Anda pasti pernah, tersesat dalam advertising yang dibuat oleh para vendor smartphone yang seolah-seolah masuk ekspektasi anda. Setelah produk dibeli, yang ada anda kecewa berat karena hampir tak semua yang diiklankan vendor adalah hiperbola marketing. Nah kali ini pemmzchannel ingin mencoba menambahkan tips Memilih Smartphone Android Murah tapi Berkualitas yang mungkin beberapa diantaranya sudah pernah anda baca di portal media gadget lain.

Pahami Segmentasi SoC

Contoh Blok diagram di dalam SoC

Seperti halnya mobil atau motor, SoC yang merupakan otak utama dari sebuah Smartphone Android, digolongkan dalam beberapa segmen. Anggap saja Low, Medium dan High. Nah, tentu dari masing-masing kasta ini, ada batasan-batasan performa dan fitur yang tak akan saling melanggar. Kalau dilanggar, vendor itu sendiri yang akan menerima nasib naas atas beberapa produk mereka yang akan tabrak harga.

Apalagi jika produk tersebut dari brand ternama, makin tipis harapan anda mendapatkan smartpone dengan spesifikasi canggih. Tapi jika anda sudah terlanjur memfavoritkan brand tertentu, sebaiknya ukur kebutuhan bersmartphone ria anda terlebih dahulu. Jika kebutuhan anda penuh oleh multitasking, pertimbangkan untuk mencari smartphone dengan RAM lebih dari 1GB.

Umumnya, dengan dana antara 800 ribu hingga dibawah 2 juta, anda masih dihadapkan pada pada smartphone kasta Low-end. Beberapa ada yang menawarkan spesifikasi mid-range, namun umumnya sudah di kondisikan dengan pengurangan kualitas di beberapa sisi, build quality biasanya. Misalkan qualcomm, paling mudah melihat dari kode angka depan SoC mereka. Contoh Snapdragon 4xx untuk low end, 6xx untuk mid-range dan 8xx untuk high-end.

After Sales Support

Hal yang tak kalah penting adalah dukungan after sales. Bukan hanya kualitas dan kuantitas service center dalam hal ini. Tapi juga development untuk memperbaiki bug yang muncul juga pembaruan Operating System, update versi Android tentunya. Karena pasti sangat menjengkelkan ketika smartphone yang kita gunakan mengalami kendala karena bug, atau ada masalah kompatibilitas dengan aplikasi atau bahkan accesories tertentu.

Bukan meng’under estimate Smartphone lokal, tapi memang produsen lokal ini hanya melakukan re-brand dari vendor asal china. Karena beberapa ada yang membeli putus, atau dengan harga yang tidak termasuk support, jadilah pengguna yang harus pusing mendapatkan software baru. Untuk itu, jangan terburu-buru silau akan spesifikasi yang tinggi tanpa mempertimbangkan kejelasan upgrade software di kemudian hari. Kecuali anda seorang ahli programing linux.

Komunitas

gadget community

Saat ini hampir semua lini produk konsumer memiliki komunitas yang tergabung secara independen. Baik di social media, maupun forum-forum bentukan mereka sendiri. Produsen yang baik adalah produsen yang memfasilitasi kelangsungan grup-grup pengguna produk mereka. Karena secara tidak langsung, dapat mengurangi beban divisi customer service dan customer support. Karena sering kali juga, jawaban dari permasalahan yang muncul datang lebih dulu dari anggota yang tergabung dalam komunitas pengguna ini.

Jadi, amat sangat perlu anda untuk mencari dan bergabung dengan komunitas sesama pengguna untuk mendapat informasi seputar produk. Terutama tips dan know-how memaksimalkan produk smartphone android yang anda gunakan.

Design & Material

Smartphone dengan spesifikasi melebihi harga rata-rata segementasi-nya, sepertinya sudah umum saat ini. Namun, jika ada produsen yang mampu memberikan tawaran produk dengan spesifikasi tinggi plus design dan kualitas material lebih baik, itu yang langka. Dan jikapun ada, bisa dipastikan datang dari merk yang kurang populer. Smartphone dengan material logam almunium selalu memiliki kesan premium dibanding plastik. Jika diantara pilihan anda ada yang menawarkan material logam, kami sarankan pilih produk tersebut. Tapi ingat, perhatikan spesifikasi juga ya.

Saat ini, produsen gadget dari negeri tirai bambu yang dulu hanya bermain di featured phone, sudah mulai menawarkan smartphone android. Mereka tentu di untungkan karena sudah pernah melakukan branding.

Accesories

Gagdet Accesories

Smartphone dengan banyak accesories pastinya sangat menguntungkan. Dengan menggunakan accessories, tampilan bisa selalu segar. Jadi godaan untuk mengganti smarphone android kita dengan produk yang lebih baru jadi lebih minim. Apalagi jika smartphone tersebut kita rencanakan untuk pemakaian yang agak lama. Juga dengan banyaknya pilihan accessories, smartphone kita jadi lebih terjaga kondisi fisiknya karena selalu terlindungi.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply