MLG Columbus adalah Major untuk Counter Strike Global Offensive yang di selenggarakan oleh Valve dan di Organisir oleh Major League Gaming. MLG Columbus adalah Major CSGO pertama yang memberikan hadiah hingga 1 Juta Dollar Amerika atau sekitar 13 Miliar Rupiah.

Fase grup dari MLG Major Columbus telah selesai, dan tim-tim yang berhasil melaju ke babak perempat final pun telah di ketahui. Berikut adalah ulasan nya.

Grup A

b7mSYz5cg69j.878x0.Z-Z96KYq
Permainan solid dari GeT_RiGhT membantu NIP memenangkan laga kontra FlipSid3

Match pada Grup A di mulai dengan NiP bertanding dengan FlipSid3 yang di menangkan oleh NIP dengan skor 19-17 di map de_cache. Björn ‘THREAT’ Pers sang pelatih menggantikan Jacob ‘pyth’ Mourujärvi yang tidak dapat hadir karena masalah visa, semua orang menganggap NIP tidak bisa berbuat banyak. Namun NIP menunjukan gigi mereka lewat aksi duet Christopher ‘GeT_RiGhT’ Allesund dan Patrik ‘f0rest’ Lindberg. Selanjutnya terdapat Luminosity melawan Mousesports yang di menangkan oleh Luminosity dengan skor tipis 16-13 pada map de_mirage yang merupakan spesialis dari Luminosity.

1441653028.8363
Kemampuan Niko seperti biasa mampu mengangkat performa Mousesports

Lalu pada hari kedua terdapat losers match yang di awali oleh FlipSid3 yang menantang Mousesports pada map de_cobblestone yang di menangkan oleh Mousesports dengan skor 31-28 dalam lima kali overtime yang memakan waktu hampir 2 jam. Kemenangan Mousesports tidak lepas dari peran Nikola ‘Niko’ Kovač dan Chris ‘ChrisJ’ de Jong yang melakukan clutch berulang kali. Selanjutnya NIP di permalukan oleh Luminosity pada winners match dengan skor 16-5 pada map de_mirage.

Threat-672x336
Sang Coach THREAT pun tidak ketinggalan dalam memberikan pertunjukan yang spektakuler

Pada match penentuan NIP berhasil mengalahkan Mousesports 2-1 dengan skor 16-5, 12-16, dan 16-9 masing masing pada map de_cobblestone, de_cache, dan de_overpass. Aksi dari GeT_RiGhT lagi lagi berperan dalam memenangkan NIP, tidak lupa juga peran sang coach, THREAT yang memiliki permainan yang solid.

Grup B

s1mple mampu membawa kemenangan bagi Team Liquid dengan performa yang solid
s1mple mampu membawa kemenangan bagi Team Liquid dengan performa yang solid

Grup B sendiri terjadi kejutan dari Team Liquid yang melibas FaZe Clan dan Juara 3 kali, Fnatic untuk maju ke perempat final. Masing masing dengan skor 16-11 pada map de_cache dan 22-19 dalam dua kali overtime pada map de_dust2 berkat aksi brilian dari semua anggota Team Liquid.

Splyce, tim yang berhasil melalui kualifikasi MLG Major Columbus, tidak dapat berkutik, mereka di ratakan oleh Fnatic dan FaZe dengan skor mencolok 16-5 di de_train dan 16-3 di de_inferno.

1437237736.29
Olofmeister, sang permain terbaik dunia 2015, membuat Fnatic dengan mudah melangkahi FaZe

Pada seri akhir Fnatic menghancurkan FaZe 2-0 langsung dengan skor 16-10 dan 16-6 pada map de_mirage dan de_cobblestone. Hasil ini tidak mengagetkan mengingat performa FaZe yang sedang menurun akhir akhir ini, yang di perburuk oleh garang nya Fnatic sendiri.

Grup C

Grup C juga tidak kalah mengejutkan dengan juara bertahan EnVyUs langsung rubuh pada fase grup. Masing masing oleh CLG dan Gambit dengan skor 16-8 dan 16-13 pada map de_cobblestone dan de_cache yang merupakan salah satu map spesialisasi dari EnVyUs.

AWP dari Device membawa Astralis melenggang dengan mulus
AWP dari Device membawa Astralis melenggang dengan mulus

Sementara itu Astralis melenggang mulus dengan melibas Gambit dan CLG dengan skor
16-10 dan 16-9 pada map de_train dan de_overpass yang merupakan dua map yang di hapal mati oleh Astralis.

Tidak kalah dengan Device, jdm64 juga menghancurkan Gambit dengan AWP nya
Tidak kalah dengan Device, jdm64 juga menghancurkan Gambit dengan AWP nya

Pada seri penentuan CLG berhasil mengalahkan Gambit 2-1 dengan skor 13-16, 16-11, dan 16-10 pada map de_cache, de_cobblestone, dan yang terakhir de_mirage. Ialah Joshua ‘jdm64’ Marzano dengan aksi AWP nya yang mampu meratakan Gambit.

Grup D

Guardian si raja AWP membuat langkah Navi menjadi mulus
Guardian si raja AWP membuat langkah Navi menjadi mulus

Grup D tidak terdapat hasil yang mengejutkan. Navi berhasil melaju melewati Cloud9 dan Virtus.Pro tanpa halangan yang berarti, dengan skor 16-9 dan 16-4 dalam map de_train dan de_cobblestone berkat aksi Ladislav ‘Guardian’ Kovacs dengan AWP nya.

AWP yang solid dari Smithzz menghapus harapan Cloud9 melangkah lebih lanjut
AWP yang solid dari Smithzz menghapus harapan Cloud9 melangkah lebih lanjut

Sedangkan Virtus.Pro berhasil meratakan tim perancis G2 dengan skor fantastis 16-1 pada map de_train. G2 langsung bangkit dengan melibas Cloud9 dengan skor 16-3 pada map de_dust2 yang seharusnya menjadi map andalan dari Cloud9 dengan AWP dari Tyler ‘skadoodle’ Latham. Namun skadoodle tidak bisa berkutik karena permainan fantastis dari Edouard ‘Smithzz’ Dubourdeaux juga dengan AWP nya.

NEO sang veteran dari Virtus.Pro, bersama Taz dan Pasha mengalahkan G2 untuk kedua kalinya
NEO sang veteran dari Virtus.Pro, bersama Taz dan Pasha mengalahkan G2 untuk kedua kalinya

Pada seri penentuan Virtus.Pro kembali menghadapi G2, dan kali ini juga Virtus.Pro dapat melewati mereka. Walaupun kali ini G2 memberikan perlawanan, Virtus.Pro menang 2-1 dengan skor 16-9, 9-16, dan 16-7 pada map de_train, de_inferno, dan de_cobblestone. Kerja sama tim yang baik dari Virtus.Pro mampu mengalahkan G2, hal ini di tunjukan dengan performa baik dari semua anggota.

 

Demikianlah ulasan fase grup dari MLG Major Columbus. Pada hari esok saya akan mengulas babak perempat dan semi-final. Dan yang terakhir stay-tuned di pemmzchannel untuk mendapatkan skins CSGO secara gratis. 😉

All photo credits belong to hltv.org

Leave a Reply