Khronos sebuah konsorium dibalik OpenGL dan API open source lainnya telah merilis Vulkan versi 1.0 yang merupakan API untuk grafis penerus dari OpenGL, OpenGL ES dan AMD Mantle.

Khronos juga merilis banyak dokumen, driver, SDKs, conformance test, dan beta support untuk mendukung para developer. Tujuan utama Vulkan adalah menjadi low-level API yang sederhana, sangat efisien dan konsisten terhadap perbedaan hardware.

Vulkan dirancang untuk dapat berjalan pada semua hardware yang mendukung OpenGL dan akan berjalan pada sistem operasi Linux dan Windows, tanpa terkecuali untuk Windows XP, 7 dan 8 karena Vulkan tidak bergantung terhadap driver seperti layaknya DirectX 12.

Pihak Khronos juga menyatakan bahwa hanya akan ada satu framework untuk Desktop, mobile, console dan system lainnya sehingga tidak ada versi yang berbeda-beda dari tiap-tiap perangkat.

Dari pihak vendor grafis, AMD sudah mengkonfirmasi bahwa semua kartu grafis dengan teknologi GCN (Graphic Core Next) akan mendukung Vulkan dan akan segera merilis driver untuk API ini, sedangkan Nvidia menyatakan semua kartu grafis Kepler ke atas akan mendukung Vulkan. Pihak Intel juga telah mengkonfirmasi bahwa Skylake akan mendukung Vulkan namun belum ada kabar mengenai Haswell dan Broadwell.

Apa dampaknya bagi para gamer? Untuk saat ini mungkin tidak banyak karena belum banyak game yang mendukungnya tapi ini adalah hal bagus, karena akan ada persaingan bagi API lainnya seperti DirectX untuk memberikan performa yang terbaik.

Sumber

Leave a Reply