Hello sobat pemmzchannel, pernah tidak kamu kebingungan dengan cara memindahkan game steam yang ada di komputer kamu ke komputer baru atau ke laptop?. Atau kamu tidak punya internet yang unlimited untuk mendownload ulang?. Kali ini pemmzchannel akan memberikan cara memindahkan game steam untuk kamu semua. Kita akan memakai cara backup restore steam, dan juga cara copy paste. Sobat pemmzchannel bisa memilih antara kedua opsi tersebut.

1. Cara Backup Restore

This slideshow requires JavaScript.

Kamu bisa memulai dengan mengclick tulisan steam di kanan atas dan memilih opsi backup and restore game. Pilihlah game yang ingin kamu pindahkan/backup. Pemmzchannel menggunakan contoh game Dota 2 untuk opsi ini. Steam akan memberitahu berapa size kosong yang di butuhkan pada penyimpanan kamu. Jika kamu menggunakan DVD, kamu bisa juga memindahkan file ke DVD kosong, steam akan secara otomatis membagi ukuran file menjadi DVD.

This slideshow requires JavaScript.

Setelah kamu mengcopy file backup dari steam, kamu bisa memindahkannya ke komputer lain. Untuk merestore, caranya hampir sama seperti proses backup. Kamu hanya perlu kembali ke menu di kiri atas steam dan menuju backup and restore. Tetapi kali ini kamu harus memilih opsi restore. Lalu kamu bisa mengarahkan steam pada folder backup yang telah kamu pindahkan. Selanjutnya steam akan memberitahu berapa banyak space yang di butuhkan untuk merestore. Jika game kamu tidak yang terbaru tidak masalah, steam akan langsung mendownload patch terbaru, maka game akan siap di mainkan.

2. Cara Copy Paste

Kamu bisa membuka lokasi folder dimana game kamu di install oleh steam. Biasanya terletak di folder Steam/steamapps/common/(namagame). Nama folder dapat berubah tergantung di drive kamu menginstall maupun versi windows yang kamu install.

steam9

Atau jika kamu tidak familiar dengan struktur folder, kamu juga bisa mengklik kanan game yang ingin kamu pindahkan dari steam dan memilih properties. Lalu di tab local files kamu bisa memilih browse local files untuk membuka lokasi dari folder game kamu.

steam2

Kamu bisa mengcopy folder game yang kamu ingin pindahkan ke penyimpanan external pilihan kamu. Pemmzchannel akan menggunakan contoh Counter Strike: Global Offensive. Namun kamu juga bisa memindahkan Dota 2 dengan cara yang sama.

steam1

Jika kamu sudah selesai mengcopy folder game yang ingin kamu pindahkan, kamu bisa mem paste nya kembali di folder steam yang sama kembali.

steam3

Install game seperti jika kamu ingin menginstall game dengan mendownload. Steam secara otomatis akan mendeteksi file game tersebut, maka kamu tidak perlu lagi mendownload. Terkadang steam akan mendownload beberapa file kecil untuk menyesuaikan kompabilitas dengan komputer/laptop kamu.

steam4

Jika file game kamu ternyata tidak yang terbaru, tenang saja Steam akan otomatis melanjutkan update game kamu ke versi yang terbaru, dan kamu siap memainkan game kesayangan kamu kembali. Total waktu dari proses ini tergantung dengan ukuran game yang ingin kamu pindahkan.

steam5
Demikian cara memindahkan game steam dari pemmzchannel. Jika kamu ingin belajar melempar smoke grenade dalam game Counter Strike: Global Offensive, kamu bisa klik disini, Untuk tips tips, berita dan update Dota 2 kamu bisa klik disini. Selamat mencoba!

Leave a Reply