Secara desain, unit review Asus ROG G752VL kali ini sama seperti yang terlihat pada video hands-on preview kita saat produk ini di launching Asus Indonesia. Sayang memang, seri yang kita review kali ini merupakan seri paling bawah dengan GPU Nvidia Geforce GTX965M. Tapi, mari lihat lebih dalam sisi lain dari Asus ROG G752VL yang hadir dengan desain yang benar-benar fresh ini.

1. Spesifikasi

Spesifikasi Asus ROG G752VL – klik untuk melihat Spek lengkap

Di kesempatan review Asus ROG G752VL kali ini, mungkin kita lebih fokus pada poin-poin diluar performa. Seperti spesifikasi, desain dan fitur yang di klaim lebih memanjakan para penggunannya nanti. Karena seperti yang anda ketahui, seri terbaru Asus ROG G700 series ini selain membawa spesifikasi CPU terbaru dari Intel yakni Skylake, kemampuan storage-nya juga sudah lebih modern dengan hadirnya PCIe 3.0 untuk bandwith transfer hingga 4x lebih cepat dari interface SATA 3. Lalu, konektifitas juga mendapat refresh mengikuti spesifikasi CPU dan chipset Intel terbaru yang di bawa G752.

2. Desain

Paduan warna baru, Gunmetal, bronze dan sedikit warna hitam adalah perubahan yang paling dominan pada desain Asus ROG G752VL ini. LCD cover didominasi brushed gunmetal solid berbahan almunium dengan tambahan dua customable lightning line merah mengapit logo ROG yang juga memancarkan warna merah. Bagian “buritan”, desain extra large exhaust-nya memudarkan kesan tebal dari notebook ini. Bagi sebagian ROG lovers mungkin bingung, apa masih Asus yang mendesain G752 ini. Hingga review ini naik, belum ada kabar G752V akan tersedia dalam warna hitam, warna yang sudah melekat lama pada produk-produk Asus ROG.

Tarikan garis yang tertoreh di sekujur barebone-nya juga semakin tajam, membuat aura futuristik makin muncul ke permukaan. Paling terlihat pada desain workstation dimana garis-garis tadi seperti memisahkan dua permukaan bahan yang berbeda. Ah sudahlah.. Seandainya ada design award di pemmzchannel, Notebook ini juara-nya.

Beralih ke bottom cover, posisi yang biasa digunakan untuk area keluar masuk udara (mesh hole), oleh Asus digantikan dengan sejenis mika transparan. Dari permukaan ini, pengguna bisa melihat bagian cooling system berkerja. Pemmzchannel pernah menyarankan pada pihak Asus saat mereka melaunching produk ini untuk menambahkan lightning effect agar lebih eye-catchy. Yang perlu dpertanyakan, lewat mana udara segar masuk pada ROG G752VL ini? Sepertinya, Asus mengandalkan maintenance door sebagai jalan masuk udara segar. Logikanya, sedikit jauh dari area cooling dan sangat bergantung dari daya hisap si kipas.

Turun sedikit ke bawah, terdapat maintenance door yang bisa anda buka tanpa halangan segel. Dari sini, kamu bisa mengakses slot 2,5-inch sata, 2 buah slot M.2 PCIe, dan sepasang slot DIMM DDR4. Dipastikan dua slot lainnya ada dibagian bawah keyboard. Untuk anda yang ingin memaksimalkan hingga 64GB, jangan sembarangan buka ya. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan yang expert. Agak kekanan dari maintenance door, anda bisa temukan sebuah area sub-woofer yang dibrand dengan nama Sonic Bass Woofer.

3. Display & Audio

Panel monitor yang di pakai Asus ROG G752VL adalah LG Philips LP173WF4-SPF3 memiliki kualitas yang sama dengan seri G751. Lapisan matte-nya super, tak membuat kontrast juga saturasi warna menurun, bahkan masih cukup jelas di bawa ke outdoor. Nilai black levelnya juga sangat baik, layak untuk anda yang hobi game-game horor atau game-game yang banyak scene gelap. Semua SKU Asus ROG G752V sudah dilengkapi teknologi G-Sync secara default.

Asus ROG G752V menggunakan konfigurasi audio 2.1 dengan sub-woofer. Suara yang dihasilkan memang sepintas menggelegar. Tapi saat disandingkan dengan sesama notebook 17-inch, baru terlihat bahwa volume audio pada G752 ini kurang maksimal. Belum lagi nada-nada yang di produksi cenderung flat. Bagusnya, ada ROG Audio master yang bisa memoles hasil akhir hingga lebih empuk masuk ke telinga.

4. Workstation

Dual face workstation

Full sized keyboard dengan ukuran tuts yang besar serta travel key hingga 2.5mm membuat pengguna desktop tak akan merasa “grogi” bermain game di Asus ROG G752VL. Pun begitu, fitur anti-ghosting-nya belum sehalus yang ditawarkan keyboard gaming versi desktop. Backlit merah bisa anda sesuaikan terangnya hingga tiga tingkatan. Sayangnya, menurut pemmzchannel, warna merah ini jadi kurang matching dengan kombinasi bronze dan hitam pada workstation. Asus ROG G752 menawarkan macro key yang lebih banyak dari G751. Total terdapat penambahan 2 tombol yang menjadikannya memiliki total 5 buah Macro key.

5. Upgrade Option

Asus ROG G752VL Maintenence door

Seperti anda lihat pada foto bottom cover dengan maintenance door terbuka di atas, kemungkinan upgrade pada Asus G752VL ini hanya ada pada RAM hingga 64GB (dengan 4 dimm memory) dan Storage. Asus ROG G752VL membawa opsi upgrade storage berbasis PCIe 3.0. Asus sendiri secara jelas memperingatkan bahwa kedua slot M.2 yang ada pada Asus ROG G752VL hanya bisa dipasangkan M.2 PCIe 3.0. Artinya dan sudah pula kami buktikan bahwa seri ini tidak bisa menggunakan standar M.2 SSD berbasis SATA. Hanya bisa menggunakan SSD NVMe. Namun Asus juga mengkonfirmasi bahwa saat ini tidak memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem RAID untuk dua slot M.2 tersebut.

Sebab jenis storage M.2 PCIe di Indonesia bahkan di dunia masih terbatas, nampaknya calon pengguna harus sedikit bersabar hingga pembuat SSD selain Samsung ikut memproduksi M.2 SSD berbasis PCIe (NVMe). Bagi yang sudah tidak sabar, silakan saja hubungi technikal pemmz untuk konsultasi seputar upgrade storage pada Asus ROG G752VL ini.

6. Port & Connectivity

Laptop 17-inch adalah target desktop replacement paling sesuai. Semua yang mungkin ditemui pada PC Desktop, sangat mungkin diterapkan pada sebuah laptop gaming 17-inch. Di Asus ROG G752VL, bisa kita temui berbagai konektifitas mulai dari Ethernet RJ45 port, USB 3.0, USB 3.1 type C ThunderBolt combo, HDMi juga mini DisplayPort. Yang unik, Asus memberi dua opsi untuk jenis audio jack. Terdapat port audio terpisah untuk headset konvensional juga combo audio port untuk kebanyakan headset gaming modern saat ini. Sebuah SD Card Reader dan Blu-Ray Drive serta dua buah port USB 3.0 lagi, bisa anda temukan pada bagian kiri notebook. Bagian depan dan belakang tak dimanfaatkan untuk menempatkan port apapun.

7. Performance

Performa Nvidia Geforce GTX965M masih bisa diandalkan untuk menjalankan game-game triple AAA terbaru di resolusi Full-HD sesuai panel LCD yang dibawanya. Lewat pengujian benchmark yang pemmzchannel lakukan, performa i7 6700HQ plus DDR4 2133MHz meningkat sangat drastis hingga 30% jika dibandingkan kombinasi i7 4700MQ dan Geforce GTX770M pada Gigabyte P25W. Tapi dibanding generasi yang sedikit lebih baru, misalkan core i7 4720HQ vs Geforce GTX965M pada MSI GE72-2QE Apache, skor benchmark sintesis nyaris sama persis. Performa GPU Geforce GTX965M dalam test game sendiri cukup mengagumkan karena berhasil mengalahkan geforce GTX960 versi desktop.

8. Cooling System

Asus Auto dust Removal fitur

Asus ROG G752VL membawa sebuah inovasi baru yang memungkinkan baling-balik kipas berputar terbalik. Hal ini secara logika cukup efektif guna merontokan debu-debu yang melekat pada baling-baling kipas. Namun memang belum bisa direview hasilnya jika belum melihat langsung selang beberapa bulan pemakaian. Terlepas dari itu, kemampuan cooling system Asus ROG G752VL meneruskan kualitas seri-seri sebelumnya. Performa maksimal, dengan noise yang paling minimal jika diadu produk sejenis.

9. Conclusion

Perubahan desain pada unit Review Asus ROG G752VL ini mungkin spekulasi Asus paling besar. Pemmzchannel secara subjektif menilai, desainnya jauh lebih bagus. Walau warna yang dipakai bukan warna yang umum di pakai sebuah laptop gaming. Sama halnya dengan yang di berikan new Xenom S series, performa Skylake tak berarti banyak selain di sisi efisiensi daya. Fitur auto dust removal jadi satu fitur modern baru yang unik dan menjadikan aktifitas maintenence semakin mudah. Kecuali sisi GPU, Unit Review Asus ROG G752VL masih sangat membuka peluang untuk dimaksimalkan. Khususnya bagi anda yang ingin memiliki laptop gaming Asus 17-inch dengan budget “ngepres”.

Pros :
 Great Design
 Dust Removal
 Easy Maintenece Access
 G-Sync Ready

Cons :

 Avarage Sound System Quality
 Tak ada peningkatan performa CPU dibanding versi Haswel
 Slot M.2 hanya mendukung SSD jenis PCIe

Fair :
 Midrange GPU

Produk Sejenis :

7 COMMENTS

Leave a Reply