Review Asus A456UF kali ini sama sekali tak masuk prediksi. Karena sebelumnya kami berharap, notebook flagship Asus yang sudah dipersenjatai Intel 6th Gen Skylake akan mendarat terlebih dahulu. Karena seri-seri A dari Asus pasti banyak yang menunggu versi terbarunya, pemmzchannel duluin deh review Asus A456UF ini. Dan ternyata, ada beberapa hal mengejutkan yang kami temui selama review Asus A456UF kali ini. Penasaran?


Unboxing Hands-On Review Asus A456UF


Sebagai informasi, seri sebelumnya yakni Asus A455LF yang menggunakan Broadwell, laris manis bak kacang goreng dipasaran. Dan mungkin dikarenakan chip Skylake sudah mendarat di pabrik Asus, jalur produksi Broadwell langsung di refresh. Hingga Asus A455LF di buat discontinue dan digantikan oleh Asus A456UF.

1Spesifikasi dan Harga Asus A456UF

Intel Core i5 6200U
Dengan arsitektur 14nm, skylake mungkin lebih hemat daya di banding skylake yang masih menggunakan arsitektur 22nm. Tapi keputusan Intel menggunakan base clock yang lebih tinggi, tentu berefek pada konsumsi daya secara general. CPU ini memiliki base clock speed 2.3GHz dan turbo boost up to 2.8GHz. Ini membuatnya lebih unggul dalam beberapa skenario single core dibanding haswell.

Nvidia Geforce GT930M 2GB GDDR3
Sudah menggunakan arsitektur Maxwell 2.0, sayangnya karena masuk kategori low, bandwith memory GPU GT930M ini hanya 64-bit. Untuk aplikasi yang tidak menggunakan detail gambar dan resolusi tinggi, performa Geforce GT930M ini bisa disetarakan dengan Geforce GT745M yang bandwith memory GPU-nya 2x lebih besar (128-bit). Tapi saat masuk skenario gaming, gap mulai menjauh, bahkan mencapai %lebih rendah. Tapi untuk ukuran GPU low-end, Geforce GT930M ini memiliki performa yang sama bahkan lebih baik dari generasi GPU nvidia GTX560M 5 tahun yang lalu.

2Port dan Connectivity

Salah satu hal yang mengejutkan dari Asus A456UF ada pada sisi port I/O. Notebook ini sudah menawarkan pada pengguna konektifitas USB 3.1 type C terbaru. Sekali lagi, saat ini mungkin teknologi ini masih sebatas investasi. Tapi yang patut diacungi jempol adalah, Asus selalu memberikan dengan maksimal apa yang menjadi fitur bawaan chipset.
Selebihnya, Asus A456UF menghadirkan konektifitas standar notebook multimedia. Untuk display out, terdapat D-Sub dan HDMI 1.4a tanpa display port. SD Card Reader dan Combo audio jack melengkapi 2 buah port USB 3.0 dan sebuah port USB 3.1.

3Display Panel

Kali ini Asus mempercayakan display panel buatan Chinmei untuk A456UF, tepatnya seri CMN N140BGE-E43. Biasanya untuk seri A dan X 14-inch, Asus menggunakan LG-Philips. Untuk kualitasnya sendiri sudah sangat baik, terutama contrast. Saat bermain game, warna-warna dark grey masih terlihat jelas saat bertemu warna hitam. Penyebaran led backlit juga merata diseluruh area panel. Nvidia memang mengsegmentasikan Geforce GT930M untuk notebook 12 hingga 14-inch dengan resolusi 1366 x 768 (HD).

4Design

Adalah benar jika unit yang laris manis dipasaran, dan diprediksi masih akan laris manis, tidak akan mendapat banyak retouch pada bagian design. Begitupun pada Asus A456UF yang akan tersedia dalam beberapa pilihan warna Dark Brown (WX015D), Dark Blue (WX016D ), Gold (WX036D), Red (WX053D) dan Putih (WX054D). Selain port USB 3.1 yang menggusur salah satu port USB 3.0, keseluruhan barebone sama persis dengan ASUS A455LF versi broadwell.

Pada bagian bottom case, Asus memberikan sebuah maintenence door kecil yang hanya diperuntukan mengkases slot RAM. Untuk lubang masuk udara segar, terdapat mesh hole yang menurut kita minimalis sekali. Sumbangsih mesh hole ini bisa anda lihat pada tabel benchmark khususnya bagian temperature.

5Upgrade Option

Maintenence door pada Asus A456UF

A series sudah menjadi produk yang didesain compact untuk pemakaian tanpa asupan daya yang lebih lama. Untuk itu, upgrade option yang disediakan guna meningkatkan performanya juga terbilang minim. CPU, GPU dan LCD sudah pasti non-upgradeable. Sedangkan RAM masih bisa dimaksimalkan hingga kapasitas 12GB dengan menambah 1 keping DDR3L 8GB di slot dimm yang tersedia. Sedangkan storage, anda harus menyingkirkan HDD untuk bisa menggunakan SSD. Sebab seri ini masih menggunakan ODD, HDD yang ada masih bisa anda gunakan untuk storage data dengan tambahan HDD Caddy.

6Performace

Kombinasi Intel core i5 6200U dan Nvidia Geforce GT930M bisa disejajarkan dengan performa notebook gaming ber-GPU 128-bit yang rilis 5 tahun lalu seperti Sager NP8150 yang menggunakan Geforce GTX560M dan CPU versi non-ULV. Luar biasa untuk ukuran notebook 7-jutaan dan barebone yang jauh lebih tipis ini. Bermain game triple A seperti Batlefield 4 masih bisa dilakukan pada notebook ini pada seting medium dengan hasil rata-rata 35fps.

7Cooling System

Asus A456UF Cooling System

Selama test game, suhu CPU intel core i5 6200U pada notebook ini berkisar antara 72°celcius hingga 75°celcius . Angka yang sama dengan yang ditunjukan Asus A451LN versi Haswell. Sedangkan suhu Geforce GT930M-nya ada diangka 68°celcius, lebih dingin sekitar 10.5% dibanding Geforce GT840M yang berbasis Kepler. Wajar saja GT840M lebih panas sebab GPU clock dan Vram clock yang “sedikit” lebih tinggi. Hal ini yang membuat Pemmzchannel yakin, desain dan kualitas bahan pada cooling system Asus A456UF serupa dengan seri-seri terdahulu, terutama Asus A451LN.

8Power Management

Test Battery Asus A456UF

Skylake juga diklaim memiliki manajemen daya yang lebih baik sebab arsitektur nya yang lebih mini. Dan hal ini cukup membantu battery 2 cell berkapasitas 4400mAh bertahan lebih lama dalam test battery yang pemmzchannel lakukan. Tercatat, Asus A456UF mampu bertahan hidup 94 menit pada test BatteryEatPro 2.7 mode classic. Ini lebih lama sekitar 10% di banding A451LN (86 menit) yang menggunakan CPU berbasis Haswell dan GPU GT840M berbasis Kepler.

9Conclusion

Kehadiran Asus A456UF yang tergolong sangat cepat dan mengejutkan, secara teori akan berdampak pada penyerapan seri A445LF yang mungkin saja masih ada di pasaran. Tapi karena performa keduanya tak jauh berbeda, A455LF masih punya peluang berpindah ketangan pengguna. Apalagi jika ditambah dengan sedikit menurunkan harga, bisa saja permintaan akan Asus A455LF malah naik disaat produknya harus “tutup buku”.

113 COMMENTS

      • eitss tunggu dulu dual core intel beda…intel core i itu udah ada fitur hyperthreading jadi dual core intel core i rasa quad core 2x kekuatan core biasa..bahkan dual core intel bisa mengalahkan quad core AMD kok

      • Seperti-nya masih bisa main GTA 5, tapi sebelumnya tambah RAM 8 GB untuk menghindari Lag saat main GTA 5

    • liat youtube, setting high semua bisa dapat sekitar 24fps. setting low bisa sampe 45fps.
      menurut saya laptop ini ga jelek2 amat. alias lumayan bisa jalanin game game terbaru.
      jangan terlalu banyak baca teori. langsung praktek aja bro..

  1. Untuk Asus A456UF ini area palm rest nya terbuat dari metal atau plastik?
    Trus untuk penggunaan office, baterai kira kira tahan berapa lama?

  2. Mas rifan tadikan penjelasan mengenai ram di atas bisa di up lagi sampai 12 gb jadi di tambah 8 gb, tapk emangnya gk ada efeknya kalo ramnya beda kapasitas bukanya malah jadi kurang maksimal

    • Kurang maksimal karena, dual channel hanya berjalan mengikuti keping terendah. Kalau 4+8, dia akan berjalan di level 4GB

  3. menurut mas bro, seri yg cocok utk di pakai seperti editing video mending asus a455lf ata a456uf?? atau ada recommended lain utk laptop kisaran 6 sampai >7jtaan?? mohon penjelasannya ya mas bro rifan

    • Secara performa, 6th gen gak ada beda sama 5th gen. Tapi untuk kelangsungan updte yang lebih panjang, better A456UF

  4. Kalo upgrade ram ke 8gb kurang maksimal, jadi lebih baik upgrade atau tidak?
    Saya pengen upgrade, tp klo pengaruh nya kurang memuaskan, jd ragu..

  5. gan emang bener apa ini laptop ada 2 port usb 3.0 & 1 port usb 3.1?? setau saya 2 port usb 2.0 & 1 port usb 3.1 ?

  6. Dear pak..
    Laptop saya tipe A456UF.. baru pakai 1 bulan kurang.. tiba2 laptop mati sedang lampu indicator charger hidup.. coba dicharger lampu indicator tidak hidup.. tolong sharenya trrimakasih

  7. bang buat laptop gaming bajet 7,5 bagusnya asus mana ??
    buat maen gta 5 DKK yang spek nya agak setara
    masih bingung nih

  8. Saya sudah beli tapi WIFI nya tidak ada? Drivernya sudah diinstal semua tapi WIFI tidak terditek hanya Enthernet dan Bluetooth saja. Cara munculinnya bagaimana? Dikeybord jg tidak ada gambar WIFI nya…
    Mohon bantuannya, terima kasih.

  9. Saya lihat colokan headset nya cuman 1 bro, headset gaming saya ada dua colokan. Satu untuk speaker satu untuk mic. Gimana dong?

  10. Gan, lebih garang mana performa a456uf sama acer e5-553g yg a12, o iya, clockspeed amd itu setara sama intel gak ya ? Thx atas responsnya…

    • mostly, APU yg baru pada E5 unggul. Clockspeed lebih tinggi AMD, karena processor Intel ini versi ULV.

  11. Mas Rifan…mau tanya Laptop ASUS A456UF ini apa bagus untuk recording atau editing (recording menggunakan Adobe Audition misalnya), atau Mas mungkin bisa merekomendasikan ASUS yg lainnya. Mohon pencerahannya. Thanks.ANTHON.

    • Buat nge-DJ ya?
      SUdah cukup mumpuni kok. Tapi kalau ada sedikit budget lebih, bisa ke K401LB yg GPU nya setingkat lebih tinggi

  12. kenapa note 5 saya tidak bisa connect ke laptop ini yah ? padahal kalo coba ke laptop lain bisa. ada yang tau kenapa ? 🙁

  13. Mas Rifan, jadi lebih baik ram asus A456UF ini diupgrade atau tidak? Katanya tadi kalau diupgrade kurang maksimal?

  14. Mas Rifan mau nanya, jadi lebih baik ram asus A456UF ini diupgrade atau tidak? Tadi katanya kurang maksimal kalau diupgrade?

    • Waduh, ada yang salah persepsi nih. Bagaimanapun, upgrade pasti lebih memaksimalkan performa. Yang tidak maksimal itu hanya fitur dual channelnya saat A456uf ini di tambah sekeping lagi RAM 8GB. Karena teorinya, yang akan aktif dual channel 4GB saja.

  15. Mas, nanya dong saya kan punya laptop ini, nah saya mau tanya ini kalau battery nya sudah full charge lampunya warna putih atau hijau ya? Soalnya saya 2 hari lalu charge dalam keadaan nyala dan battery nya 100% lampunya putih. Tp kemarin saya charge dlm keadaan mati dan sudah putih saya cabut dan bbrp jam kemudian saya nyalain battery nya 94%. Ada solusi ga? Ini laptop baru saya beli 3 hari yg lalu

    • Ada fitur Asus yang membuat battery full charging di 95%. Itu normal.
      Nanti di lihat lagi aja sewaktu charging dalam posisi sedang digunakan. Dia tidak mencapai full 100%. Itu fitur

  16. Bang Rifan itu kalo asus a456uf prosesornya 6200 di banding k401LB , keuntungan dri prosesor a456uf nya apa ya

    • Clock lebih tinggi. Tapi Performance per clock gak beda jauh, dibawah 5%. Artinya, mata telanjang, gak akan kerasa bedanya

  17. Kalau untuk penggunaan standar, seperti browsing dan ngetik, baterai tahan berapa lama ya? Kadang suka main game sih, cuma banyakan office-nya 😀

    • cukup lama kalau untuk office, bisa 6 jam. Untuk game, dengan nvidia battery boost aktif, bisa 2 jam sampe 3 jam

    • Walau di design untuk windows 10, seri ini tetep bisa pakai windows atau OS selain windows. Hanya saja, pengguna yang harus aktif mencari driver serta hal lain yang dibutuhkan si laptop. Karena Asus hanya menyediakan support untuk windows 10

  18. Bro…ane bingung antara mau ambil k401lb atau x550vx gara2 layar full hd dan hd serta dimensi (buat gaming ) tolong masukannya bro

  19. Bro…antara k401lb dan x550vx lebih worth yg mana ya? Bingung di layar nih yg satu full hd dan satunya lebih besar layarnya…buat gaming

  20. Dari komentar2 sebelumnya kayaknya mendingan asus k401lb dibanding a456uf ini, tapi di forum sebelah banyak yg bilang layar asus k401lb banyak blur icon dan teks, scalling nya juga kacau. Pemmzchannel pernah ngereview asus k401lb kan? Bener gak tuh bro? Thanks

    • Bener, kita juga melihat nya seperti itu.
      agaknya memang seperti “terpaksa” menggunakan panel full hd untuk segmentasi produk

  21. Bang, saya bingung nih, mohon sarannya. Mending beli A456UF atau nunggu lini-lini berikutnya aja ya? A455LF udah saya hapus dari opsi. A456UF udah mantep, cuman denger kalo A456UF ini adalah Skylake awal kok saya jadi agak ragu lagi.

      • Wow. Bedanya A456UR sama A457UF apa ya? Graphic Card nya yg 930MX sama type RAM nya ya yg DDR4?

        Oiya nih, satu lagi bang. Saya baru denger dari temen saya A455LB itu body nya dari aluminium, apa bener? Atau ama aja bahannya kayak A456UF & A456UR yang warna silver-hitam? Terus A455LB yg kata temen saya itu udah discontinue atau belum ya bang? Terima kasih

      • bang, minta saran buat ram A456UR bagusnya up 4gb atau 8gb ? sama tipe/merk ramnya sekalian ya bang 😀

        • Kalau ada budget nya, ke 8GB aja langsung. Tapi kalau mau price to performace, 4GB aja cukup, jadi tetep dapet dual channel. Pakai Corsair atau Team yang after sales nya baik di Indo

          • mau coba ambil 4gb sisanya buat ambil cooling pad. cooler master notepal x3 bagus gak bang dipakai buat laptop ini, sama worth it gak beli x3 ? atau ada rekomendasi cooling pad lain dengan harga lebih murah boleh tuh bang ?

          • bisa sekalian pilihkan seri ramnya ga bang ?
            rencana mau beli online karena disini jarang yang jual merk team atau corsair, paling kingston sama vgen

Leave a Reply