Banyak yang menafsirkan sebuah laptop dengan GPU Nvidia atau Radeon dengan kisaran harga lima jutaan sebagai laptop gaming murah. Golongan laptop ini mendapat predikat laptop gaming murah karena memang masih bisa diajak bermain game-game tertentu. Secara teori, memang benar. Tapi ketika pengguna harus terus mengalah dengan kualitas gambar hanya agar game bisa tetap dimainkan, sepertinya perlu direvisi predikat laptop gaming untuk kisaran harga tersebut.

Laptop Gaming Murah Alternatif

Setelah kita lihat kemampuan laptop gaming murah 5-jutaan saat menjalankan game-game triple A yang umum dimainkan di tabel atas. Terlihat GPU-GPU berinterface 64-bit yang hadir pada laptop gaming 5 sampai 7 jutaan tidak bisa memberikan fps yang “playable” dalam kulitas grafis yang baik pada game-game triple A. Jika dipaksakan, pengguna harus benar-benar mengorbankan kualitas gambar dalam game.

Compal NL8

Merk Compal mungkin kurang familiar di Indonesia. Apalagi di kalangan pecinta produk produk komputer desktop. Compal serupa dengan Clevo, produsen barebone OEM yang tak memiliki distribusi penjualan sendiri. Di luar negeri sendiri, merk ini masih kalah populer oleh Clevo, padahal kualitas produknya bisa dibilang setara.

Compal NL8 adalah salah satu produk mereka dengan spesifikasi Haswell dan Geforce 800 series. Barebone NL8 sendiri banyak yang mengakui berkiblat pada produk Alienware dan beberapa line up produk Asus ROG. Begitu kuat aura gaming-nya  hingga barebone ini masih digunakan hingga seri Skylake.

Spesifikasi Compal NL8

Display : 15.6″ LED Full HD IPS (1920×1080 )
Processor : 4th Gen Core i7-4710HQ 2.5GHz (Upto 3.5GHz) 4C/8T 6MB Cache
Graphics : Nvidia GTX860M with 4GB VRAM
Memory : 2 x 4GB DDR3 1600 (up to 16GB on two SODIMM Slots)
Hard Drive : 500GB / 7200rpm 2.5″ SATA (7mm)
SSD Support : Support MSATA SSD up to 512GB (optional)
Operating System : DOS
Networking : LAN : Realtek Gigabit, Wireless LAN : Realtek RTL8723BE 802.11n PCI-E NIC
Audio : Intel HD
Camera :   HD Camera
Bluetooth : Yes
Intel Smart Response Technology : Yes
Intel Rapid Start Technology : Yes
Battery Cells : 6 Cell 52Wh
Slots/Interface :
3 x USB 3.0
1 x USB 2.0
1 x VGA Port
1 x LAN
1 x HDMI
1 x Combo Audio/Mic
1 x 4 in 1 Card Reader
Speakers : Two Speakers and one Subwoofer
Keyboard : Backlit US KB with 4 Programable Macro Keys
Bonus : Backpack + Mouse
Warranty : 1 Year Distributor

Design – Aura US dengan Komposisi Taiwan

Barebone Compal NL8 menggunakan bahan plastik ABS yang masuk kategori tebal dengan finishing luar yang memadukan permukaan dove pada LCD cover dan permukaan silky pada workstation. Bahan logam hanya ditemukan pada cover speaker dibagian depan yang menurut kami akan lebih garang jika diberi warna terang seperti merah.

Hampir semua garis desain membentuk alur tebal tipis yang memadukan area lancip dan membulat. Dua jempol untuk desainernya yang membuat hasil akhir barebone Compal NL8 ini begitu maskulin. Bagian cover LCD tidak rata seperti desain laptop gaming umumnya. Namun membentuk tonjolan persis di bawah hiasan lightning.

Area workstation menggunakan konsep dual tone hitam dan silver, dimana area silver didesain menyerupai warna logam yang benar-benar real. Disini terlihat finishing produk Compal ini sangat baik dan tak terkesan asal-asalan. Terdapat 4 buat tombol macro key yang bisa kita custom via aplikasi bawaan-nya.

Fitur

    • Audio

Dengan menggunakan konfigurasi speaker 2.1, tata suara Compal NL8 bisa disejajarkan dengan MSI GT Series ataupun Xenom Hercules yang sama-sama menawarkan Subwoofer. Anda tinggal menambahkan audio enhancer pilihan anda, dan audio system notebook ini dipastikan lebih maksimal.

    • Full Speed

Jika anda pengguna Xenom, ada satu fitur pada Compal NL8 yang cara mengaktifkannya mirip dengan notebook-notebook Xenom. Fitur yang memungkinkan fan pada cooling system bekerja pada rpm tertingginya selama yang kita inginkan. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi anda yang ingin menggunakan notebook ini dalam jangka waktu yang lama.

Performa

Seyogyanya, GPU Nvidia Geforce GTX860M dengan VRAM 4GB pada Compal NL8, mampu memberikan performa lebih baik dibanding beberapa produk dari merk lain yang hanya mengaplikasikan GTX860M versi VRAM 2GB. Saat dibandingkan dengan Asus ROG G550JK yang level harganya saat itu jauh lebih tinggi, performa di pengujian sintetis Compal NL8 ini jauh lebih baik. Bahkan ketika dibandingkan dengan geforce GTX950M 4GB yang diatas kertas memiliki performa yang mirip dengan GTX860M seperti yang ada pada Asus ROG G550JX, semua poin pengujian masih bisa dimenangkan oleh Complal NL8. Walau bisa saja, penggunaan versi aplikasi dan driver yang berbeda sedikit banyak mempengaruhi nilai akhir. Tapi yang pasti, Compal berhasil memaksimalkan performa kedua komponen utama dalam NL8 ke titik terbaiknya.

Conclusion

Secara hardware, apa yang ditawarkan Compal NL8 mungkin terkesan lawas. Saat Skylake sudah memenuhi pasar, NL8 masih menawarkan Haswell. Tapi anda bisa lihat pada poin performa. Keberhasilan compal memaksimalkan hardware versi tahun lalu patut jadi salah satu pertimbangan utama. Dan desainnya yang gamers bingitz, tak akan anda temukan di level harga 12 juta-an seperti yang Compal NL8. Tertarik? . . Samaaa… 🙂

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

12 COMMENTS

  1. Min ane mau beli laptop gaming dengan performance wah tp budget saya paling mahal itu 10jt kira2 apa yah yg benar2 OK???

Leave a Reply