Review Xiaomi Redmi Note 3: Fitur Premium dengan Bandrol Fantastis

0

Pemmzchannel kali ini menghadirkan review Xiaomi Redmi Note 3 yang belum lama di rilis. Redmi Note 3 hanya menyentuh setengah harga dari sang flagship, Mi 5 yang di bandrol sekitar 7 jutaan. Walau demikian, phablet ini mengusung fitur premium ala flagship, seperti sensor fingerprint. Desainnya pun menarik dan sebagian review Xiaomi Redmi Note 3 membandingkannya dengan flagship Apple. Penasaran? Mari telusuri review Xiaomi Redmi Note 3 berikut ini.

1. Desain

Salah satu seluk beluk yang melatarbelakangi phablet ini dikatakan kembaran jauh flagship Apple adalah pilihan warna yang tersedia sangat mirip dengan iPhone 6. Dengan hampir seluruh body nya berbalutkan metal, Redmi Note 3 mencerminkan aura premium nan elegan. Bahan metal yang dipakai membuat Redmi Note 3 sedikit lebih berat dibandingkan smartphone dengan ukuran serupa.

Smartphone dengan ketebalan 8.7 mm ini cukup nyaman di genggam, walau dengan permukaan yang sedikit licin membuat Anda perlu berhati-hati agar tidak terjatuh. Pada bagian depan, Redmi Note 3 hadir dengan bazel di kiri dan kanan yang sangat tipis. Sementara itu, posisi kamera dan speaker pada bagian belakang Redmi Note 3 menurut kami sedikit mirip dengan HTC M9. Ya, lagi-lagi Xiaomi merancangnya dengan desain ala flagship.

2. Display

Redmi Note 3 masuk ke kategori phablet dengan layar yang berukuran 5,5 inci. Layar beresolusi FHD (1920 x 1080 pixel) dengan ppi 403 menghasilkan kualitas warna yang tajam dan cukup detil. Panel IPS yang diusungnya membuat review Xiaomi Redmi Note 3 semakin baik dari sisi display dan view angle.

Untuk kualitas display dalam ruangan memang terbilang cukup baik. Sayangnya, bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, display pada Redmi Note 3 akan sedikit meredup di bawah sinar matahari. Anda perlu mengakalinya dengan brightness yang dinaikkan levelnya secara manual. Untuk pengaturan auto brightnessnya masih sedikit lambat menditeksi “keberadaan” Anda.

3. Kamera

Kamera utama yang tersematkan pada Redmi Note 3 memiliki resolusi 13 megapixel dan dilengkapi dengan sebuah LED flash. Hasil pengambilan gambar dari kamera dengan aperture f/2.2 ini menjepret foto dengan warna yang tajam. Dari sisi fokus pengambilan gambarnya juga terbilang cepat. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) sehingga sedikit goyang pada saat perekaman video.

Sementara untuk kamera depan yang beresolusi 5 megapixel masih menghasilkan jepretan dengan kualitas standar sesuai kelasnya. Nampaknya Xiaomi bukan berfokus merancang Redmi Note 3 kali ini untuk kebutuhan selfie Anda. Untuk perbandingan hasil foto review Xiaomi Redmi Note 3, kami membandingkannya dengan Mi 4i yang memiliki kamera belakang dengan resolusi sama pada foto di atas.

4. Audio dan Baterai

Kualitas audio yang dihasilkan dari Review Xiaomi Redmi Note 3 bagi kami terbilang memuaskan. Khususnya dari sisi volumenya yang kencang. Untuk mendapatkan bass yang baik, Anda dapat meningkatkannya dengan pengaturan manual di aplikasi bawaan dari Xiaomi bernama Maxx Audio. Tetap menjadi tradisi Xiaomi untuk tidak menyertakan headset di paket penjualan smartphonenya, nampaknya inilah salah satu cara mereka untuk memangkas harga.

Redmi Note 3 di topang dengan baterai non-removable yang memiliki kapasitas 4000 mAh. Untuk pengisian baterai, smartphone dengan fitur fast charging ini dapat mengisi daya penuh selama 3 jam. Hal ini termasuk cukup cepat dengan kapasitas sebesar itu. Walau tak secepat fast charging yang ada pada smartphone dengan prosesor Qualcomm.

5. Fitur dan Software

Fitur utama yang membuat iri para pemilik smartphone dengan range harga di bawah 5 jutaan adalah sensor fingerprint yang sangat dibanggakan oleh Xiaomi. Kami menemukan bahwa sensor teraman saat ini hadir sangat responsif, hanya dibutuhkan waktu 0.3 detik untuk menditeksi sidik jari Anda. Letak area sensor pada bagian belakang smartphone membuat fitur ini akan semakin memudahkan Anda.

Review Xiaomi Redmi Note 3 dengan sistem operasi Android 5.02 Lollipop dan MIUI OS 7 ini membuat interface smartphone menjadi user friendly. Berbagai kustomisasi seperti efek-efek transisi ditawarkan bagi Anda. Namun untuk Google App, Anda perlu menginstallnya secara manual.

6. Performa

Dari sisi performa, Anda bisa melihat lebih detil pada hasil benchmark Antutu diatas. Secara keseluruhan, smartphone yang ditenagai oleh MediaTek octa-core Helio X10 ini menghasilkan performa cukup baik. Review Xiaomi Redmi Note 3 Pemmzchannel kali ini adalah versi prosesor Mediatex dengan RAM berkapasitas 3 GB dengan media penyimpanan internal 32 GB. Performa Redmi Note 3 saat kami bermain game 3D seperti Vainglory pun berjalan lancar, tanpa adanya lag.

7. Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi Note 3

Dimensions / Weight 150 x 76 x 8.7 mm / 164 g
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Display 5.5 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Resolution 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Chipset Octa-core Mediatek MT6795 Helio X10
GPU PowerVR G6200
RAM 3 GB
Memory 32 GB / no card slot
Primary camera 13 MP, 4128 x 3096 pixels, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Features Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
Video [email protected]
Secondary camera 5 MP, 1080p
Connectivity Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, LE
USB microUSB v2.0, USB On-The-Go
Sensors Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Battery Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

 

Leave a Reply