HP Pavilion Gaming 15

Satu lagi produsen laptop yang tertarik untuk berebut pasar laptop gaming kelas bulu. Yap, Geforce GTX950M untuk ukuran laptop gaming memang masuk kelas bulu. Karena umumnya menawarkan sisi handling yang masih bisa dibuat slim dan ringan. Setelah 5 laptop gaming yang kita round-up pada eMagazine edisi bulan April lalu, kali ini kita akan review HP Pavilion Gaming 15-ak035TX . FYI, unit yang kami review di support oleh showroom HP Store by IT Galeri tepatnya HP Store di Mangga dua Mall lantai 3. Jadi kalau ingin merasakan langsung performanya, silakan langsung datang ke sana ya.

Dalam hal memproduksi laptop bisnis, HP tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Tapi bagaimana dengan kemampuan mereka membuat genre laptop gaming. Kita flashback sedikit ke HP Omen, SKU Flagship dari genre Laptop gaming HP yang rilis tahun lalu. HP Omen menawarkan konsep design yang unik dan benar-benar luar biasa kala itu. Tapi agaknya, pengguna butuh lebih dari kosmetik. Apakah HP Omen kurang bertenaga?. Menurut pemmzchannel, Tidak juga. HP Omen hanya kurang tepat memaksimalkan hardware dalam rentang harga yang cukup premium.

Spesifikasi HP Pavilion Gaming 15-ak035TX

Kembali ke HP Pavilion Gaming 15, Di katakan laptop gaming, memang sudah sepantasnya. Lihat saja sesifikasi yang ditawarkan laptop seharga 13,9 juta ini. Mulai dari processor Quad Core Intel Core i7 6700HQ, RAM 8GB, dan GPU dari Nvidia Geforce GTX950M dengan VRAM sebesar 4GB GDDR3. Tiga komponen tadi juga di dukung oleh panel LCD full HD berlapisan matte yang kesemuanya akan memanjakan anda dalam menjalankan game favorite dari genre apapun, bahkan yang terbaru sekalipun.

– Intel Real Sense Camera

 Intel Real Sense pada HP Pavilion gaming 15

HP menyadari, Gaming tak harus tembak menembak dan semacamnya. Untuk itu, Pavilion Gaming 15 ditambahkan sebuah selling poin unik yang tidak atau belum di lirik oleh pabrikan lain kecuali Lenovo Y700 yang belum lama pemmzchannel review. Fitur kamera 3D ini memungkinkan pengguna memainkan beberapa game yang membutuhkan interaksi berbentuk gerakan. Kamera ini akan bertindak sebagai sensor yang akan mendeteksi gerakan sesuai requirement dari game yang kita mainkan.

Upgrade Option

HP Pavilion Gaming SSD Upgrade

Poin ini cukup mengejutkan dimana ternyata, Pavilion Gaming 15 ini membekal slot M.2 yang tentu bisa menjadi solusi meningkatkan performa secara keseluruhan. Walau hal ini sudah umum, terutama bagi sebuah produk yang mencap dirinya laptop gaming. Selain opsi upgrade storage dengan SSD berinterface M.2 SSD, HP Pavilion Gaming 15 ini juga menyediakan 1 slot RAM kosong yang siap menampung sekeping lagi RAM 8GB. Agak disayangkan, SKU yang kita review masih menggunakan DDR3L, belum menggunakan teknologi DDR4.

Design

Menggunakan konsep black gothic dengan tambahan warna hijau pada area workstation, menjadikan laptop ini memiliki identitas tersendiri. Laptop gaming umumnya, menggunakan paduan hitam dan merah, atau hanya hitam saja. Ini dibuat selaras dengan bundling bag pack yang berwarna hijau kombinasi hitam. Terus terang, desain bag packnya simple, tapi cukup eye catchy. Kembali ke laptop, HP Pavilion Gaming 15 ini menggunakan design clamshell dengan area ‘berombak’ dibagian bawah panel LCD. Design ini menonjolkan Engsel yang berotot khas HP Pavilion series.

Secara design, HP Pavilion Gaming 15-ak035TX ini menganut tipikal hybrid design. Kenapa pemmzchannel bilang begitu?. Karena walau menambahkan aura laptop gaming, tapi beberapa point design masih menghadirkan nuansa laptop kantoran ciri khas pavilion. Bagi anda para profesional tapi masih memiliki gaming soul yang tinggi, produk Ini mungkin bisa jadi salah satu pilihan untuk di ajak bermain game di meja kantor.

Workstation & Audio System

HP Pavilion Gaming 15 Keyboard n Workstation

Tekstur berdesign mesh hole berwarna hijau pada palm rest langsung menyita perhatian saat lid lcd cover dibuka. Hal ini nampak lebih tegas saat pengguna membangunkannya dari posisi Sleep dalam keadaan cahaya sekitar yang remang. Semburan backlit hijau pada keyboard menambah dominasi warna hijau hingga hampir menindih warna hitam yang sebenarnya lebih dominan di area ini.  Touchpad menggunakan konsep One Piece dengan ukuran yang sangat luas. Menggunakannya pun sangat nyaman walau belum ditambahkan fitur multi gesture tingkat profesional.

HP Pavilion Gaming 15 Bo Audio

Seperti halnya kebanyakan Pavilion series terbaru, hanya terdapat satu tombol yakni tombol power di bagian workstation ini. di antara tombol power dan logo BnO (Bang Ollufsen), adalah area front speaker. Perlu kita infokan bahwa HP hanya menggunakan codec Bang & Ollufsen untuk sound enhancer-nya saja, tidak dengan hardware speakernya. Serupa dengan Xenom dengan Creative. Tapi pemmzchannel yakinkan, sound system bawaan HP ini cukup keras tapi tetap beraturan memproduksi audio di tiap level frekuensi.

Display Panel

spesifikasi LCD HP Pavilion Gaming

Panel LCD yang digunakan HP Pavilion Gaming 15 merupakan produksi LG, bukan samsung seperti yang digunakan pada laptop yang sama untuk pasar luar negri. Kualitas Panel 15.6-inch beresolusi 1920 x 1080 cukup baik. Bisa di setarakan dengan seri ROG GL versi pertama. Bisa dipastikan panel ini bukan jenis IPS karena fokus gambar akan langsung hilang saat merubah posisi LID. Kontras juga bukan salah satu nilai jual panel LCD ini. Untuk itu, sebaiknya hindari menggunakan laptop ini environment dengan cahaya berlebih.

Port & Connectivity

 

HP Pavilion Gaming 15 IO port and connectivity

Port dan konektifitas yang ditawarkan HP Pavilion Gaming 15 ini sudah mewakili laptop gaming modern saat ini. Di sisi kiri, anda bisa temukan charging port dengan jenis khusus khas HP, LAN port, 1 SD Card reader yang di buat bertumpuk dengan USB port (yang salah satunya masih versi 2.0) dan DVD RW drive. Sedangkan sisi kanan terdapat lubang Exhaust, HDMI port satu lagi port USB 3.0, combo audio jack dan 2 buah led indikator masing-masing adalah power indikator dan hdd indikator.

Posisi USB 3.0 yang tersedia baik di kiri maupun kanan laptop adalah hal yang cerdas. Dimana seringkali, bagian kiri hanya tersedia port USB 2 di beberapa laptop sekelasnya. Sayangnya, posisi port USB di sebelah kiri terlalu berdekatan hingga saat ditancapi device, sangat memungkinkan mengganggu satu sama lain. Lalu indikator juga sedikit kurang umum lokasinya, membuat pengguna harus sedikit mengeluarkan effort saat ingin melihat status HDD.

Performance

Seperti di singgung di atas, paduan Intel Skylake i7 6700HQ dan Gefroce GTX950M 4GB adalah kombinasi laptop yang memposisikan diri antara multimedia dan gaming. Clockspeed dan jumlah core plus hyperthreading pada Intel core i7 6700HQ amat dibutuhkan untuk mengimbangi performa chip grafis Geforce GTX950M. Sedang VRAM 4GB pada GTX950M-nya menawarkan kemampuan grafis untuk merender object dengan lebih cepat. Yang sedikit mengurangi tenaga maksimal dari sang processor mungkin hanya penggunaan DDR3. Tapi itupun baru akan terasa pada aplikasi tertentu atau saat anda melakukan multitasking kelas berat. Untuk performa storage tidak kita bahas karena SKU yang kita review masih menggunakan HDD berbasis piringan. Tapi jika ada kesempatan mendapatkan laptop ini lagi langsung di lab pemmzchannel, pasti kita test dengan SSD sebagai storage utama.

Cooling Performance

HP Pavilion Gaming 15 menggunakan single fan yang ditugaskan untuk mendinginkan CPU dan GPU sekaligus. Untuk paduan i7 6700HQ dan Geforce GTX950M, konfigurasi ini sejatinya sudah lebih dari cukup. Hanya saja laptop gaming masa kini, seharusnya sudah tak lagi mendesign exhaust ke sisi samping. Hal ini mungkin sekali disebabkan karena HP Pavilion Gaming 15 ini masih menggunakan design khas Pavilion yang sebagian besar diisi oleh spesifikasi office dan multimedia. Mungkin ada baiknya, HP melakukan layout ulang agar pengguna lebih nyaman saat menggunakan laptop ini dalam jangka waktu lama.

Area terpanas saat laptop ini berjalan full load ada di bagian kiri atas di bawah tombol power yang notabene adalah lokasi heatsink dan fan. Untuk noise, laptop ini terbilang lumayan tinggi. Tapi masih dalam batas wajar. Di tambah lagi ia hanya mengandalkan single fan yang akan berputar sangat tinggi saat CPU dan GPU dalam kondisi full load.

Kesimpulan

Secara overall, Design HP Pavilion Gaming 15 mungkin bukan yang terbaik di pasar laptop gaming 13 jutaan saat ini. Tapi bagi yang sudah lama menginginkan sebuah laptop gaming dengan design khas Pavilion, hadirnya HP Pavilion Gaming 15 adalah berita gembira. Paket penjualan yang baik termasuk windows 10 original dan bag pack ekslusif, Build quality yang sudah teruji dan konfigurasi hardware yang sangat mendukung upgrade, adalah hal yang perlu anda consider saat membandingkan HP Pavilion Gaming 15 ini dengan laptop gaming sekelasnya. Jangan lupa juga bahwa laptop ini sudah menawarkan Intel Real Sense 3D Camera yang tidak ada pada laptop gaming sekelasnya, bahkan yang lebih mahal. Hal yang mungkin perlu di consider oleh pihak HP mungkin adalah menata ulang system pendingin. Jangan lagi menyamakan dengan laptop berspesifikasi office jika tidak ingin dapat komplain seputar panas dari pengguna.

Pros :
– Build Quality sangat baik
– Sudah termasuk Windows 10 Original
– Bag pack khusus yang eye catchy
– Built-in Intel Real Sense 3D camera
– Tersedia slot M.2 slot untuk menambah storage jenis SSD
– Konfigurasi RAM mendukung upgrade memory yang maksimal
– Audio System dengan Enhancer by Bang and Ollufsen
– Removeable battery

Cons :
– Masih DDR3L
– Kualitas brightness dan warna LCD standar
– Penempatan Exhaust yang bisa mengurangi kenyamanan pengguna

Leave a Reply