review ducky shine 5 indonesia

Review Ducky Shine 5 – RGB Mechanical Keyboard. Di pasaran saat ini, pilihan Mechanical Keyboard RGB semakin variatif. Bagaimana tidak, kebutuhan gamer tak hanya performa gahar, namun juga gaming gear dengan tampilan menawan nan seksi. Kali ini Pemmzchannel mengajak Anda mengenali seri mechanichal keyboard terbaru dari Ducky melalui Review Ducky Shine 5. Apa yang menjadi kelebihan Ducky Shine 5 dari seri pendahulunya? Simak review Ducky Shine 5 berikut ini.

Desain

Tidak banyak perubahan dari sisi desain dibandingkan generasi sebelumnya dari sisi desain. Ducky Shine 5 di bungkus dengan plastik matte berwarna hitam yang nampak elegan dan sederhana, namun kesan premium muncul ketika kami nyalakan. Warna-warni RGB ini memang menjadi kelebihan utama Shine 5. Sebuah logo ducky menghiasi hampir sepertiga case belakang.

Keycaps pada Review Shine 5 memiliki kualitas lebih baik dengan double-shot ABS keycaps dibandingkan dengan Shine 4 yang menggunakan standard ABS keycaps. Dengan berat sekitar 1,3kg, bobot Shine 5 terbilang cukup ringan dengan layer PCB double dan lebih luas dibandingkan LED standar.

This slideshow requires JavaScript.

Performa

Pada review Ducky Shine 5 kali ini, Pemmzchannel memilih Cherry MX Brown. Dari sisi feel mengetik, tidak banyak perbedaan dengan Shine 4 seri Cherry MX Brown juga. Secara pribadi, saya cukup menikmati kenyamanan dari tingkat responsivitas ala sih Brown.

Sebagai sebuah keyboard mechanical, Shine 5 terbilang lebih ramah di telinga dengan suara yang tidak terlalu berisik saat pengetikan. Seperti fitur andalan yang ada pada flagship keyboard mechanical, Ducky Shine 5 mengusung fitur 100% anti-ghosting with full NKRO over USB.

Fitur

Konfigurasi Ducky Shine 5 mengikuti standar ANSI. Fitur paling menarik yang ditawarkan oleh Ducky adalah “keyboard bebas software” (ala-ala jalan bebas hambatan. :D). Back-lit tombol dapat di custom masing-masing hanya dengan menggunakan kombinasi tombol di keyboard. Anda tidak memerlukan opsi software tambahan untuk dapat melakukan custom pada setiap tombolnya, termasuk juga custom untuk konfigurasi tombol makro.

Pada review Ducky Shine 5, kami menemukan beberapa mode lighting dengan cara mudah melalui FN+F9 atau FN+10. Anda dapat menciptakan warna-warna unik dengan kombinasi mode warna dan level brightness, atau cara lebih mudah dengan FN+Space+warna yang diinginkan. Shine 5 juga mendukung backlit custom yang disebut Customization Modes. Bagi Photoshop expert ataupun hardcore gamer, Anda dapat mencocokan tombol-tombol dengan pengaturan macro.

Terdapat 4 tombol multimedia, yaitu Cal untuk membuka kalkulator dan 3 tombol volume. Selain itu, Anda juga dapat menemukan key media sebanyak 24 buah dengan kombinasi FN+Windows+tombol huruf.

Fitur andalan Ducky, DIP Switch di bagian belakang akan memudahkan Anda melakukan pengaturan, khususnya memindahkan tombol Windows yang sering menggangu saat bermain game. Terdapat juga fitur USB Repeat Acceleration dimana Anda dapat melakukan pengaturan respon/delay yang dikirimkan keyboard ke komputer.

Conclusion

Tak hanya desain yang elegan dan sederhana, Ducky mengusung konsep simple, efektif nan brilian pada Ducky Shine 5. Berbagai fitur yang ditawarkan akan membawa banyak kemudahan, khususnya bagi para gamer. Pilihan custom yang tersedia juga tidak hanya memaksimalkan fitur RGB, namun juga meningkatkan sisi kenyamanan dikarenakan dapat disesuaikan dengan selera pengguna. Untuk sebuah keyboard mechanical RGB, Ducky Shine 5 seharga 2jutaan dengan semua fitur andalannya ini terbilang worth to buy.

Demikianlah review Ducky Shine 5 kali ini. Anda masih bisa mencoba produk display di salah satu showroom Ducky.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply