DisplayPort 1.4

Baru-baru ini, VESA (Video Electronics Standards Associate) memperkenalkan versi terbaru dari interface DisplayPort yang pengembangannya ada di bawah mereka. DisplaPort 1.4 , merupakan penerus dari DisplayPort 1.3 yang sudah ditingkatkan untuk mendukung bandwith dan kebutuhan kompresi video hingga resolusi 8K. Nantinya, interface yang akan di pakai tidak hanya DisplayPort, tapi juga USB 3.1 type C.

DSC 1.2 pada DisplayPort 1.4

Jalur data yang dibutuhkan untuk melewatkan sebuah video 4K lewat jalur USB type C tentulah sangat besar, jadi bisa dibayangkan, seberapa besar lagi jika yang mau di kirimkan sebuah video 8K. Solusi dari VESA ini fokus pada teknologi Display Stream Compression (DSC) dibanding meningkatkan lebar jalur data yang ada. Pada versi 1.2 ini, DSC memungkinkan mengkompres hingga 3:1 dan tanpa kehilangan kualitas tampilan.

Update penting sebelumnya untuk interface DisplayPort sejak versi 1.3 ada pada September 2014 lalu. Kala itu, DisplayPort mulai menggunakan teknologi VESA’s Display Stream Compression (DSC). Selain menambah dukungan resolusi 8K via USB-C, DisplayPort 1.4 juga meningkatkan dukungan audio menjadi 32 channel, dengan sampling hingga 1536KHz serta dukungan format audio yang lebih lengkap.

Satu hal yang akan menjadi daya tarik kuat jika DisplayPort 1.4 ingin lebih menjual dari kompetitornya adalah penggunaan USB-C, selain konektor standarnya yang “unik”.

Lebih Lanjut

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply