Akhir akhir ini logitech mengeluarkan berbagai keyboard gaming dengan switch proprietary mereka sendiri yakni Romer-G mechanical switch. Seperti halnya Logitech G810 Orion Spectrum terbaru mereka yang lebih dulu rilis. Namun masih banyak gamer yang tetap memilih Cherry MX. Don’t get me wrong, Romer-G sendiri adalah switch yang sangat baik dengan actuation point yang tinggi dengan feeling “tactile’. Namun jika kamu tidak menyukai feeling dari Romer-G, maka kamu kurang beruntung.

Namun sepertinya Logitech mendengarkan permintaan para fans dengan meluncurkan Logitech G610 Orion. Seri yang menggunakan genuine Cherry MX mechanical switches yang tidak hanya memastikan kualitas yang tinggi, namun juga feeling yang familiar.

Without further ado, mari kita telusuri lebih dalam Keyboard gaming terbaru dari Logitech dalam Review Logitech G610 Orion.

Logitech G610 Orion keyboard

Fitur utama dari Logitech G610 Orion adalah penggunaan Genuine Cherry MX Mechanical Switch buatan Jerman. Pemmzchannel tidak membantah jika Romer-G Switch adalah switch yang nyaman dan tahan lama. Namun Cherry MX memberikan flexibilitas dalam memilih feel dari keyboard yang di inginkan. Sayang sekali, walaupun menggunakan Cherry MX, G610 Orion hanya memiliki 26-Key Rollover. Tidak N-Key Rollover seperti beberapa keyboard dari kompetitor.

Pemmzchannel mendapatkan G610 Orion Brown yang menggunakan Brown switch yang silent tetapi memiliki tactile bump yang cukup memuaskan. Unit yang pemmzchannel gunakan untuk Review Logitech G610 Orion merupakan unit review langsung yang di provide oleh Logitech. Selain Orion Brown, Logitech juga menyediakan G610 Orion Red yang menggunakan Red switch. Jenis yang juga silent tetapi tidak memiliki tactile bump atau biasa di sebut dengan linear switch.

Apapun switch yang kamu pilih, Logitech G610 Orion dengan Cherry MX selalu meregister tekanan dengan baik. Dengan dimensi keycaps standar, Logitech G610 Orion juga sangat nyaman untuk mengetik dalam jangka waktu lama. Hingga masih cocok untuk yang ingin menggunakan Logitech G610 Orion untuk kegiatan komputasi lain.

Sayang sekali Logitech melewatkan kesempatan dengan tidak membuat switch  G610 Orion dengan blue switch yang memiliki tactile bump yang lebih garing dan juga memiliki suara clicking yang memuaskan untuk tiap tekanan key-nya. Mungkin Logitech menyasar para pengguna yang menginginkan kesunyian. Tapi pemmzchannel berharap Logitech akan membuat G610 Orion Blue dengan Cherry MX Blue Switch untuk mereka yang sangat menyukai tactile yang kencang dan juga suara keyboard yang mantap.

This slideshow requires JavaScript.

Untuk Build Quality sendiri, G610 Orion terasa berat dengan tidak adanya flex pada keyboard. Kabel yang braided pun menjamin kekuatan dari kabel agar tidak mudah putus ataupun robek, namun tidak dapat di lepas. Sayang nya konektor USB dari G610 Orion tidak gold plated sehingga mengurangi kesan premium pada keyboard.

Logitech G610 Orion juga menyediakan volume slider dan media keys yang tidak tergabung dengan key lain nya. Fitur ini memudahkan para pengguna untuk menyesuaikan volume dan mengontrol pemutar musik maupun video kesukaan mereka.

Desain

Untuk desain sendiri Logitech G610 Orion memiliki model yang serupa dengan kakaknya yang memakai Romer-G switch yakni Logitech G810 Orion Spectrum. Keycaps yang standard dengan volume slider dan juga berbagai tombol pengatur media yang terpisah. Perbedaan desain yang utama adalah, Logitech G610 Orion hanya memiliki backlight berwarna putih. Sedangkan G810 memiliki backlight RGB yang di tunjukan dengan nama Spectrum. Backlight yang berwarna putih menjadikan Logitech G610 Orion sebuah keyboard yang minimalis dan enak di pandang di meja gaming maupun juga di meja kerja.

Logitech G610 Orion berdimensi lebar 44cm, panjang 15cm dan tebal 3,4cm. Ukuran tersebut membuat G610 Orion sebagai keyboard yang memiliki ukuran yang lebih kecil dari kebanyakan keyboard gaming dengan fullsize keyboard. Logitech G610 Orion juga memiliki kaki dengan 2 setting yang bisa ditegakkan. Terdapat pilihan tinggi 4 derajat dan 8 derajat untuk kenyamanan mengetik.

Logitech Gaming Software

This slideshow requires JavaScript.

Seperti gaming gear lain nya dari Logitech, G610 Orion pun menggunakan Logitech Gaming Software untuk mengontrol berbagai fitur yang di sediakan oleh Logitech. Untuk G610 Orion sendiri lightning control nya sangat terbatas yang hanya bisa di atur intensitas, pilihan tombol yang menyala, dan efek gerakan lightning nya, dikarenakan absen nya RGB Lighning yang terdapat di G810 Orion Spectrum.

Untuk macro sendiri semua tombol F1 hingga F12 yang terdapat pada Logitech G610 Orion dapat di rubah menjadi fungsi yang diinginkan untuk kustomisasi yang luas. Logitech Gaming Software untuk G610 Orion juga memiliki Input Analysis yang terdiri dari 2 fitur yaitu Key Press Heatmap dan Key Duration Heatmap. Key Press Heatmap adalah fitur untuk melihat tombol apa saja yang sering kita tekan pada saat bermain. Sedangkan Key Duration Heatmap adalah fitur untuk melihat seberapa lama kita menekan suatu tombol pada saat bermain.

Logitech G610 Orion juga menyediakan tombol gaming mode yang akan mematikan beberapa tombol seperti tombol windows maupun kombinasi tombol seperti alt+tab yang dapat mengganggu sesi gaming para pengguna. Semua ini tentu saja dapat diatur dalam Logitech Gaming Software.

 

promo Aorus X7 DT GTX 10
REVIEW OVERVIEW
Design
Key Switch
Build Quality
Features
SHARE
Previous article5 SSD Performa Terbaik dan Tahan Lama
Next articleVici Gaming Reborn Juara StarLadder iLeague Invitational
As an avid PC enthusiast, Garry spends slightly more time building computers than he does breaking them. Deep in his heart he is an eSports enthusiast who has been to many eSports events all over the world.

1 COMMENT

  1. sebenarnya karena blue sekarang kurang terkenal. red banyak disukai pemain fps, sementara brown lebih ke buat semua orang terutama streamer karena tidak berisik namun masih mempunya tactile bump. fiturpun sudah cukup lengkap karena macro sudah dimasukkan ke f1-f12. hanya saja yang kurang adalah palm rest saja.

Leave a Reply