Aorus X5S V5

Aorus, brand laptop gaming bentukan Gigabyte ini identik dengan style yang cantik dan tipis, namun memuat spesifikasi yang powerfull. Begitupun dengan successor terbaru untuk line-up 15-inch mereka, Aorus X5S v5. Sebuah laptop gaming 15 inch terbaru dari Aorus ini memuat berbagai teknologi terbaru di dalam package yang slim dan menawan dengan display yang tidak kalah cantik. Without further ado, berikut review Aorus X5S v5.

 

Overview

Aorus X5S v5 adalah generasi kedua dari Aorus X5 series, Laptop gaming yang berukuran 15 inch ini telah mengusung Intel Core i7 6700HQ Quad Core dengan Hyper Threading yang memiliki base clock 2.6GHz dengan Turbo Boost hingga 3.5GHz. Untuk masalah grafis, Aorus X5S v5 memuat Nvidia GeForce GTX980M dengan memory 8GB GDDR5, yang tentunya dapat memuaskan kebutuhan gaming dan juga content creating. Untuk memory Aorus X5S v5 di bekali dengan DDR4 dengan 16GB pada base modelnya, Aorus membekali X5S v5 dengan 4 slot DDR4 dengan maksimum 64GB RAM. Untuk storage sendiri, Aorus X5S v5 memberikan 256GB M.2 SSD dengan teknologi NVMe dan juga 1TB HDD Sata 3 untuk penyimpanan file besar.

Untuk upgradeability Aorus X5S v5 memberikan 2 lagi slot M.2 SSD untuk total kapasitas 1,5TB dengan dukungan Raid 0 untuk performa maksimal. Melihat spesifikasi yang sudah cukup mumpuni pada base modelnya saja, maka save to say bahwa Aorus tidak ingin berkompromi dengan performa.

Power adapter berdaya 210 watt tidak mendapat redesign. Jadi masih terlihat sekali kurang mendukung design unitnya. Sedangkan battery pada Aorus X5S v5 ini memiliki daya 73Wh. Lewat test Battery Eat Pro, ia mampu bertahan selama 90 menit. Lumayan cocok untuk sobat pemmzchannel yang suka bekerja maupun bermain dalam kondisi mobile.

Display

Untuk display, Aorus X5S v5 memuat panel IPS yang memiliki resolusi 3840×2160 yang biasa di sebut 4K atau Ultra HD. Display dari Aorus X5S v5 membuat para user dimanja dengan ketajaman gambar dan kualitas warna. Contrast dan akurasi warna dari display serta viewing angle dari display pun sangat baik berkat teknologi IPS pada panel nya.

Aorus X5S v5 memuat panel buatan Sharp berukuran 15.6 Inch yang berlapis matte yang memiliki brightness yang sangat terang, sehingga Aorus X5S v5 dapat digunakan dengan nyaman di bawah sinar matahari. Dengan resolusi 4K maka para professional dan content creator juga akan menyukai display dari Aorus X5S v5. Display dari Aorus X5S v5 tidak memiliki flex yang berlebihan saat diberi tekanan, sehingga display tidak mudah melengkung maupun pecah dengan hanya tekanan yang ringan.

Bentuk dan Rupa

This slideshow requires JavaScript.

Aorus X5S v5 memiliki konstruksi yang hampir seluruhnya berbahan dasar aluminium berwarna hitam yang sangat cantik. Aorus X5S v5 memiliki desain yang tidak terlalu menunjukan laptop gaming yang flashy. Bagian shell dari Aorus X5S v5 memiliki logo Aorus yang menyala saat laptop digunakan. Ini minor-change yang tak ada pada versi awal. Sayang-nya logo tersebut memiliki permukaan yang glossy sehingga mudah kotor jika terkena jari tangan.

Walau bagian workstation kebawah berdimensi tipis, yang secara teori akan memerlukan sebelah tangan untuk menahan saat membuka LID. Namun ternyata, LCD panel Aorus X5S V5 bisa dengan mudah di buka hanya dengan satu jari.

Port & Konektifitas

Di sebelah kanan laptop terdapat port HDMI 2.0 yang sudah mendukung resolusi 4K hingga 60hz. Bisa anda temukan juga 2 port USB 3.0 serta SD card slot untuk solusi penyimpanan external. Sedangkan disebelah kiri terdapat Mini Display Port, Audio combo port 3.5mm Jack, sebuah port USB 3.1 10GBPS Type-C / thunderbolt combo juga lubang keamanan Kensington lock.

Lalu dibagian depan terdapat 5 LED yang berfungsi menandakan status charging, bluetooth, drive activity dan juga wifi activity. Dibagian belakang laptop terdapat sebuah port USB 3.0 yang terakhir, RJ-45 Ethernet port, VGA output, dan juga DC Power In.

Upgrade Option

Cooling System Aorus X5S V5
Cooling System Aorus X5S V5

Walau dari luar penataan port sangat mirip, ternyata layout yang digunakan oleh Aorus X5S V5 ini jauh berbeda dibanding X5 terdahulu yang menawarkan dual GTX965M. Karena hanya tertanam satu GPU, otomatis Aorus X5S lebih punya banyak ruang tersisa dibagian tengah motherboard. Selain untuk menambah jumlah heatpipe, digunakan juga untuk memposisikan ulang slot M.2 yang saat ini lebih advance karena semuanya sudah mendukung PCIe.

Upgrade Option lain yang ditawarkan Aorus X5S V5 adalah, anda bisa memaksimalkan jumlah RAM hingga 64GB dengan 2 buah slot SoDimm DDR4 yang tersedia. Hal ini menjelaskan, dua RAM bawaannya bisa jadi jenis yang tertanam langsung di bagian bawah keyboard.

Audio System dan Konektifitas

Untuk Audio system, nampaknya belum dijadikan bagian yang menonjol pada Aorus X5S V5 ini. Total terdapat 2 speaker yang diposisikan di bawah panel lcd dan menghadap pengguna plus 1 subwoofer yang berada di bagian bawah laptop. Namun sayang, kualitas tatanan suara yang keluar dari speaker Aorus X5S v5 kurang menggelegar. Mungkin karena tipisnya tadi, ruang akustiknya tidak maksimal.

Konektifitas dari Aorus X5S v5 terbilang sangat baik yang mencakup semua macam port dan juga kebutuhan. Wireless LAN 801.11AC memastikan kecepatan dan jarak wifi yang sangat baik, dan juga Bluetooth v4.1LE dapat menghubungkan Aorus X5S ini dengan hampir semua perangkat terbaru.

Workstation

Keyboard dari Aorus X5S v5 menggunakan full LED backlit berwarna putih di setiap keyboardnya, LED dari keyboard memiliki 2 settingan keterangan. Selain itu disebelah kiri keyboard terdapat macro keys yang dapat di setting melalui Aorus MacroEngine. Keyboard dari Aorus X5S v5 menggunakan scissor switch yang memiliki tactile soft. Key travel dari keyboard Aorus X5S v5 tidak terlalu dalam mengingat tipis nya laptop tersebut. Untuk layout keyboard sendiri terbilang sangat baik tanpa tombol yang hilang maupun dikecilkan.

Trackpad dari Aorus X5S v5 menggunakan glass trackpad yang halus dan juga akurat. Trackpad dari Aorus X5S v5 adalah single trackpad yang tidak memiliki tombol terpisah dari trackpad. Terdapat pula logo Aorus yang menerawang dari balik trackpad. Trackpad dari Aorus X5S v5 memiliki akurasi yang baik dan mampu membedakan tekanan jari maupun gesture. Namun untuk laptop gaming sepertinya tombol trackpad yang terpisah menjadi pilihan yang lebih ideal.

Performa

This slideshow requires JavaScript.

Performa Aorus X5S v5 tidak dapat di ragukan lagi dengan kombinasi Core i7 6700HQ dan Nvidia GeForce GTX980M. Aorus X5S v5 mampu melibas semua benchmark yang pemmzchannel lemparkan. Sobat pemmzchannel tidak perlu khawatir lagi dengan game berat yang sobat pemmzchannel ingin mainkan, bahkan dengan settingan ultra diresolusi Full HD. Aorus X5S v5 memang memiliki panel 4K namun untuk teknologi saat ini kurang memungkinkan untuk memainkan game berat di resolusi tersebut. Namun untuk beberapa game ringan seperti League of Legends, dan Dota 2 dapat di mainkan dengan nyaman. Berikut contoh screenshot dari Review Dark Souls 3 yang sobat pemmzchannel bisa baca di Link berikut ini.

This slideshow requires JavaScript.

Cooling System

Aorus X5S V5 port 4

Patut diberi empat jempol jika kita melihat bagian cooling system dari Aorus X5S V5 ini. Menyadari dimensi yang slim tidak akan mampu memberikan ruang disipasi panas yang maksimal, Gigabyte harus memutar otak agak komponen utama lebih tahan saat digeber dalam kondisi full load selama mungkin. Alhasil, lubang exhaust Aorus X5S V5 dibuat lebih banyak. Tak hanya dibelakang seperti laptop gaming slim kebanyakan, tapi juga melebar hingga ke sisi kiri kanan belakang. Ini memungkinkan udara panas di dalam lebih cepat mendapatkan jalan keluar. Good work

Aorus X5S V5 Cooling System
Lebih banyak heatpipe tanpa saling bersinggungan

Dan untuk bagian dalam cooling systemnya sendiri, Aorus X5S v5 dilengkapi dengan dual cooling fan yang terpisah dan tak saling bersinggungan antara heatpipe CPU dan heatpipe GPU. Tentunya panas dari tiap komponen tidak akan menginterferensi satu sama lain. Agar lebih maksimal, setiap area menggunakan empat heatpipe agar proses perpindahan panas dari CPU atau GPU ke heatsink lebih cepat. Sedikit mengganggu mungkin karena Aorus X5S v5 memiliki suara fan yang cukup nyaring. Tentu kecepatan kipas ini sangat diperlukan oleh dua komponen kelas flagship terutama Geforce GTX980M. Suhu di workstation sendiri masih sangat nyaman dipakai bermain game dalam jangka waktu lama. Tapi bagian bottom case masuk ke teritori kurang nyaman untuk dipangku.

Conclussion

Aorus X5S v5 memiliki spesifikasi yang terbilang sangat kuat untuk kelas laptop gaming. Paduan Core i7 6700HQ dan juga Nvidia GeForce GTX980M dapat memberikan pengalaman bermain dan juga bekerja yang sangat mengesankan. Body yang slim dan juga memiliki konstruksi full metal yang berwarna hitam, memberikan kesan garang sekaligus elegan. Layar yang beresolusi 4K menambahkan keuntungan untuk para professional dalam mengolah konten yang mereka kerjakan. Sayang sekali suara dari fan sangat menggangu bagi anda yang concern akan db noise. Untuk harga, pemmzchannel rasa bandrol Aorus X5S v5 terbilang relatif wajar. Mengingat poin handling dan design yang extra-ordinary.

Pros

+ Desain tipis yang elegan
+ Performa Hebat
+ Upgrade Option yang luas
+ Display 4K yang memanjakan mata

Cons

– Suara fan yang cukup mengganggu
– Agak panas pada saat berjalan full load
– Harga relatif tinggi

=========================================================

Aorus new price April 16
promo Aorus X7 DT GTX 10
REVIEW OVERVIEW
Design
Performance
Display
Price
Cooling System
SHARE
Previous articleRumor : Playstation 4 Neo Akan Rilis November
Next articleWhatsapp Video Call – Sedang di Testing bro
As an avid PC enthusiast, Garry spends slightly more time building computers than he does breaking them. Deep in his heart he is an eSports enthusiast who has been to many eSports events all over the world.

Leave a Reply