Halo sobat pemmzchannel, PC Gaming dengan kekuatan besar seringkali berukuran besar juga. Namun sekarang bukan menjadi keharusan, karena perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat proses manufaktur suatu komponen elektronik menjadi semakin efisien sembari menjadi semakin powerful. Dan kemunculan berbagai macam hardware PC yang berukuran kecil membuat ukuran PC Gaming Mini ITX pun semakin populer.

 

Maka pada hari ini kita akan membuat panduan Harga PC Gaming Mini ITX yang berukuran kecil, namun dapat memuat berbagai komponen yang berkemampuan tinggi. Dan untuk mencakup semua budget gamer kita akan membuat dua kategori harga, sekitar 10 juta rupiah dan sekitar 20 juta rupiah. Kamu tetap bebas memilih komponen yang kamu inginkan sesuai budget. Seperti biasa semua build yang kita buat tidak termasuk OS, Monitor, dan juga input.

Without further ado, berikut adalah panduan Harga PC Gaming Mini ITX

2. Sekitar 10 Juta Rupiah

This slideshow requires JavaScript.

Untuk 10 juta rupiah kita mulai dengan CPU Intel Core i5 4460 Quadcore Haswell 3.2GHz. CPU middle range dari Intel yang satu ini memang memiliki price to performance ratio yang tidak dapat di kalahkan. Selain performa bermain game yang baik, CPU ini juga mumpuni untuk beban kerja produktifitas seperti rendering video.

Berhubung kita menggunakan casing yang mini, cooler CPU sangat lah penting karena ukuran kecil membuat airflow agak sedikit buruk di bandingkan casing besar, maka kami memilih Corsair Hydro H60 Water Cooler karena bentuk nya yang kecil dan memiliki performa yang baik dalam casing sekecil ini sekalipun.

Untuk motherboard pilihan jatuh kepada MSI H87I, motherboard satu ini walaupun kecil dalam fisik, namun termuat fitur yang sangat lengkap seperti 7.1 channel audio dan  wifi dan bluetooth card untuk kebutuhan wireless kamu. Dengan chipset H87 mainboard ini juga support RAID untuk menggabungkan beberapa drive kamu secara bersamaan untuk meningkatkan kecepatan ataupun untuk backup.

Untuk kartu grafis pilihan kembali jatuh kepada Zotac GTX960 AMP! 2GB GDDR5. Tidak perlu di jelaskan kembali, GTX960 memang rajanya mid to high. GTX960 mampu menjalankan berbagai game kelas AAA berat dengan detail tinggi hingga 60fps tanpa kesulitan.

Untuk memory, Avexir Core belum tertandingi dalam segi price to performance nya, apalagi untuk seri core, Avexir memiliki 3 pilihan warna LED yang menyala saat PC kita berjalan. Untuk segmen harga 10 juta, kita memilih satu stick 8GB dalam single channel. Dengan mengosongkan satu slot, kita dapat mengupgrade memory di kemudian hari.

Untuk storage kita akan memilih Seagate hybrid SSHD 1TB, karena memiliki performa yang lebih tinggi daripada harddisk konvensional dengan dedicated SSD 8GB-nya. Tentu, kamu bisa menambahkan SSD di kemudian hari.

Dan yang terakhir untuk casing kita memilih Cooler Master Elite 110, Casing imut satu ini tidak bisa di anggap remeh, walaupun ukuran nya sangat kecil, casing ini mampu menampung hingga 3 HDD dan 4 SSD. Dan Elite 110 dapat memuat kartu grafis hingga 210mm serta menggunakan power supply ATX biasa. Untuk power supply sendiri kita akan menggunakan kembali Gamemax GM-600 modular, fitur modular dari power supply ini sangatlah berguna dalam merakit PC Gaming Mini ITX seperti ini karena bisa melepas kabel jika tidak digunakan.

1. Sekitar 20 Juta Rupiah

This slideshow requires JavaScript.

Dengan budget dua kali lipat kita mulai dengan CPU Intel Core i7 6700K Quadcore Skylake 4.0GHz dengan Hyper-Threading dan Unlock multiplier karena ini merupakan seri K dari prosesor intel. CPU ini juga sudah mendukung memory DDR4.

Untuk CPU cooler pilihan kami tidak berubah dari Corsair Hydro H60, karena H60 sangat baik dalam mendinginkan berbagai CPU bahkan dalam kondisi yang sudah overclock.

Mainboard yang kita pilih pun berubah menjadi MSI Z170I Gaming Pro AC, motherboard ini adalah motherboard dengan chipser Z170, sehingga support overclocking CPU seri K dan memory hingga 4200MHz. Motherboard ini juga mensupport Sata express hingga 16Gbps dan sudah termasuk wifi dan bluetooth card.

Untuk kartu grafis kami memilih Zotac GTX970 AMP! karena price to performance yang tiada tandingan nya dan memiliki 60% performa lebih baik daripada adik nya GTX960. Untuk resolusi 1080p hingga 1440p GTX970 tidak akan memiliki kesulitan menjalankan game dengan detail high to ultra hingga 60 fps.

Untuk memory, Avexir Core belum tertandingi dalam segi price to performance nya, apalagi untuk seri core, Avexir memiliki 3 pilihan warna LED yang menyala saat PC kita berjalan. Untuk segmen harga 20 juta kita memilih dua stick 8GB dalam dual channel maka kapasitas menjadi 16GB, lebih dari cukup untuk semua game dan multitasking.

Untuk storage kita akan memadukan Samsung 850 Pro 256GB untuk boot drive dengan Harddisk konvensional berkapasitas 2TB untuk storage drive.

Dan untuk Casing kita memilih Cooler Master Elite 130 karena mensupport kartu grafis yang lebih panjang, dan memiliki airflow yang lebih baik dengan fan samping berukuran 80mm yang telah di include oleh Cooler master. Untuk Power supply Gamemax GM-600 Modular power supply tetap menjadi pilihan karena sudah ideal untuk PC Gaming Mini ITX kita.

Leave a Reply