HBM2

Samsung mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi 4GB DRAM yang berbasis interface HBM2. Samsung juga mengklaim bahwa DRAM ini lebih cepat 7 kali lipat daripada DRAM yang ada saat ini, hal ini berarti komputasi yang lebih cepat, lebih responsiv dan kemampuan render yang lebih baik.

DRAM baru ini mendukung transfer bandwidth 256GBps atau dua kali lipat dari versi HBM pertama yang digunakan pada AMD Fury. Jika dibandingkan dengan bandwidth pada GDDR5 maka bandwidth pada DRAM baru ini tujuh kali lebih cepat dan mempunyai efisiensi daya dua kali lipat.

Pihak Samsung juga berencana memproduksi DRAM 8GB pada tahun 2016 ini yang menawarkan desain jauh lebih efisien terhadap ruang hingga 95% dibandingkan GDDR5. Hal ini tentu saja membuka peluang untuk desain kartu grafis yang jauh lebih kecil dibandingkan kartu grafis saat ini namun dengan performa yang jauh lebih tinggi.

Pabrikan Kartu grafis ternama, Nvidia juga dikabarkan akan menggunakan modul HBM yang diproduksi oleh Samsung, jadi sepertinya tidak akan lama lagi kita akan mendengar kabar Pascal dan penerus Fury beredar di dunia maya.

Sumber

Leave a Reply