Apple iphone 7 dukung Li-Fi, perbedaan dengan Wi fi

Apple dikabarkan rancang iPhone 7 mendukung Li-Fi, teknologi data wireless terbaru yang memanfaatkan sistem komunikasi cahaya. Kabar terbaru untuk iPhone 7 yang akan hadir tahun ini awalnya disampaikan oleh sebuah Twitter dari Chase Fromm yang menyatakan iOS 9.1 akan kompatibel dengan teknologi Li-Fi. Berita ini juga dikonfirmasi oleh forum AppleInsider.

Perbedaan Li-Fi dengan Wi-Fi diklaim sangat jauh, dimana teknologi Li-Fi menawarkan kecepatan data 1GBps, 100 kali lipat lebih cepat dari Wi-Fi. Singkatan dari Light Fidelity ini ditemukan oleh Professor Harald Haas dari University of Edinburgh.  Teknologi Li-Fi memanfaatkan semacam LED yang mengirimkan informasi binary dengan cepat, lebih cepat dari kemampuan mata manusia.

Saat ini teknologi Li-Fi masih dalam tahap awal pengembangan. Coding yang dilakukan Apple pad iOS 9.1 bisa jadi adalah eksperimen sederhana yang dilakukan, terlepas apakah Li-Fi benar-benar akan meluncur pertama di iPhone 7. Menurut Techradar, terdapat juga kemungkinan bahwa Apple akan mengembangkan “lampu pintar” Li-Fi sendiri yang untuk produk andalannya di masa depan.

Leave a Reply