Semakin Banyak Laptop Dengan Memory Ram Onboard, Apa Kabar Dual Channel?

Dari beberapa produk baru yang hadir akhir-akhir ini, terlihat sekali mereka berlomba-lomba untuk membuat dimensi keseluruhan menjadi jauh lebih tipis. Tentu, ini mengorbankan beberapa komponen di dalamnya. Ada yang dibuat onboard, bahkan di hilangkan. Setelah Intel membuat semua CPU mereka (hampir 90%) berjenis BGA (Ball Grid Aray) atau istilahnya “Onboard” di Indonesia, kini giliran Memory (RAM) yang di buat Onboard. Nah Kali ini, pemmzchannel akan mencari tahu hal apa yang membuat banyak produsen memilih untuk mengebiri DIMM slot ke-2 demi mengejar dimensi. Untuk itu, kami akan ukur peningkatan performa dual channel memory pada Laptop, khususnya laptop Dengan Memory RAM Onboard .

Seberapa Penting fitur Dual Channel?

Tentu saja, terkadang opsi upgrade pengguna seperti dikebiri oleh pabrikan. Tapi mungkin tidak untuk semua pengguna. Bagi anda yang tak pernah mengeluhkan kinerja system notebook atau laptop anda, mungkin tak akan pernah terpikirkan untuk upgrade komponen. Apa yang dibawa laptop anda mungkin sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan komputasi anda. Tapi bagi anda yang saat memutuskan membeli laptop yang terjangkau karena alasan budget, tentu memiliki harapan tinggi akan opsi upgrade komponen untuk setidaknya meningkatkan kinerja laptop standar.

Fitur dual channel memory secara teori memberikan bandwith yang lebih besar hingga dua kali lipat untuk kebutuhan proses komputasi. Tentu saja dengan syarat operating system (OS) dan aplikasi yang sedang berjalan mendukung fitur dual channel ini. Ilustrasinya mungkin mirip dengan jalan raya dan jumlah mobil yang melaluinya. Jika jalan raya (bandwith) semakin luas, tentu saja dapat menampung lebih banyak mobil (transfer data).

Apa pengaruhnya Laptop Dengan Memory RAM Onboard?

Umumnya, kapasitas memory atau RAM yang tertanam terbilang “pas-pasan” bahkan cenderung “kekurangan”. Selain karena untuk menekan harga jual, biasanya ini strategi untuk memperluas pilihan SKU sebuah type produk. Di produk low-end, biasanya mulai dari 2GB. Dengan hanya 1 slot memory, otomatis pengguna hanya bisa menambah sekeping memory berkapasitas 4GB (jarang sekali bisa tambah 8GB). Sedang untuk kelas menengah, biasanya di tanam memory pertama berkapasitas 4GB. Dengan hanya 1 slot memory tersedia, otomatis pengguna hanya bisa menambah sekeping memory berkapasitas maksimal 8GB.

Untuk tujuan memaksimalkan performa komputasi, tentu saja pengguna akan memilih memory dengan kapasitas terbesar yang bisa di tampung notebook mereka. Hal ini terkadang memaksa pengguna untuk tidak mempertimbangkan konfigurasi dual channel maksimal. Secara teori, fitur dual channel akan tetap bekerja, hanya saja dual channel akan berjalan pada konfigurasi hardware terendah. Artinya, memory kedua tidak akan bekerja maksimal saat fitur dual channel aktif.

Test Pengujian Efektifitas dan Peningkatan Performa Dual Channel Memory 

Sebagai gambaran, kita akan lakukan percobaan pada sebuah notebook yang secara default sudah dibekali RAM onboard plus 1 buah slot memory RAM. Kita lakukan dua metode Test yang kita terapkan pada unit test. Pertama, berjalan secara default dengan onboard memory RAM nya saja. Kemudian berjalan dengan tambahan memory RAM dengan kapasitas dan spesifikasi yang mendekati aslinya.

Test Bad yang kita gunakan kali ini adalah Asus K401LB dengan spesifikasi bawaan sbb :

Display : 14.0″ 16:9 Full HD (1920×1080)
Processor : Intel® Core™ i5-5200U, 2.2GHz (3M Cache, up to 2.7GHz)
Memory : 4 GB DDR3L 1600 MHz SDRAM (OnBoard), 1 x SO-DIMM socket for expansion up to 12 GB SDRAM
Storage : 1 TB 5400 Rpm HDD
Graphics : NVIDIA® GeForce® GT940M : 2GB
Optical Drive :
Operating System : DOS
Camera : HD Web Camera
Audio : Built-in Speakers And Microphone
ASUS SonicMaster Technology
Networking : Integrated 802.11 a/b/g/n/ac
Built-in Bluetooth™ V4.0
Slots/Interface :
1 x 3 -in-1 card reader ( SD/ SDHC/ SDXC)
1 x COMBO audio jack
2 x USB 3.0 port(s)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
1 x Mic-in/Headphone-out
1 x Line in/Line out
Battery : 3Cells 48 Whrs
Power Adapter : Output : 19 V DC, 3.42 A, 65 W
Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
3/ 2 pin compact power supply system
Dimensions : 34.3 x 24.1 x 2.09 cm (WxDxH) (w/ 3cell battery)
Weight : 1.65 Kg

Dan berikut adalah hasil atau nilai dari masing-masing benchmark yang kita lakukan pada Asus K401L yang notabene menggunakan memory RAM Onboard dan sudah kita ubah ke format table.

  1. WinRAR (Compression Time)
  2. AIDA64 Cache and Memory Benchmark (Memory Latency)
  3. Adobe Premiere Rendering (Render Time)
  4. RE6 Benchmark (Avarage FPS by FRAPS)

This slideshow requires JavaScript.

Kesimpulan

Dari pengujian ini, kita mendapatkan kesimpulan bahwa, mungkin sekali produk-produk yang saat ini memutuskan mengadopsi onboard Memory memang menyasar pengguna yang membutuhkan hardware siap pakai. Tidak berencana upgrade karena hanya membutuhkan kemampuan standar untuk aplikasi standar. Dalam penggunaan sehari-hari, memang pengguna hingga saat ini belum mendapatkan benefit yang maksimal dari konfigurasi dual channel. Tentu persentase di atas akan meningkat seiring kelas hardware yang digunakan.

Sebaliknya, persentase peningkatan performa dari konfigurasi single channel ke dual channel, sangat terasa sekali untuk para profesional dan pelaku enterpraise. Saat konfigurasi dual channel aktif, terasa sekali manfaatnya pada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan bandwith lebar seperti video editing dan virtualisasi.

Jadi menurut tim pemmzchannel, itu salah satu alasan mengapa para produsen laptop kelas mid-low lebih mengejar dimensi dibanding opsi upgrade ke dual channel.

promo-pemmz

19 COMMENTS

  1. gan, mau bertanya. saya baru saja membeli asus K401L. itu RAM nya on board ya? saya upgrade ram, maksimal berapa? dan apa rekomendasi ram terbaik untuk upgrade ram di asus K401L, saya memakai laptop untuk editing dan rendering juga sesekali main Battle Field 4 online. Tolong disaranin buat saya gan ya. terima kasih

    • maksimal 12GB sebenarnya. Anda masih bisa tambah 8GB sekeping di slot RAM yang kosong. Untuk laptop, apalagi sangat tidak terbuka opsi overclock, penggunaan RAM standar sudah sangat baik, penting sesuai requirement nya yakni DDR3L. Corsair VS udah OK

  2. Mas Rifan, klo laptop K401L ini diupgrade RAM nya pake yang 8GB apakah fitur dual-channel nya jadi aktif ?
    Apa harus pake yang 4GB, sama dengan kapasitas RAM onboard nya ?
    Apa sih syarat-syarat supaya fitur dual-channel nya aktif ? Terima kasih buat jawabannya.

    • Aktif, hanya aktifnya akan mengikuti Dimm yang lebih rendah. Di kasus K401L, aktif dual channel 2 x 4GB doank

  3. mas, laptop saya asus x555dg, ram nya onboard 4gb 1600mhz, nah kan sudah saya tambah lagi yang 4gb 1600mhz ddr3L kok nggak kebaca dual channel ya di CPUZ nya?

    terimakasih sebelum nya

  4. Mas, klo 1 slot itu ditambah 8GB, itu kebacanya bisa 2x4gb dual channel & 4gb single channel atau gimana? Sama kalau misalnya require game minimun ram 8gb apa bisa jalan lebih lancar di 2x4gb channel dibanding 1×8?

  5. Mas Rifan, saya punya laptop Asus A455LF core i3 dengan RAM onboard 2GB, apakah tidak masalah jika saya menambah 8GB RAM pada slot yang satunya? Terus apakah itu support dual channel?

  6. Gan kalo asus e202sa ram nya tidak bisa di upgrade yah? kalo emg tidak gimana cara kita mengatasi untuk keperluan editing di photoshop,browsing di chrome, dan ngoding? apakah dengan mengganti hdd ke ssd ada dampak pengaruhnya?

    • E202 di desain untuk office dan komputasi sederhana. Sudah jelas, tidak akan mumpuni untuk photoshop, sekalipun sudah pakai SSD.Lebih baik, nabung mas, ganti yang ada dedicated GPU

  7. Mas Rifan, ane mau tanya nih, ane punya lenovo ideapad 100-14ibd dengan vga 920mx dan 4gb ram, ane cek di google sih, maks nya cuman 8gb, trus waktu ane tanya yg jual katanya masih ada 1 slot buat upgrade +4gb maupun +8gb, tapi waktu ane cek pake cpu z, ane merasa suatu yg janggal, ane cek ram saya dual channel 4gb ddr3, tapi pada slot 1 hanya 2gb dan slot 2 kosong, apa itu berarti ram saya 2gb onboard, 2gb di slot 1 dan slot 2 nya kosong? Apakah bisa di up ke 8gb? Maaf banyak bertanya, terimakasih

  8. Om, klo Ram onboard seperti pada Asus A455L terindikasi rusak,, bagaimana penyelesaiannya? harus diganti yg onboard atau cukup ditambah ram baru dislot memory satunya? ini laptop saya ngerstart mulu dan pas dilakukam memory test, hasilnya ada kerusakan pada memory katanya

    • Sepertinya gak akan pass dia kalau RAM onboard yang rusak. Meskipin pasang RAM baru di slot yang kosong

Leave a Reply