Jika Anda mencari sebuah game kompetitif yang jauh lebih taktis dibandingkan Counter Strike: Global Offensive maka Rainbow Six: Siege merupakan game yang tepat buat Anda. Game buatan Ubisoft ini patut diacungi jempol karena berhasil membawa revolusi terhadap game FPS taktikal.

1Gameplay

Jika Anda hobi bermain game FPS terlebih yang kompetitif Anda harus mencoba Rainbow Six Siege. Karena game ini menawarkan banyak mode dan menurut kami mempunyai elemen yang cukup lengkap untuk sebuah game FPS. Kekurangannya hanyalah pada elemen cerita karena game ini tidak dilengkapi dengan Story Mode seperti pada umumnya game FPS lainnya. Namun Anda bisa dihibur dengan banyaknya pilihan karakter pada game ini. Saat ini ada sekitar dua puluh karakter yang bisa Anda pilih dengan terlebih dahulu membelinya. Anda harus mengumpulkan poin untuk dapat membeli karakter, modifikasi senjata, dan skin.

Setiap karakter mempunyai kelebihan dan kekurangan seperti contoh karakter Tatcher dari SAS yang mempunyai kelebihan mampu melemparkan EMP granade untuk mematikan peralatan elektronik musuh, namun kekurangan karakter ini mempunyai speed yang lebih kecil dibandingkan karakter lainnya.

Rainbow Six Siege
Pilihan senjata terbatas setiap karakternya

Pada Rainbow Six Siege, karakter Anda dibatasi dalam penggunaan senjata hal ini juga yang membuat gamelebih logis. Sifat dari map pada Rainbow Six Siege sangat dinamis, Anda bisa menghancurkan hampir semua tembok dengan memukulnya, hal ini sekaligus dapat dijadikan keuntungan untuk mengintip atau melakukan breach. Untuk memperkuat tembok ini setiap pemain diberikan dua buah reinforcement wall.

2Mode Game

Contoh pilihan mode game

Rainbow Six Siege mempunyai lima buah mode Game yaitu Bomb Mission, Secure Area, Hostage, Terrorist Hunt, dan Situation. Mode multiplayer terdiri dari Bomb Mission, Secure Area, dan Hostage. Mode yang paling difavoritkan dalam game ini adalah Bomb Mission, mungkin para pemain sudah merasa familiar dengan peraturan dari mode ini. Nyatanya mode Bomb Mission di Rainbow Six Siege agak berbeda dari game lainnya, karena di sini Bomb sudah terpasang dan para teroris (dalam hal ini defender) lah yang bertugas mencegah counter terorist (attacker) untuk men-defuse bomb tersebut.

Sebagai attacker sebelum game dimulai Anda akan mampu memonitoring musuh menggunakan drone, tugas utama drone adalah mencari letak bomb dan memonitoring markas musuh. Sebaliknya pihak defender bisa memperkuat markas mereka dengan memasang reinforcement pada tembok-tembok dan memburu drone.

Rainbow Six SiegeRainbow Six Siege saat ini mempunyai lime jenis kesatuan dari lima negara seperti SWAT dari Amerika Serikat, GiGN dari Perancis, SAS dari Inggris, Spetnaz dari Rusia, dan GSG9 dari Jerman.
kekurangan game ini adalah game ini tidak mempunyai sistem shortcut untuk radio sehingga Anda harus benar-benar mengandalkan microphone dan headset Anda untuk berinteraksi dengan karakter lainnya.

3Grafis

Karena gameplay dan mode game yang disajikan game ini sangat realistis, sudah seharusnya hal tersebut juga bisa dilihat dari kualitas grafisnya. Efek-efek dalam game ini sangat realistis hal tersebut bisa kita lihat dari ledakan dan animasi karakter yang sangat natural.

Jika pada game lainnya sebuah karakter yang sudah mati akan menghilang dari map, tidak dengan Rainbow Six Siege yang akan tetap meletakkan karakter tersebut di map. Hal ini bisa mengecoh pemain yang tidak teliti melakukan back-stabbing. Dengan kualitas grafis yang ditawarkan, game ini tidak termasuk kedalam kategori yang yang sangat berat karena dengan spesifikasi hardware middle-end Anda sudah bisa lancar memainkan game ini.

4Conclusion

Menurut kami seharusnya banyak game FPS yang bisa belajar dari Rainbow Six Siege dalam segala aspek mulai dari Gameplay hingga mode game yang ditawarkan karena game ini sangat menyenangkan. Namun sayang support Ubisoft dalam matchmaking dan server masih harus diperbaiki lagi karena kami masih sering mengalami lamanya matchmaking dan disconneted saat bermain.

Leave a Reply