0 dari chip Intel 3165 bekerja sangat baik.

Hal yang cukup disayangkan, slot m.2 pada Asusl GL552VX ini hanya mendukung SSD berinterface SATA. Belum mendukung SSD NVMe yang mampu menawarkan perfoma sekelas 2 SSD yang di RAID. Sebagai pendukung media penyimpanan, sebuah DVD-RW super multi masih bisa anda temukan pada seri ini. Seperti halnya GL series lain, Asus ROG GL552VX ini juga hanya di bekali satu fan yang bertugas mendinginkan CPU dan GPU. Asus ROG GL552VX di banderol mulai dari 12,999 juta.

Pemmzchannel Score : 3.5 dari 5

5. Xenom Pegasus PS15S – Best Performer GTX950M

Konsep barebone juga spesifikasi yang fresh, menjadi daya tarik utama Xenom Pegasus PS15S saat masuk ke pasar entry level gaming laptop. Dari semua kontestan, mungkin finishing Xenom Pegasus bukan yang paling baik. Di saat para kompetitor berhasil menyulap bahan ABS hingga mampu tampil lebih premium, Xenom belum mengambil aksi retouch serupa. Namun, yang pemmzchannel lihat pada Pegasus PS15S ini, mereka tetap mempertahankan kualitas bahan juga konstruksi produk-produk mereka. Selain build quality, Xenom juga sangat memikirkan para calon pengguna yang senstif dengan kualitas layar. Yang pemmzchannel temukan, kualitas tampilan pada Xenm Pegasus PS15S ini adalah yang paling baik dari kontestan lain, bahkan dibanding MSI GL62-6QD.

Walau sama menggunakan Skylake, Xenom Pegasus PS15S masih menawarkan RAM DDR3 dan bukan DDR4 seperti kebanyakan kompetitornya di round-up kali ini. Namun jangan khawatir,  karena secara general performa akan sangat terbatu dengan penggunaan SSD. Karena Di group test kali ini, Xenom Pegasus merupakan satu-satunya kontestan yang menawarkan performa SSD sebagai storage utama. Sebuah SSD m.2 berkapasitas 128GB menjadi rumah bagi windows 10 Pro Original sebagai sistem operasinya. Xenom Pegasus PS15S juga memungkinkan untuk anda maksimalkan dengan SSD PCIe hingga kapasitas 1TB. Sebuah HDD 2,5-inch SATA 1TB 5400 rpm menjadi solusi bagi anda yang ingin membawa banyak file data bersama laptop ini. Selain itu, Xenom Pegasus juga satu-satunya yang menawarkan Geforce GTX950M dengan Vram jenis GDDR5. Sebab dimensinya yang jauh lebih tipis dibanding kompetitornya di group test kali ini, Xenom Pegasus PS15S juga sudah dibekali dual cooling fan system Yang tak ditemukan pada kompetitor lainnya.

Untuk Sisi audio, seperti halnya saudara-saudaranya yang lain, Pegasus juga dibekali pre-amp untuk power output yang lebih bertenaga. Ini sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan headphone-headphone high-end. Untuk urusan networking, Xenom Pegasus PS15S jga sudah di bekali WiFi ac dan bluetooth 4.0 dari chip Intel 3165. Dengan semua spesifikasi tersebut, Xenom Pegasus PS15S di banderol di angka 14,6 juta.

Pemmzchannel Score : 4 dari 5

4 COMMENTS

  1. Mas rifan ni lagi caru laptop, bingung nentuin MSI gl62 6qd / gp62 6qe ,gl i7 gp i5 .dengan harga sama mending mana? Mohon saranya ,terimakasih.

Leave a Reply